Mandiri Jogja Marathon 2022 kembali digelar dan mengajak peserta untuk berlari sambil traveling - WisataHits
Yogyakarta

Mandiri Jogja Marathon 2022 kembali digelar dan mengajak peserta untuk berlari sambil traveling

Pemenang Mandiri Jogja Marathon 2022. Foto: Panji Purnandaru/kumparan Setelah sempat tertunda dua tahun akibat pandemi, Mandiri Jogja Marathon 2022 (MJM) kembali digelar pada Minggu (14/8). peristiwa wisata olahraga MJM 2022 yang telah berlangsung sejak tahun 2017 ini mempertandingkan lomba lari marathon (42,195 km), half marathon (21 km) dan jarak 10 km dan 5 km. Dikemas dengan baik, MJM 2022 bukan sekadar lomba lari biasa. Saat mereka berjuang untuk garis finish, pelari juga dapat menikmati budaya lokal di setiap jalur. Keindahan Candi Prambanan, Candi Plaosan, Monumen Taruna dan keindahan desa Yogyakarta lainnya menjadi suguhan di tengah persaingan.Bersama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY), MJM 2022 akan lebih fokus pada kekayaan budaya fokus dan lokal produk. Keterlibatan pihak lain seperti sekolah, sanggar, komunitas seni dan kelompok lain juga berperan aktif dalam memeriahkan Mandiri Jogja Marathon. Tujuannya adalah untuk mempromosikan seni dan tradisi lokal Yogyakarta.

Mempromosikan kekayaan budaya dan UMKM Yogyakarta

MJM 2022 juga dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, kemudian Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Komisaris Utama Bank Mandiri M Chatib Basri.

Presiden dan Direktur Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan dengan hadirnya lebih dari 6.000 pelari pada MJM 2022 diharapkan dapat lebih mempromosikan pariwisata Yogyakarta kepada masyarakat lokal dan internasional. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota pelajar.. Pemandangan Candi Prambanan di jalur Mandiri Jogja Marathon 2022. Foto: Panji Purnandaru/kumparan

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas Mandiri Jogja Marathon agar semakin banyak pelari yang masuk dan berpartisipasi di Yogyakarta. (Antusiasme masyarakat terhadap MMJ 2022) juga menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pelatihan. dan semakin populernya lari di tanah air,” kata Darmawan.

Sementara itu, Ricky Andriano, VP Corporate Communication Bank Mandiri, mengatakan desa-desa yang menjadi jalur MMJ 2022 termasuk desa yang menerima program tanggung jawab sosial dan lingkungan Bank Mandiri. Di beberapa jalur, Bank Mandiri melakukan pembenahan jalan untuk memudahkan para pelari yang melintas. Selain itu, 14 desa telah menjuarai Lomba Desa Bersih Bank Mandiri.

“Kami sedang memperbaiki 14 jalan untuk rute full marathon dan half marathon. Kita ada lomba untuk setiap desa yang mereka lewati, ada sekitar 14 desa untuk Desa Bersih,” jelasnya.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan peserta MJM 2022, Bank Mandiri juga menggandeng PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) untuk memberikan perlindungan asuransi kecelakaan di MJM 2022. Manfaat pertanggungan asuransi mencerminkan fokus Mandiri Group dalam memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat.

Pelari di Mandiri Jogja Marathon 2022. Foto: Panji Purnandaru/kumparan

Dengan melindungi peserta, Bank Mandiri berharap seluruh peserta dapat fokus memberikan yang terbaik karena terlindungi dari risiko kecelakaan.

“Komitmen Mandiri Group mendukung merupakan bentuk kepercayaan kami kepada para peserta dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, termasuk Pemprov DIY, untuk menjadi tuan rumah event olahraga terbaik dan teraman,” tambah Ricky.

Ricky melanjutkan, ajang MJM 2022 juga telah mendapatkan sertifikasi dari Association of International Marathons and Distance Races, atau AIMS. Artinya, pelari profesional yang mengikuti ajang ini juga akan mendapatkan poin di World Athletics.

“Jadi khusus (peserta) untuk full marathon, half marathon dan 10k bisa mendapatkan poin dan mendapatkan poin tambahan. Mereka belum pernah disertifikasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan, ajang MJM 2022 ini terbilang luar biasa karena diikuti enam ribu pelari. Dari sektor pariwisata dan industri kreatif, MMJ 2022 akan sangat terbantu untuk menggerakkan kedua sektor tersebut.

“Kami melihat hotel-hotel saat ini pasti penuh. Karena enam ribu peserta, mereka harus membawa keluarga dan kerabat. Jadi pasti lebih banyak lagi,” ujarnya.

Kehadiran UMKM yang juga akan menghidupkan MMY 2022 juga dapat menggerakkan perekonomian daerah Yogyakarta. Uniknya, Bank Mandiri juga menghadirkan berbagai promo bagi setiap orang yang membayar dengan kartu debit, kartu kredit, kartu prabayar dan Mandiri E-Money dari QRIS Livin’ by Mandiri.

“Tidak usah jauh-jauh, sudah ada tempat kuliner atau UKM yang bisa didapat dengan harga lebih murah dan murah karena diskon,” lanjut Singgih.

Penampilan PADI Reborn di Mandiri Jogja Marathon 2022. Foto: Panji Purnandaru/kumparan

MJM 2022 juga dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi Indonesia. Mulai dari Kotak, PADI Reborn dan artis lokal lainnya.

Pada MJM kali ini, Sersan Kepala (Serka) Atjong Tio Purwanto berhasil menjadi yang tercepat di kelas paling bergengsi yaitu kategori Open Full Marathon putra sepanjang 42,19 km. Dia mampu mencatat waktu 02:35:10. Westi Indah Sulistyawati menjuarai kelas Open Full Marathon putri dengan catatan waktu 03:35:04. Keduanya juga mendapat hadiah masing-masing senilai Rp50 juta.

Ke depan, Bank Mandiri akan berkomitmen untuk lebih mendukung sektor pariwisata Tanah Air melalui berbagai kegiatan menarik lainnya.

Artikel ini merupakan bentuk kerjasama dengan Bank Mandiri

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button