Catatan! Ini Rute Karnaval Malam Pertama Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Catatan! Ini Rute Karnaval Malam Pertama Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi Karnaval Malam Sura 1 di Pura Mangkunegaran. (Dok. Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kepala Dinas Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan Kota Solo Ari Wibowo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan aturan arus lalu lintas agar pengguna jalan bisa nyaman melintas saat Karnaval Malam 1 Sura, Jumat (29/7/2022).

Seperti diketahui, akan ada dua karnaval malam ini, masing-masing di Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Karnaval Candi Mangkunegaran dijadwalkan dimulai pukul 19.00 WIB dengan rute seperti sebelum pandemi Covid-19.

Promo hotel paling direkomendasikan dekat pantai di Jepara, Yes d’Season Premiere

“Karnaval di Pura Mangkunegaran pukul 19.00 WIB undangan datang dan diperkirakan karnaval akan dimulai pukul 19.30 WIB. Sementara rute atau itinerary masih sama seperti sebelum pandemi Covid-19,” ujarnya saat dihubungi Solopos.comKamis (28.7.2022).

Rombongan Karnaval Malam Sura 1 di Pura Mangkunegaran Solo keluar dari pintu masuk utama di sisi selatan menuju Jl Ronggowarsito dan belok kanan ke Jl Kartini atau Simpang Empat Atria. Mengikuti jalur tersebut, rombongan menuju utara hingga pertigaan Jl RM Said.

Kemudian rombongan karavan berbelok ke kanan melalui Jl RM Said dan Jl Teuku Umar. Sesampainya di Ronggowarsito Simpang Empat, rombongan berbelok ke kanan dan kembali ke pintu masuk utama Candi Mangkunegaran. Manajemen lalu lintas dengan sistem terbuka dan tertutup.

Baca Juga: 2nd Mardi Gras 1st Sura dalam satu malam di Kota Solo Orang Bisa Nonton Gratis

“Penutupan ini bersifat situasional. Jika Anda belum memulai karnaval, jalan masih akan terbuka. Tapi saat rombongan karnaval ingin lewat, jalan kami ditutup. Setelah pembukaan selesai. Penutupan bertahap. Begitu juga pembukaannya akan bertahap,” jelasnya.

Sementara itu, Karnaval Malam 1 Sura di Keraton Solo akan dimulai sekitar pukul 24.00, menurut Ari WIB, dengan rute yang sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Rombongan karnaval berangkat dari keraton menuju jalan raya dekat Masjid Agung Solo dan Simpang Gladak.

Sebarkan 30 staf

Selanjutnya rombongan karnaval melintasi Jl Jenderal Sudirman yang berada di sisi kanan atau timur. Di Telkom Simpang Empat, rombongan berbelok ke kanan menuju Jl Mayor Kusmanto hingga Loji Wetan. Di sana rombongan mendekati Jl Kapten Mulyadi.

Baca Juga: Sama-sama Sunyi, Ini Beda Karnaval 1 Sura Keraton Solo – Mangkunegaran

Sesampainya di Simpang Empat Baturrono rombongan karavan berbelok ke kanan melewati Jl Veteran menuju kawasan Gading dan Gumblegan. Di Simpang Gumblegan rombongan berbelok ke kanan melalui Jl Yos Sudarso menuju Simpang Empat Nonongan.

Di sana rombongan berbelok ke kanan melalui Jl Slamet Riyadi menuju bundaran Gladak. Di bundaran, rombongan berbelok ke selatan melalui jalan dekat Alun-alun Utara Keraton Solo (Alut), berakhir di Kompleks Keraton Solo.

“Kami akan mengerahkan 30 petugas untuk mengamankan karnaval. Kami juga akan memantau ruangan CCTV untuk melihat arus lalu lintas,” jelasnya.

Baca Juga: Karnaval 1 Sura Keraton Solo, Undangan Gibran Dipersembahkan Putra Mahkota

Karnaval malam 1 Sura tahun ini diketahui menjadi yang pertama, tersedot selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Karnaval ini terbuka untuk umum. Masyarakat boleh menonton tapi tetap mematuhi protokol kesehatan.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button