Cok Ace menerima kunjungan Bupati Ende dan mendukung potensi pengembangan pariwisata Ende - WisataHits
Yogyakarta

Cok Ace menerima kunjungan Bupati Ende dan mendukung potensi pengembangan pariwisata Ende

AkhirCok Ace menerima kunjungan Bupati Ende dan mendukung potensi pengembangan pariwisata Ende. Sumber foto: Spesial

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menerima kunjungan Bupati Ende, Djafar Achmad, di ruang tamu Wakil Gubernur Bali pada Senin (1/8/2022). Kunjungan ini terkait dengan upaya Pemkab Ende untuk mengembangkan pariwisata Ende, khususnya di kawasan sekitar Danau Kelimutu.

Menurut Djafar Achmad, cerita dikisahkan bahwa Danau Kelimutu atau danau tiga warna merupakan danau terindah di dunia karena kelompok danau Kelimutu memiliki tiga danau yang bisa berubah warna. Meskipun tidak semua orang dan semua orang bisa melihatnya.

Bupati Ende mengatakan, masyarakat akan mengadakan sesajen setiap tanggal 14 Agustus untuk memberi makan arwah di Danau Kelimutu. Upacara yang dilakukan oleh masyarakat adat Ende ini mirip dengan budaya kurban di Bali.

Potensi wisata di Ende sangat bagus. Seperti halnya Bali, Ende memiliki banyak kekayaan alam, budaya dan sejarah, namun komersialisasi potensi wisata ini masih kurang. Karena itu, Djafar meminta Achmad Ende menjadi sister city dengan Bali dalam mengembangkan pariwisatanya. Dia meminta Pemprov Bali untuk mempertimbangkan Ende sebagai “luar Bali” sehingga bisa dijadikan satu paket wisata.

“Jadi Bali adalah hubnya,” kata Bupati Ende seraya menambahkan bahwa kedepannya akan ada penerbangan langsung dari Denpasar ke Ende, mendukung kemudahan akses wisatawan ke Ende.

“Kami ingin menjadikan Ende sebagai perjalanan sejarah supra-regional bersama wisata alam. Alam Ende memiliki kekuatan mistik, cerita di Ende kuat, terutama pohon sukun yang dipikirkan Bung Karno ketika dia dipecat oleh pemerintah Belanda. Jadi Pancasila sebenarnya bukan lahir di Jogja atau Jakarta, tapi di Ende,” kata Bupati Ende.

Hal ini juga ditegaskan Wakil Gubernur Bali Prof Tjok Oka Sukawati yang mengatakan potensi wisata alam, budaya dan sejarah di Ende sangat bagus. Menurutnya, lebih mudah menjual Danau Kelimutu karena memiliki keunikan yang tidak ada di daerah lain, hanya satu-satunya di dunia.

“Kita hanya perlu membuat narasi yang bagus untuk menarik wisatawan,” kata wakil gubernur yang akrab disapa Cok Ace itu.

Selain itu, Djafar Achmad meminta agar Wagub Bali dan Kepala Dinas Pariwisata dan Perindustrian Bali bisa datang ke Ende untuk merasakan keindahan alam Ende dan mengikuti Festival Pekan Danau Kelimutu pada Agustus mendatang.

Undangan ini disambut baik oleh Cok Ace. “Saya sangat ingin menghadiri festival, tetapi tanggal 14 bertepatan dengan hari jadi pemerintah Provinsi Bali. Mungkin saya akan ke sana bersama industri pariwisata Bali dan Kadispar setelah Agustus ini. Saya ingin melihat potensi wisata apa saja yang ada di luar sana,” kata Cok Ace.(bpn)

Source: baliportalnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button