Update terbaru, jalur KA Sukatani - Ciganea sudah bisa digunakan KA kecepatan terbatas - WisataHits
wisatahits

Update terbaru, jalur KA Sukatani – Ciganea sudah bisa digunakan KA kecepatan terbatas

Update terbaru, jalur KA Sukatani – Ciganea sudah bisa digunakan KA kecepatan terbatas

Piknikdong.com – Dengan kerja sama semua pihak, Kereta Api Indonesia berhasil memperbaiki jalur kereta api yang sebelumnya tidak bisa beroperasi akibat longsor.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat malam 5 Mei 2023 di kawasan jalan antara Stasiun Ciganea – Stasiun Sukatani (Km 111+100/Kabupaten Purwakarta).

Update terbaru, jalur KA Sukatani - Ciganea bisa digunakan KA kecepatan min terbatas (1)Jalur KA Sukatani–Ciganea kini dapat digunakan oleh KA kecepatan terbatas, image by: KAI.id

Pada Sabtu pagi, 6 Mei 2023 ini, sejumlah perjalanan kereta api Jakarta – Bandung/pp yang melintasi zona Ciganea – Sukatani dapat dilalui dengan kecepatan terbatas.

“Sabtu pagi ini (6/5), perjalanan kereta api yang melintasi jalur Sukatani – Ciganea dapat kembali beroperasi dan dapat dilalui dengan kereta api dengan pembatasan kecepatan, pascabencana longsor di KM111+100, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat Jumat Malam (5 /5)”,

kata Wakil Presiden Humas KAI Joni Martinus.

KA pertama yang melintasi jalur ini adalah KA Argo Parahyangan dari Bandung – Gambir pada pukul 06:36 WIB.

Kemudian KA selanjutnya adalah KA Argo Parahyangan Gambir – Bandung yang akan melintas pada pukul 07:02 WIB.

Keduanya melaju di jalan hulu karena jalan di hilir masih dibersihkan dari material longsoran.

KAI saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk memulihkan jalur di sana, agar kereta api bisa melintas dengan kecepatan normal.

Sejumlah perbaikan rel kereta api dengan penguatan badan rel, pembersihan material longsoran lama terus dilakukan dengan melibatkan puluhan pekerja kereta api KAI Daop 2 Bandung yang bekerja keras sejak Jumat (5/5) malam.

“KAI menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan kereta api yang terganggu perjalanannya akibat longsoran yang terjadi antara Stasiun Sukatani dan Stasiun Ciganea,”

kata Joni.

Sebelumnya, pada Jumat malam tanggal 5 Mei 2023 telah terjadi longsor di 3 (tiga) titik alinyemen jalan tepatnya pada ruas rel KM 111+000 hingga 111+400 (Ciganea – Sukatani) yang mengakibatkan di jalur kereta tidak bisa diabaikan.

Longsor di sejumlah titik tersebut terjadi menyusul hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak Jumat sore (5/5).

Melihat kondisi sejumlah infrastruktur yang terdampak longsor, demi keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, KAI telah melakukan sejumlah tindakan perbaikan terhadap jalur rel yang terdampak longsor.

Selain itu, untuk pelayanan penumpang kereta api yang melewati hubungan Purwakarta – Bandung/PP pada Jumat (5/5) malam, KAI melakukan skema operasi over stapen (perubahan sebagian atau total trayeknya) menggunakan moda transportasi lain.

Sebanyak 9 pelayaran melewati wilayah Ciganea – Sukatani mengalami gangguan operasional akibat kejadian ini.

“KAI berkomitmen untuk terus memberikan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,”

tutup Joni.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button