Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari Keindahan Alam yang Menakjubkan di Samosir - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari Keindahan Alam yang Menakjubkan di Samosir

Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari Keindahan Alam yang Menakjubkan di Samosir

Salah satu destinasi liburan di Sumatera yang wajib dipilih adalah pantai Batu Hoda. Pantai ini memiliki sejarah kesetiaan kuda.

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 09.30-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya, Cinta Dame, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Samosir selalu menawarkan keindahan bagi wisatawan yang berkunjung. Selain Danau Toba yang melegenda, pulau ini juga memiliki pantai Batu Hoda yang tak kalah megah. Sejauh mata memandang, wisatawan akan dimanjakan dengan tebing-tebing Danau Toba yang megah menyatu dengan birunya air danau.

Pepohonan tumbuh berjejer rapi, memberikan kesan berada di pulau pribadi. Angin yang bertiup lembut akan membuat udara menjadi lebih sejuk dan segar. Di sekitar pantai juga akan terlihat bukit-bukit hijau menawan yang bisa dijadikan latar foto.

Selain itu, Pantai Batu Hoda juga telah dilengkapi berbagai fasilitas yang menarik dan nyaman bagi wisatawan. Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika ingin berlibur bersama keluarga dengan anak kecil, karena pantai ini tergolong ramah anak. Dari wahana menuju pantai ombaknya tidak terlalu besar.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Batu Hoda

Objek Wisata Pantai Batu HodaFoto oleh Bastian Behrend di Google Maps

Pantai Batu Hoda merupakan pantai paling utara Pulau Samosir. Pantai ini memiliki pesona tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Indonesia. Oleh karena itu, saat Anda berada di Sumatera Utara, mengunjungi pantai ini menjadi salah satu agenda wajib yang harus dilakukan bersama keluarga.

✦ Kecantikan yang menakjubkan

Pantai biasanya memiliki pemandangan yang indah, namun hingga saat ini belum semua pantai mampu mempertahankan keindahan tersebut. Nah, Pantai Batu Hoda merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan keindahannya selalu terjaga dengan sangat baik. Hal ini tidak terlepas dari peran pengelola dan wisatawan.

Pengelola secara rutin membersihkan dan merawat pantai agar tetap asri, bersih dan selaras dengan alam. Oleh karena itu, setiap instalasi yang disediakan selalu memperhatikan aspek kegunaan dan keindahan. Pohon di sekitar pantai selalu ditebang dan dibuang sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat.

✦ Ramah anak

Liburan akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang tersayang. Keunggulan lain dari Pantai Batu Hoda adalah tempat wisata yang ramah anak. Beberapa permainan yang disediakan mungkin menarik bagi anak-anak yang mengunjungi orang tua mereka.

Mulai dari sepeda air, banana boat, rumah pohon, perosotan, pelampung, dan lainnya. Sehingga anak-anak tidak akan bosan dan justru sangat bersemangat untuk mencoba semua permainan yang tersedia. Sedangkan orang tua mereka bisa menunggu dengan duduk di gazebo-gazebo yang telah disiapkan di sekitar pantai.

✦ Lambang Kesetiaan

Nama Batu Hoda sebenarnya merupakan kata lain dari Batu Kuda, yaitu patung berbentuk kuda yang dianggap sebagai simbol kesetiaan. Konon, pantai ini memiliki minos tentang perjuangan seekor kuda betina yang siap menyeberang danau untuk menunggu kuda jantan yang akan menjadi pasangannya.

Kuda betina itu masih menunggu di ujung bumi tetapi kuda jantan itu tidak pernah datang. Penantian kuda betina berlanjut hingga akhirnya berubah menjadi batu. Inilah mengapa Batu Hoda dianggap sebagai simbol cinta dan kesetiaan tanpa batas. Bahkan banyak wisatawan yang menikah di pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Batu HodaFoto oleh Harry Makertia di Google Maps

Pantai Samosir yang indah ini terletak di dusun Malau, desa Cinta Dame, Kec. Simanindo, Sumatera Utara. Pantai ini tepatnya berada di tepi Danau Toba, sehingga mengunjunginya juga memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan danau dari jauh. Akses menuju pantai ini tidak sulit, cukup melalui Pelabuhan Tomok.

Setelah itu belok kanan menuju jalan lingkar Samosir. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan transportasi laut melalui Pelabuhan Simanindo. Jika Anda memulai dari Kota Medan, Pantai Batudoha membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Namun, kondisi jalan dijamin lancar dan minim kendala.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk memasuki kawasan pantai Batu Hoda, wisatawan harus membayar tiket sebesar Rp20.000 per orang. Harga tersebut masih terjangkau dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pulau Samosir. Sedangkan jika wisatawan ingin mencoba camping akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 30.000.

