Wakil Menteri BUMN tentang pengembangan Candi Mangkunegaran sebagai heritage tour - WisataHits
Jawa Tengah

Wakil Menteri BUMN tentang pengembangan Candi Mangkunegaran sebagai heritage tour

Candi Mangkunegaran sebagai salah satu titik awal bagi kita untuk menghidupkan kembali situs budaya yang telah lama terlupakan.

JAKARTA (ANTARA) – Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengumumkan BUMN sedang mengembangkan potensi Candi Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah sebagai wisata heritage.

“Pura Mangkunegaran merupakan salah satu titik awal bagi kita untuk menghidupkan kembali situs budaya yang telah lama terlupakan,” kata Kartika Wirjoatmodjo, atau Tiko begitu disapa di Pura Mangkunegaran, Senin.

Tiko juga berharap Candi Mangkunegaran bisa beradaptasi dengan modernisasi agar generasi muda Indonesia tidak kehilangan akar budayanya.

“Saya kira ini bukan hanya bangunan, tapi juga pengingat kita akan masa lalu Indonesia, tapi juga menuntun kita ke masa depan,” ujarnya.

Baca Juga: Candi Mangkunegaran Belajar dari Jepang untuk Mengemas Budaya ke Modernitas

Kementerian BUMN melalui BUMN Tourism and Support Holding PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau Injourney melakukan penjajakan kerjasama dengan Pura Mangkunegaran sebagai bagian dari rute di jalan setapak warisan Joglomar.

Candi Mangkunegaran dianggap sebagai salah satu tempat wisata sejarah di Surakarta yang sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Direktur Utama Injourney Dony Oskaria mengatakan, Candi Mangkunegaran merupakan pionir pilot project pemanfaatan ruang berkelanjutan dengan perspektif budaya yang sejalan dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat saat ini.

“Kerjasama dengan Pura Mangkunegaran diharapkan dapat meningkatkan lama tinggal (durasi tinggal) dan pengeluaran pariwisata (pengeluaran), yang pada akhirnya memberikan dampak sosial ekonomi yang positif, antara lain meningkatkan pertumbuhan UMKM di Jawa Tengah,” kata Dony.

Baca Juga: Wakil Menteri BUMN: TMII Siapkan Bus untuk Pengunjung yang Bepergian dengan LRT

Sementara itu, Penggeng Pura KGPAA Mangkunegara X menyambut baik kerjasama Injourney untuk mengembangkan potensi wisata heritage Pura Mangkunegaran.

“Kolaborasi ini dapat memaksimalkan pemanfaatan Candi Mangkunegaran sebagai pusat pengembangan seni, kolaborasi budaya, pemberdayaan UMKM, serta kuliner khas Mangkunegaran,” pungkasnya.

Pura Mangkunegaran resmi didirikan pada tahun 1757 merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran dan tempat tinggal Adipati Mangkunegaran.

Hingga saat ini candi tersebut dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan di Surakarta, seperti Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta, Sanggar Tari Surya Sumirat dan Pasinaon Dalang Mangkunegaran.

Promosi Candi Mangkunegaran sebagai destinasi wisata heritage merupakan salah satu bentuk upaya Injourney untuk menggairahkan sektor pariwisata di kawasan Segitiga Joglosemar, khususnya di Kota Solo.

Reporter: Aji Cakti
Penerbit : Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button