Sukses Pengembangan Wisata Pelestarian Alam, Menparekraf Menikmati Desa Wisata Air Terjun Moramo - WisataHits
wisatahits

Sukses Pengembangan Wisata Pelestarian Alam, Menparekraf Menikmati Desa Wisata Air Terjun Moramo

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Desa Wisata Air Terjun Moramo, Sumbersari, Sulawesi Tenggara yang berhasil mengembangkan wisata berbasis pelestarian alam.

Menparekraf Sandiaga, usai mengunjungi Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Jumat (26/8/2022), mengatakan bahwa desa wisata ini sangat mementingkan pelestarian alam dalam pengembangannya.

Sukses Pengembangan Wisata Pelestarian Alam, Menparekraf Menikmati Desa Wisata Air Terjun MoramoDesa wisata air terjun Moramo, foto: Kemenparekraf

Desa wisata itu masuk dalam 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Saya melihat Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari paket yang sangat lengkap karena ada aspek konservasinya.

Bahkan ada monyet dan anoa di konservasi”,

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan, desa wisata air terjun Moramo Sumbersari juga memiliki pengolahan sumber energi baru terbarukan.

Menurut dia, ini bisa menjadi jawaban bagi masyarakat Sultra untuk mengantisipasi krisis energi.

“Ada juga berbagai sumber energi baru dan terbarukan, termasuk melalui pemanfaatan sumber mikrohidro yang diubah menjadi listrik.

Ini jawabannya karena kenaikan harga bahan pokok termasuk energi.

Jika misalnya kita bisa membuat kendaraan listrik seperti sepeda motor listrik, mobil listrik dengan peningkatan pembangkit listrik di sini, kita tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga karena kita bisa menyesuaikan dengan kelebihan dan kearifan lokal di sini,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, Sandiaga menjelaskan bahwa Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari awalnya merupakan kawasan transmigran, sehingga keragaman suku dan budaya menjadi salah satu keunikan di sini.

Penduduk desa terbiasa dengan berbagai suku, budaya, bahasa, dan tradisi.

Hal ini membuat desa wisata ini menjadi miniatur Indonesia. Ada 5 suku yang mendiami desa ini antara lain Tolaki, Jawa, Sunda, Bali dan Bugis.

Menparekraf Sandiaga berharap Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari menjadi desa wisata unggulan bahkan destinasi air terjun terbaik di Indonesia.

“Saya berharap air terjun Moramo Sumbersari ini menjadi yang terbaik di Indonesia.

Sebelumnya, dengan jarak 1,4 kilometer, saya berjalan naik turun, dan itu adalah pemandangan yang luar biasa, itu salah satu yang paling luar biasa”,

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga berharap kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari juga dapat menarik minat wisatawan.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka desa kami masuk 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, terima kasih atas kehadiran Mas Menparekraf”,

kata Sarunuddin.

Kepala Adira Finance Syariah Yusron mengatakan, sejalan dengan visi Adira Finance yaitu “menciptakan nilai-nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan”, melalui unit usaha Adira Finance Syariah, pihaknya mendukung Program Pariwisata Ramah Muslim dari Kementerian. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam hal penyediaan sarana dan prasarana tempat ibadah umat Islam di Indonesia.5 desa wisata diantaranya Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara.

“Kami berharap dukungan ini dapat membantu menggoyang perekonomian Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari khususnya dan Kabupaten Konawe Selatan pada umumnya, melalui pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Sulawesi Tenggara ini”,

kata Yusron.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button