Waspada Radikalisme dan Ekstremisme Masuk 3 Jalur Ini - WisataHits
Jawa Tengah

Waspada Radikalisme dan Ekstremisme Masuk 3 Jalur Ini

KENDAL,AYOSEMARANG.COM – – Ancaman radikalisme dan ekstremisme merupakan ancaman nyata bagi bangsa Indonesia. Pemahaman ini dapat terjadi dan berkembang jika tidak diantisipasi dengan baik. Sekretaris Daerah Kendal Sugiono mengatakan, radikalisme dan ekstremisme ini biasanya masuk melalui tiga jalur.
Ketiga jalur tersebut adalah agama, bisnis dan silaturahim, sehingga masyarakat perlu mewaspadai pergerakannya di bidangnya masing-masing. “Pelaku yang ditangkap terorisme dan radikalisme biasanya terkontaminasi setelah merantau ke luar negeri. Jadi jika ada perilaku yang tidak pantas atau mencurigakan yang dilaporkan oleh jaringan, masyarakat dapat melaporkannya kepada pihak berwajib sehingga dapat segera diantisipasi,” kata Sugiono saat rapat koordinasi pengamanan wilayah tentang menjalin persaudaraan untuk mencegah ekstremisme di Balai Desa Mororejo, Kaliwungu Kecamatan, Selasa, 1 November 2022.
Sekda Kendal juga berharap agar tempat wisata Pantai Ngebum dapat dikelola dengan baik karena memberikan sumber pendapatan yang dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif. Ia meminta untuk tetap bersama menjaga kelayakan daerahnya masing-masing untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kendal.
Sementara itu, Komandan Kodim Kendal, Letkol. Kolonel Misael Marthen Jenry Polii, Keadaan yang Tidak Menguntungkan di Dunia Luar Negeri. Dandim tersebut juga mengungkapkan bahaya terorisme dan radikalisme yang kebanyakan berkedok agama, yang bersifat provokatif dan menyebarkan kebencian yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara Indonesia.
“Kita jangan mudah terprovokasi dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang tujuannya memecah belah persatuan bangsa. Dasar negara kita adalah Pancasila, jadi sebagai warga negara Indonesia kita harus menganut dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. ” dia berkata.
Selain itu, Dandim menghimbau kepada peserta untuk tetap bersama menjaga kelayakan di bidangnya masing-masing, dan jika ada kendala dapat diselesaikan dengan baik.
“Mari kita tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, jika ada masalah harus kita selesaikan bersama-sama dengan baik melalui jalur hukum yang ada, dan lebih baik kita selesaikan melalui mediasi karena keselamatan adalah hak yang sangat penting itu. bekerja.” mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkas Dandim.
Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kendal Suharjo mengatakan Kecamatan Kaliwungu merupakan salah satu kecamatan yang memiliki banyak potensi, seperti Kawasan Industri Kendal, pasar dan tempat wisata, sehingga kondisi dan stabilitas kawasan harus diusahakan bersama.
“Diharapkan dengan rapat koordinasi keamanan regional yang bertema ‘Menjalin Persaudaraan untuk Mencegah Ekstremisme,'” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button