Viral Grup Klaim Pejabat Masuk Paksa ke Bromo, Pengelola Pariwisata Pastikan Mobil Non-Jeep Dilarang : Okezone News - WisataHits
Jawa Timur

Viral Grup Klaim Pejabat Masuk Paksa ke Bromo, Pengelola Pariwisata Pastikan Mobil Non-Jeep Dilarang : Okezone News

MISKIN – Pengelola wisata Gunung Bromo menyayangkan oknum wisatawan nekat menyerbu lautan pasir dengan kendaraan 4WD selain jeep.

Sarif Hidayat, Kepala Pelaporan Data Evaluasi dan Humas Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (19/11/2022) sekitar pukul 13.33 WIB. Saat itu, rombongan kendaraan Rubicon dan Land Cruiser memasuki kawasan Laut Pasir Gunung Bromo.

Rombongan kendaraan Rubicon dan Land Cruiser berusaha memasuki kawasan Laut Pasir dan sekitarnya, namun berhasil dicegat oleh petugas TNBTS, kata Sarif Hidayat saat dikonfirmasi, Rabu pagi (23/11/2022).

Dalam pengakuan rombongan, mereka mengaku ada undangan fashion show di Gunung Bromo pada 20 November 2022. Namun, saat dicek, ternyata tidak ada kejadian seperti itu.

“Dalam dialog itu disebutkan ada undangan fashion week di Bromo tanggal 20 (November) tapi acara itu tidak jadi,” ujarnya.

Diakui Zarif, karena kesepakatan dengan penyedia jasa pariwisata, kendaraan bermotor roda empat selain jip tidak diperbolehkan masuk ke lautan pasir. Hal ini bahkan sudah diatur dalam peraturan sejak 20 Desember 2012 melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Balai Taman Nasional (TNBTS) Bromo Tengger Semeru nomor: SK.88/21/BT.1/2012.

Baca juga: Saatnya anak muda bangkit bersama Astra untuk Indonesia

“Hasil kesepakatan antara operator wisata TNBTS adalah kendaraan non-jip tidak diperbolehkan masuk ke kawasan wisata di dalam dan sekitar Bromo,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, rekaman video wisatawan yang memasuki lautan pasir Gunung Bromo viral di media sosial. Mereka mengaku berasal dari rombongan pejabat Gubernur Jawa Timur dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sontak, aksi mereka menarik perhatian masyarakat sekitar dan wisatawan lainnya. Aksi ini terekam oleh petugas TNBTS dan penjaga portal memasuki kawasan Laut Pasir Gunung Bromo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button