Wakil Gunungkidul Juarai Lomba Pemuda Perintis Tingkat Nasional - WisataHits
Yogyakarta

Wakil Gunungkidul Juarai Lomba Pemuda Perintis Tingkat Nasional

Harianjogja.com, Gunungkidul – Wakil Kabupaten Gunungkidul Joko Susilo meraih predikat Pemuda Pionir Terbaik 2022 untuk kategori Bidang Pendidikan. Prestasi ini tak lepas dari gerakannya mendirikan Gunungkidul Inspiring untuk meningkatkan literasi dan kualitas pendidikan di daerahnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul Supriyanto mengatakan pengumuman Lomba Pemuda Perintis Nasional 2022 berlangsung di Jakarta pada Jumat malam (10/7/2022). Alhasil, salah satu perwakilan Gunungkidul, Joko Susilo, berhasil menyabet predikat terbaik untuk kategori pendidikan.

“Ada ratusan peserta yang mengikuti kompetisi ini. Di grand final dia melakukannya [Joko] berhasil mengalahkan wakil dari Sumut dan Jawa Timur sehingga dinobatkan sebagai juara pertama,” kata Supriyanto kepada wartawan, Minggu (9/10/2022).

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

Dikatakannya, keberhasilan meraih gelar juara tidak lepas dari perannya dalam menciptakan program Gunungkidul Inspiring. Melalui program ini akan tercipta jaringan relawan pemuda yang berdedikasi pada literasi dan pendidikan di Bumi Handayani. “Selamat,” katanya.

BACA JUGA: Libur Maulid Nabi, Wisata Gunungkidul Dibanjiri Pengunjung

Supri berharap keberhasilan yang diraih dapat meningkatkan semangat pemuda untuk berkontribusi dalam peningkatan kesadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda di Bumi Handayani. Tujuannya adalah untuk melahirkan lebih banyak perintis muda yang luar biasa.

“Kami berkomitmen untuk mendukung dan mendorong generasi muda agar bisa terus berprestasi,” ujar mantan ketua jurusan kepemudaan ini.

Sekretaris Dewan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul Irfan Ratnadi mengatakan tidak jauh berbeda. Ada dua wakil dari Gunungkidul dalam kompetisi pemuda perintis tingkat nasional ini. “Kami mengirimkan sebagian besar perwakilan karena dua orang muda ikut serta dalam seleksi. Sekarang hanya ada satu daerah di DIY,” katanya.

Irfan mengatakan Gunungkidul diwakili oleh Joko Susilo untuk bidang pendidikan. Ia diakui berhasil menggerakkan masyarakat untuk mendukung proses belajar anak di masa pandemi.

BACA JUGA: Mampu Menampung Hingga 40 Unit Kapal 40 GT, Kapan Pelabuhan Gesing Selesai?

Adapun wakil lainnya, Suyatno dinilai berhasil di bidang agama, sosial dan budaya. Hal ini tidak terlepas dari proses pengelolaan pariwisata di Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Saptosari yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, tanpa membedakan latar belakang agama dan budaya. Alhasil, pariwisata ini bisa berkembang tanpa hambatan sosial.

“Proses ini tidak sebentar karena kegiatan akan dilakukan setidaknya dalam dua tahun. Kalau tidak cukup, tidak bisa ikut seleksi,” katanya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button