Festival Prawirotaman 2022 siap digelar karena Yogya meningkatkan lebih banyak kunjungan ke desa-desa wisata asing - WisataHits
Jawa Tengah

Festival Prawirotaman 2022 siap digelar karena Yogya meningkatkan lebih banyak kunjungan ke desa-desa wisata asing

TEMPO.CO, Yogyakarta – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta sedang bersiap melaksanakan Festival Prawirotaman 2022 di Desa Prawirotaman, Sabtu 27 Agustus 2022. Prawirotaman bukan sembarang desa bagi kota Yogyakarta. Karena di desa ini selama ini menjadi pusat kegiatan utama para turis asing. Kecuali tentunya desa-desa yang tersebar di sepanjang Jalan Malioboro, seperti Sosrowijayan, yang memiliki banyak kafe dan hotel.

“Festival Prawirotaman kami adakan pada akhir Agustus karena bulan ini biasanya puncak kunjungan wisatawan mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, Rabu, 24 Agustus 2022.

Wahyu mengatakan sesuai jadwal kunjungan wisman ke Yogya, biasanya mereka datang secara intensif sejak Juli, Agustus dan mulai berkurang pada September. Hingga saat ini, Prawirotaman telah dikenal sebagai desa wisata sejak lama. Ia berharap festival tahun ini bisa lebih semarak dan meningkatkan popularitas Prawirotaman, yang berujung pada peningkatan kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta.

Kali ini, festival akan digelar mulai pukul 14:00 hingga 21:45 WIB dan tersebar di Jalan Prawirotaman I dan Jalan Prawirotaman II yang bertajuk Manunggal Mendunia, pembukaan festival akan digelar di Cafe Just Playon, dilanjutkan dengan acara budaya. karnaval dan berbagai pertunjukan di sepanjang jalan.

Puluhan kelompok kesenian tradisional akan memeriahkan karnaval budaya tersebut. Mulai dari Pasukan Berkuda, Tari Gila, Bregodo Wirotomo, Gedrug, Andong, Kapi Terwelu, Wanita Berkebaya hingga pentas seni mahasiswa dari asrama-asrama di Kalimantan Timur dan Sumatera Barat. Berbagai jenis pertunjukan akan ditampilkan di festival tahun ini.

Tak ketinggalan juga penampilan musik dari grup musik Orkes Singgih Sanjaya, Hellena, Margasatwa dan Jasmine. Malam hari semakin semarak dengan Fashion Show On The Street bersama desainer tie-dye ternama Lia Mustafa dan diiringi Sintren Dance Event. “Kami juga mengadakan bazar UMKM di sepanjang jalan desa,” kata Wahyu.

Wahyu mengatakan secara umum Festival Prawirotaman dikemas dalam bentuk konsep pertunjukan yang artistik, namun dengan cita rasa internasional. Dua panggung sedang dipersiapkan, yakni Panggung Nyawiji dan Panggung Kaloka.

Panggung Nyawiji mengusung konsep panggung dengan dekorasi unik dan fitur artistik untuk mempertunjukkan seni kolaborasi. Kaloka Stage adalah panggung latar LED untuk menampilkan musik. Wahyu mengatakan festival ini bertujuan untuk menjadi pengungkit lagi, mengingat tren pariwisata Yogya terus membaik pasca libur Lebaran 2022.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat data pada Juli 2022, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara sebanyak 3.898.951 orang, dengan masa tinggal 1.831 hari. Rata-rata pembelanjaan saat berkunjung ke kota Yogyakarta adalah Rp 1.978.795 per traveler.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Cita Rasa Eropa di Kampung Prawirotaman Yogyakarta

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button