Upaya Erick Thohir Tingkatkan Pariwisata Lokal, Didukung Milenial: Jadi Kekuatan! - WisataHits
Yogyakarta

Upaya Erick Thohir Tingkatkan Pariwisata Lokal, Didukung Milenial: Jadi Kekuatan!

Upaya Erick Thohir Tingkatkan Pariwisata Lokal, Didukung Milenial: Jadi Kekuatan!

INDOZONE.ID – Generasi milenial yang tergabung dalam Gerakan Milenial Indonesia (PMI) mendukung upaya pengembangan pariwisata daerah yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kami menyambut baik upaya Erick Thohir untuk meningkatkan pariwisata lokal,” kata Arif Dzakwanuddin, Koordinator UMKM dan Penggerak Bisnis Milenial (PMI) Indonesia, Senin (23/1/2023) di Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong BUMN bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan nilai aset BUMN sehingga dapat mendongkrak pariwisata daerah.

Baca Juga: Erick Thohir: Impian Besar Kita Hubungkan Aceh ke Lampung Lewat Tol Trans Sumatera

Menurut Arif, BUMN di bawah kepemimpinan Erick selalu memiliki dua visi besar dalam pengembangan pariwisata.

Pertama, BUMN akan memaksimalkan aset BUMN untuk pariwisata lokal dan visi kedua yaitu BUMN akan didorong untuk terus memaksimalkan UMKM dan local brand.

Erick Thohir mendukung pariwisata lokalMenteri BUMN Erick Thohir (Instagram/erickthohir)

Hal ini sejalan dengan catatan Arif yang menunjukkan 70 persen wisatawan di Indonesia adalah wisatawan domestik. Sisanya, 30 persen, adalah turis asing.

“Tentu kami salut dengan upaya Pak Erick. Indonesia dikenal dengan kekayaan tradisi dan budayanya, yang dapat menjadikan pariwisata sebagai kekuatan. Oleh karena itu, dukungan BUMN kepada Pak Erick sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Arif, UMKM di kawasan pariwisata bisa merasakan dampak dari perkembangan pariwisata. Ia mengatakan, pariwisata merupakan penggerak utama perekonomian nasional.

“Seluruh masyarakat nantinya akan diberdayakan dari segi ekonomi, mulai dari UMKM hingga masyarakat sekitar, sehingga lapangan pekerjaan akan terbuka dalam skala yang lebih besar,” ujarnya.

Baca Juga: Hilang Prestasi, Uya Kuya Ikut Erick Thohir Pimpin PSSI

Hal itu menurutnya berlaku bagi Kota Semarang di Jawa Tengah yang memiliki aset bernilai sejarah tinggi. Arif berharap dengan bertambahnya kawasan tersebut dapat menjadi daya tarik untuk menstimulus target 7,4 juta pergerakan wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada tahun 2023.

Perlu diketahui bahwa Kota Lama Semarang dipilih sebagai tempat kegiatan kesenian tentunya untuk mendorong percepatan pembangunan pariwisata di Kota Tua Semarang yang sedang dalam proses revitalisasi.

Kawasan dengan luas 72,3 hektar ini merupakan salah satu magnet wisata di provinsi Jawa Tengah yang memiliki nilai sejarah kolonial.

Revitalisasi Kota Lama Semarang juga merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk membangun ekosistem tempat wisata di sekitar Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Artikel menarik lainnya:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button