Wartawan RMOL Jawa Tengah Juara Gojek KPAB Features Contest 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Wartawan RMOL Jawa Tengah Juara Gojek KPAB Features Contest 2022

Gojek, penyedia platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan pemenang Kompetisi Film Panjang dan Foto Jurnalistik Karya Anak Bangsa (KPAB) 2022.

Dalam KPAB 2022, panitia menerima 388 makalah yang terdiri dari 188 artikel feature dan 200 foto yang dikirimkan mulai 4 Agustus hingga 31 Oktober 2022. KPAB tahun 2022 merupakan ajang yang ketiga kalinya, dan untuk pertama kalinya Gojek menambah kategori lomba fotografi jurnalistik bekerja sama dengan Jurnalis Foto Indonesia (PFI).

Pemilihan pemenang kompetisi didasarkan pada kualitas tulisan, kedalaman tulisan, orisinalitas ide dan keragaman platform penerbitan.

Dari karya-karya yang masuk, sebagian besar teks dan jurnalis foto memilih ciri-ciri stilistika human interest yang menyentuh emosi pembaca dan menggugah jiwa bisnis, serta karya-karya dengan gaya biografi atau profil, baik dari sisi pengemudi maupun mitra komersial, sebagai serta gaya fitur sidebar dan historis yang menggunakan tema terkini dan historis.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, juri kategori Feature yang terdiri dari Pemimpin Redaksi Forum (Forum Pemred) Arifin Asydhad, novelis dan penulis buku independen Fira Basuki, serta perwakilan Gojek Audrey P. Petriny, memilih tiga pemenang hadiah utama dan lima pemenang utama. Dewan Juri dari lima kategori regional (Nasional-Jabodetabek, Region Sumatera, Region Jawa Barat, Region Jawa Tengah, DIY, Region Jawa Timur Bali dan Region Indonesia Timur).

Sedangkan untuk lomba foto jurnalistik terpilih tiga pemenang utama, lima favorit juri dan lima nominasi terbaik dari jurnalis foto. Penjurian dipercayakan kepada perwakilan Gojek Audrey P. Petriny dan tim jurnalis foto berpengalaman dari PFI, yakni Hermanus Prihatna dan Hendra Suhara. Keduanya pemegang sertifikasi Dewan Pers.

Vice President Corporate Affairs Gojek sekaligus Ketua KPAB 2022 Audrey P. Petriny menyampaikan apresiasinya atas seluruh hasil karya para peserta, baik fitur maupun foto, memberikan informasi dan cerita inspiratif tentang kontribusi ekosistem digital, khususnya Gojek. mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Karya yang dikirimkan memiliki kualitas yang luar biasa, orisinalitas ide dan kedalaman penulisan. Itu melebihi harapan kami sebagai penyelenggara. Pesan yang disampaikan dalam fitur tersebut sangat menarik dan dapat membangkitkan ekspektasi. Cerita yang disajikan dalam fotografi jurnalistik visual juga sangat bagus,” kata Audrey dalam siaran persnya, Kamis (12/8/2022).

Menurut Audrey, KPAB digelar sebagai bentuk pengakuan terhadap jurnalis Indonesia yang telah menghasilkan produk jurnalistik berkualitas.

Audrey mengatakan kontribusi jurnalis dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat sangat besar. Berkat dukungan para jurnalis, berbagai program Gojek untuk mendukung masyarakat di tengah pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan dengan maksimal dan dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pihak di ekosistem Gojek.

“Gojek berterima kasih kepada seluruh insan pers yang telah mendukung ekosistem digital dan membangun optimisme di tengah pandemi,” ujar Audrey.

Tahun ini, KPAB mengangkat tema utama kompetisi yaitu “Kontribusi Gojek dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi”, dengan lima subtema yaitu Kontribusi Gojek kepada Konsumen, Driver, Dealer, Sustainability dan SDM.

Kualitas produk jurnalistik yang diajukan juga diterima dengan baik oleh dewan juri. “Karya-karya yang dikirimkan sangat bagus, sebagian besar human interest, sangat menginspirasi, namun ada juga yang justru mampu mendalami mata pelajaran lain dengan teknik penulisan, sudut pandang yang sangat baik dan perspektif yang baru,” kata Arifin Asydhad.

Sementara itu, Fira Basuki mengatakan: “Bagus sekali ya. Ada banyak fitur menarik dari para kontestan dan itu cukup sulit bagi kami para juri untuk memilih. Secara teknis, kemampuan menulis seorang jurnalis sangat bagus, mengharukan dan mampu membangkitkan harapan. Kami berharap akan ada banyak karya positif seperti ini di masa depan.”