Pantai ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 09:30 WIB hingga 18:00 WIB. Dengan demikian, wisatawan bisa menikmati sunset yang indah di pantai. Namun, untuk menikmati matahari terbit di pagi hari, pengunjung bisa mencoba berkemah. Jika ingin memaksimalkan waktu tour, usahakan mulai pagi dan nikmati liburan hingga sore hari.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Batu HodaFoto oleh Edy Milala di Google Maps

Ada banyak alasan mengapa orang harus mengunjungi Pantai Batu Hoda. Selain daya tariknya yang luar biasa, pantai ini juga bisa membuat liburan Anda semakin menyenangkan dengan melakukan berbagai aktivitas. Berikut beberapa pilihan aktivitas menarik bagi wisatawan yang melintas.

1. Kamp

Meski baru buka hingga sore hari, Pantai Batu Hoda menawarkan pengalaman berkemah bagi wisatawan. Pemandangan pantai di malam hari sayang untuk dilewatkan. Suhu dingin yang menusuk kulit bisa dihangatkan dengan api unggun. Paduan suara ombak yang merdu akan menghadirkan rasa nyaman tersendiri.

2. Memancing di Pantai Batu Hoda

Mereka yang memiliki hobi memancing bisa menyalurkan bakatnya di Pantai Batu Hoda. Terdapat spot mancing dengan view Danau Toba dan pegunungan sebagai latar belakangnya, membuat kegiatan mancing tidak membosankan. Apalagi potensi mancing di pantai cantik ini cukup bagus dan banyak sehingga pemancing tidak akan kecewa.

3. Berenang dan bermain air

Berada di pantai tentunya tidak boleh dilewatkan untuk berenang dan bermain air. Meski airnya tidak asin, berenang di sini tentu terasa sejuk dengan pemandangan Danau Toba yang menawan. Dilatarbelakangi pasir yang lembut, wisatawan pasti betah bermain di sini.

Tersedia fasilitas wisata

Fasilitas Pantai Batu HodaFoto oleh Lukas Nainggolan di Google Maps

Sejak resmi dibuka pada tahun 2018 lalu, Pantai Batu Hoda telah menyita perhatian masyarakat hingga akhirnya diambil alih oleh pihak pengelola. Berbagai perubahan telah dilakukan untuk menjadikan pantai ini lebih bersih, indah dan layak untuk dikunjungi. Untuk fasilitasnya, pihak pengelola juga sudah membangun beberapa tempat dan wahana untuk wisatawan, antara lain:

1. Punjung

Di beberapa tempat di sekitar pantai sudah dibangun gazebo-gazebo untuk istirahat. Ukurannya relatif sederhana namun dapat menampung beberapa orang. Gazebo ini bisa digunakan untuk menikmati pemandangan, makan minum, istirahat atau menunggu keluarga bermain air.

2. Toilet

Untuk menjamin kenyamanan pengunjung, Pantai Batu Hoda memiliki beberapa toilet yang dilengkapi dengan ruang ganti. Dengan demikian, wisatawan yang membutuhkan toilet dapat langsung mengaksesnya dengan cepat. Jangan khawatir, toilet-toilet tersebut rutin dibersihkan oleh petugas dan wisatawan juga diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan.

3. Masjid

Mengambil cuti tentu tidak boleh menghalangi ibadahnya. Oleh karena itu pihak pengelola pantai membangun mushola yang bisa digunakan untuk beribadah oleh wisatawan muslim. Dengan demikian, wisatawan tidak akan terpaksa atau bingung mencari tempat salat. Di luar musholla juga terdapat tempat wudhu.

Selain itu di kawasan pantai juga terdapat tempat parkir yang cukup luas, penginapan, warung dan kafe, taman bermain dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang memenuhi kebutuhan wisatawan.

Periode dengan jumlah pengunjung Batu Hoda terbanyak adalah pada bulan Mei, Juli, dan Oktober. Jika wisatawan menyukai keramaian atau kepadatan pengunjung, mereka bisa merencanakan untuk datang pada bulan-bulan tersebut. Namun, jika ingin menikmati liburan yang tenang, silakan datang di luar tiga bulan tersebut.

Di Pulau Samosir terdapat sebuah pantai yang memiliki sejarah tersendiri dengan simbol kesetiaan. Diambil dari kata Batu Kuda, pantai ini kemudian disebut Pantai Batu Hoda. Mengunjungi pantai ini bisa dilakukan bersama keluarga, termasuk dengan anak kecil. Ombaknya yang tenang dan wahana ramah anak adalah salah satu daya tarik utamanya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button