Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang - WisataHits
Jawa Timur

Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang

Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang

nama panggilan’Jantung Jawa’, Malang masih menjadi tujuan wisata yang populer untuk liburan. Kota yang terletak sekitar 95 kilometer arah selatan Kota Surabaya ini memiliki banyak potensi, terutama dalam hal wisata alam yang dimiliki Coban Pandawa.

Air terjun ini terletak di Dusun Wonorejo, Kecamatan Dampit, sekitar 2 jam dari pusat kota Malang. Coban Pandawa termasuk wisata alam karena letaknya yang berada di balik hutan dan perkebunan salak yang masih belum tersentuh pengunjung. Yuk intip Coban Pandawa cantik yang siap memanjakan matamu!

1. Asal Usul Coban Pandawa

Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang TimurKisah Coban Pandawa (Staf Dokumenter)

Asal usul nama Coban Pandawa adalah air terjun ini terdiri dari 5 coban dengan lokasi yang berbeda. Pandawa sendiri merupakan tokoh ksatria wayang yang terdiri dari 5 orang. Dulu, pada zaman Belanda, Coban Pandawa merupakan sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bagi daerah tersebut.

2. Perpaduan indah antara air jernih dan tebing hitam

Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang TimurCoban Pandawa (ID)

Terdengar asing dan kurang dikenal wisatawan, Coban Pandawa bersih dari sampah. Di musim panas air tampak jernih. Namun, hanya ada 3 upaya yang masih memungkinkan air mengalir. Coban Pandawa akan terlihat jauh lebih cantik saat musim hujan namun akan sedikit lebih licin. Indahnya perpaduan antara air jernih dan hitamnya tebing terlihat semakin menyegarkan mata. Beberapa batu besar yang mengelilingi Coban juga menambah daya tarik.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Baca Juga: 7 Coban Berwarna Tosca Terindah di Malang, Seperti Pecahan Surga

3. Lokasi Coban Pandawa

Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang TimurAturan Coban Pandawa (Dermaga Pribadi)

Berkendara ke Coban Pandawa tersedia dengan kendaraan roda 2 dan 4. Dari pusat kota Malang, Anda hanya perlu menempuh jalur menuju kecamatan Dampit yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Setelah Pasar Dampit, Anda bisa belok kanan menuju Dusun Wonorejo, Desa Sukodono.

Jangan khawatir, Anda akan menemukan rambu-rambu di sepanjang jalan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakannya kartu-kartu untuk menemukan lokasi yang tepat. Selama berkendara anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, hutan dan perkebunan salak. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan yang belum diaspal dan memiliki tanjakan dan turunan. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima ya?

4. Biaya Masuk dan Fasilitas

Coban Pandawa, air terjun tersembunyi di Kabupaten Malang TimurGerbang Coban Pandawa (instagram.com/whiempy)

Untuk masuk ke Coban Pandawa Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2.000. Kendaraan dapat diparkir di rumah warga dengan tarif Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4.

Anda harus berjalan sekitar 20 menit untuk sampai ke air terjun karena jalannya menurun dan agak licin. Ketika Anda memasuki kawasan Coban Anda akan menemukan Kebun Salak yang luas. Jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan dari rumah karena tempat ini masih minim penjual makanan. Ayo rencanakan liburanmu di Coban Pandawa bersama teman dan keluarga!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button