Hermanus Prihatna dan Hendra Suhara dari PFI berharap implementasi KPAB di tahun-tahun mendatang dapat lebih dielaborasi potensi kontribusi Gojek khususnya di luar kota besar Indonesia dan penambahan kategori baru.

“Dari 200 foto yang terpilih, dapat dikatakan sebagian besar karya kontestan sesuai topik, ada juga yang mengambil foto kreatif dengan memadukan teknik dan komposisi fotografi yang menarik, serta memilih foto objek yang tidak mainstream. Menariknya, kali ini tiga besar pemenang lomba foto berasal dari luar ibu kota,” kata Hermanus.

“Kompetisi ini adalah cara yang sangat baik untuk mengenali jurnalis foto. Mudah-mudahan ke depannya lebih aktif lagi dan bisa berkembang nantinya, misalnya dengan membuka citizen journalism atau citizen photo,” tambah Hendra.

reporter RMOL Jawa Tengah (rmoljawatengah.id) Stefy Thenu meraih juara 2 untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY pada ajang ini.

Artikelnya berjudul “Asa Mitra Lewati Badai Pandemi, Menjemput Rezeki Bersama Gojek” terbit pada 29 Oktober 2022 dan menceritakan tentang suka duka mitra Gojek, termasuk mitra disabilitas, dalam mencari nafkah di masa pandemi. .

Berikut daftar pemenang KPAB 2022

Nasional/Jabodetabek

Guru nomor 1

Dommara Hadi Saputra (Tek.id)

Taliwang Beracan: Bagaimana GoFood mengubah wajah warung masak kecil

pemenang kedua

Nabila Ulfa Jayanti (kumparan.com)

Gojek bertemu dengan talenta terbaik bangsa dan memilih kandidat dengan mindset berkembang

tempat ke-3

Nursita Sari (kompas.com)

Kisah dapur kecil berdaya, selamatkan keluarga Djumini di masa pandemi

Sumatra

Guru nomor 1

Ayu Prasandi (Medan.Tribunnews.com)

Kisah Lindo Pandindiangan, seorang penyandang disabilitas yang menopang ekonomi keluarga sebagai driver gojek

pemenang kedua

Doni Hermawan (Sumut.idntimes.com)

Perdagangan bukan hanya tentang uang, ini tentang memanusiakan pelanggan

tempat ke-3

Rendi Fadillah (Sumatra Express)

Memanfaatkan platform digital, mendorong UMKM untuk melakukan upgrade, meningkatkan penjualan, mendukung BIP Rp 249 T

Jawa Barat Jawa Tengah DIY

Guru nomor 1

Arif Budianto (Jabar.inews.id)

UMKM Bandung 5 tahun bersama membangun bisnis bintang lima

pemenang kedua

Stefy Thenu (Rmoljawatengah.id)

Asa dari mitra Lewati badai pandemi, meraup rejeki bersama Gojek

tempat ke-3

Sudirman Wamad (Detik.com)

Revolusi Pasar Cihapit, dari rutan Jepang menjadi pasar digital

Jawa Timur-Bali

Guru nomor 1

I’ied Rahmat Rifadin (Jawapos.com)

Ibu-anak menjadi mitra Gojek untuk menopang perekonomian keluarga

pemenang kedua

Diah Dewi Juniarti Mendala (Balipost.com)

Mitra Gojek diberkati di acara G20 dan dilatih bahasa Inggris tentang Service Excellence

tempat ke-3

Harian Noris Saputra (bali.bisnis.com)

UMKM Bali meningkat karena digitalisasi

Indonesia Timur

Guru nomor 1

Nugroho Pandu Cahyo (kaltimpost.jawapos.com)

Ibuku pahlawanku

pemenang kedua

Imam Dzulkifli (Matamaros.com)

Gojek, ruang berbagi kebaikan

tempat ke-3

Muhammad Takdir (harian.fajar.co.id)

Penolong di saat genting, Gojek hadir sebagai penghibur

Fotografi Jurnalistik

pemenang 1

Dedi Rizky Ginting

Tantang kematian untuk perintah ke target mereka

kompas TV

pemenang 2

Bisakah Junisa Munthe

Gojek sebagai mitra penggerak dalam percepatan aktivitas

Tentang berita

pemenang 3

Peri Iran

Ojek Online Keluarga kecil

Pos Batam.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button