Walikota Sutiaji Tetapkan Rakerna APEKSI XV Sebagai Promosi Kota Malang - PETISI.CO - WisataHits
Jawa Timur

Walikota Sutiaji Tetapkan Rakerna APEKSI XV Sebagai Promosi Kota Malang – PETISI.CO

MALANG, PETISI.CO – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji memberikan penghormatan kepada XV. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (APEKSI) 2022 di Padang, Sumatera Barat.

Menurutnya, APEKSI XV merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan potensi Kota Malang di kancah nasional.

Rakernas APEKSI XV 2022 dengan topik “Kota Kita Bangkit, Maju dalam Sinergi”.

Sebanyak 98 walikota dari seluruh Indonesia hadir dalam acara APEKSI yang berlangsung pada 7-10 Agustus 2022 itu.

Rakernas APEKSI XV diisi dengan 9 acara utama, 5 acara sampingan dan 1 acara khusus.

Seperti penanaman pohon, seminar nasional hingga Parade Budaya Nusantara yang diikuti berbagai kota di Indonesia.

Rakernas APEKSI XV Tahun 2022 dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM, mendapat sambutan positif dari Walikota Malang Drs. H. Sutiaji pada Senin (8/8/2022) di Hotel Truntum, Kota Padang beberapa hari lalu.

Menurut Sutiaji, peristiwa nasional seperti APEKSI memiliki efek domino di berbagai sektor, terutama dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Kegiatan seperti ini seringkali bisa dilakukan untuk memperkuat daerah maupun untuk UMKM. Dampaknya bagi perekonomian, mulai dari hotel, penerbangan, pariwisata hingga UMKM, sangat besar,” kata Walikota Sutiaji.

Dalam rangkaian APEKSI, Walikota Sutiaji didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji meninjau langsung booth Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dan bekerjasama dengan berbagai UMKM di Malang pada Pameran Indonesia City; Pameran mempromosikan kota Indonesia.

“Ini acara strategis, kami mengundang banyak pemangku kepentingan di sini, ini acara promosi. Lebih dari 90 walikota ambil bagian. Tingkat kehadirannya sangat tinggi. Untuk bertukar informasi. Jadi mudah-mudahan banyak yang datang ke Kota Malang,” kata Wali Kota Sutiaji.

Walikota Sutiaji juga berharap setiap acara APEKSI dapat menjadi wadah untuk mempromosikan keunggulan potensi masing-masing daerah.

“Apa yang disampaikan Menteri dan Kabag sebenarnya dilakukan di Kota Malang. Misalnya, digitalisasi perusahaan menengah. Di Kota Malang Anda sudah menggunakan QRIS. Dan jika belum tersiar ke publik secara nasional, kita berharap melalui APEKSI ini kita dapat menyiarkan informasi kepada kita semua. Karena ada daerah yang sudah menerapkannya dan yang lain belum, jadi bisa bersinergi,” imbuhnya.

Saat itu, dalam sambutannya, Menteri Perdagangan Zulkifli mengapresiasi capaian dan sinergi pemerintah daerah yang mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Ekonomi kita tumbuh 5,44%, kita syukuri itu, Alhamdulillah. Sektor perdagangan tumbuh sebesar 4,42%, surplus perdagangan kita tertinggi sepanjang sejarah. Ini juga bisa diapresiasi kepada walikota, tentunya ini peran walikota, bupati dan gubernur, dan tentunya pemerintah daerah,” ujarnya saat membuka APRKSI 2022.

Terakhir, Menteri Perdagangan Zulkifli juga menyebutkan bahwa pemerintah kota dapat berperan dalam meningkatkan kinerja Kementerian Perdagangan dalam membangkitkan perekonomian kota.

Diantaranya, stabilisasi harga sembako, optimalisasi transformasi digital, dan kerja sama pengawasan barang dan jasa dalam rangka perlindungan konsumen.

Mendag saat itu juga mengharapkan sinergi bersama antar pemerintah kota di seluruh Indonesia untuk mendorong ekspor daerah. (klis)

Kunjungi: 61

Source: petisi.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button