Wacana Akan ada 2 pemerintahan baru di Sukabumi, ternyata sudah direncanakan 52 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1970. Tahukah Anda... - WisataHits
Jawa Tengah

Wacana Akan ada 2 pemerintahan baru di Sukabumi, ternyata sudah direncanakan 52 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1970. Tahukah Anda…

BondowosoNetwork.com – Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat.

Kota Palabuhanratu adalah nama ibu kota Kabupaten Sukabumi, sebuah kecamatan yang berjuluk dari kota Ratu Kidul.

Secara keseluruhan, Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Mengingat luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi, tidak heran jika muncul wacana usulan pemekaran kabupaten ini. Dan sejak tahun 1970-an sudah ada rencana perluasan ini.

Baca Juga: 7 Wisata Wajib Sukabumi Ini Diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Mengutip BondowosoNetwork.com dari akun YouTube Media Notes, ada dua usulan untuk dua kabupaten di Sukabumi tersebut, yakni:

1. Kabupaten Sukabumi Utara

Rencana pemekaran wilayah Sukabumi sebenarnya sudah bergulir sejak tahun 1970. Namun wacana ini mencuat pada tahun 2005 setelah kajian LPM Unpad merekomendasikan pemekaran Kabupaten Sukabumi menjadi dua atau tiga daerah otonom baru.

Akhirnya pada tahun 2007, pemerintah daerah memutuskan untuk mengusulkan pemekaran daerah menjadi dua daerah otonom.

Baca Juga: Detik-detik Gempa Sukabumi, Getarannya Terasa Sampai Jakarta, Apa Penyebabnya?

Dan pada tahun 2014, usulan pemekaran wilayah Kabupaten Sukabumi memenuhi persyaratan akhir persetujuan Dewan Perwakilan Daerah.

Jika nantinya Kabupaten Sukabumi Utara dikabulkan, ibukotanya adalah Kecamatan Cibadak.

Dari 47 kecamatan yang ada di wilayah Sukabumi saat ini, 21 kecamatan akan bergabung dengan Kabupaten Sukabumi Utara.

Yaitu Kecamatan Cibadak, Parungkuda, Kabandungan, Caringin, Kalapanunggal, Kadudampit, Parakansalak, Sukalarang, Bojonggenteng, Sukabumi, Cidahu, Gunungguruh, Cicurug, Cisaat, Cicantayan, Nagrak, Sukaraja, Kebonpedes, Ciambar, Cireunghas dan Gegerbitung.

Baca Juga: Pasca Sukabumi, Gempa 4,7 Magnitudo Guncang Pacitan, Jawa Timur 8 Desember 2022: Ada Apa dengan Jawa Ya Tuhan?

2. Kecamatan Jampang, Sukabumi Selatan

Masih dari wilayah Sukabumi, pada tahun 2019 beberapa warga Jampang yang merupakan perwakilan dari 16 kecamatan mendeklarasikan terbentuknya Kabupaten Jampang sebagai pemekaran dari Kabupaten Sukabumi.

Hal ini mendapat dukungan dan tanggapan dari berbagai pihak, berikut 18 kecamatan yang akan masuk dalam wilayah Kabupaten Jampang.

Adapun 18 kecamatan yang terdampak adalah Nyalindung, Purabaya, Jampang Tengah, Curug Kembar, Sagaranten, Pabuaran, Lengkong, Cidadap, Cidolog, Tegalbuleud, Kalibunder, Cimanggu, Jampang Kulon, Waluran, Cibitung, Surade, Ciracap dan Ciemas.

Inilah dua daerah yang akan mandiri dan mandiri dari Kabupaten Sukabumi saat ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button