Untuk menggalakkan promosi kesehatan mental, UMBY mengadakan workshop dengan profesor dari Korea - WisataHits
Yogyakarta

Untuk menggalakkan promosi kesehatan mental, UMBY mengadakan workshop dengan profesor dari Korea

Untuk menggalakkan promosi kesehatan mental, UMBY mengadakan workshop dengan profesor dari Korea

WAKTU INDONESIA, YOGYAKARTA – prof. Uichol Kim dari INHA University Korea baru-baru ini mengikuti workshop bertajuk “Promoting Positive Mental Health from Toxic Relationships” di Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY.

Dalam workshop ini beliau menyampaikan bahwa masalah kesehatan jiwa merupakan tren yang berbeda saat ini dibandingkan dengan masa lalu, tepatnya 10 tahun yang lalu.

iklan

“Berdasarkan temuan tersebut, orang-orang pada zaman dahulu pulih dari masalah kesehatan mental lebih cepat dibandingkan saat ini,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam workshop di kampus setempat.

Masalahnya, bagaimana kondisi kesehatan mental manusia saat ini bisa menjadi lebih baik dan positif? Salah satu caranya adalah membangun dan memelihara hubungan positif dengan orang lain.

Dalam hybrid workshop tersebut, Prof. Uichol Kim kemudian menjelaskan, “Mengapa orang Indonesia lebih bahagia daripada orang Amerika?

Dalam materinya, ia menjelaskan bahwa kajian psikologi dari sudut pandang Amerika tidak sepenuhnya sesuai dengan budaya negara lain, salah satunya budaya Indonesia.

“Amerika masih memandang kecerdasan intelektual lebih kuat, sedangkan Indonesia lebih menekankan pada kecerdasan emosional,” ujar Uichol Kim yang juga pendiri dan presiden International Association of Indigenous and Cultural Psychology, sebagai pembicara.

Selain itu, Uichol Kim menjelaskan pentingnya manusia secara keseluruhan, khususnya dalam kaitannya dengan manusia. Ada enam aspek manusia, antara lain pertama, menciptakan alat, yaitu menciptakan alat untuk memenuhi kebutuhan; kedua, kemampuan mengendalikan;

Ketiga, kemampuan mengubah zat, misalnya umbi-umbian dari tanah dapat diolah menjadi berbagai makanan dengan kandungan yang lebih tinggi; Keempat, kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa untuk berhubungan dengan orang lain; kelima, berbagi ide; dan keenam, pengembangan keterampilan.

Uichol Kim berbicara tentang kesehatan mental yang positif dan menjelaskan temuannya, yang menunjukkan perbedaan dalam pemulihan kesehatan mental 10 tahun lalu lebih cepat daripada saat ini.

Ditekankan pula bahwa mengembangkan dan memelihara hubungan positif dengan orang lain merupakan cara untuk meningkatkan dan membentuk kesehatan mental masyarakat secara positif seperti di masa lalu.

Sebelumnya, Kepala Departemen Kerjasama Luar Negeri UMBY, Daniel Ari Widhiatama, SPd MHum menyampaikan terima kasih kepada Prof Uichol Kim yang telah datang ke UMBY sebagai pembicara workshop. Menurutnya, kerjasama hari ini merupakan wujud komitmen UMBY terhadap pertukaran budaya dan berbagi pengetahuan.

“Saya berkomitmen untuk mendorong kolaborasi yang bermakna dengan institusi dan individu di seluruh dunia. Bekerja sama dengan Prof. Uichol Kim adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk pertukaran dan berbagi pengetahuan lintas budaya,” jelas Daniel kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/1). 2023)

Sementara itu, Sowanya Ardi Prahara, SPsi MA, selaku direktur pelaksana kegiatan mengatakan, workshop ini bertujuan untuk mempromosikan kesehatan mental terkait toxic relationship yang menjadi trending topik di bidang psikologi.

“Setelah workshop diharapkan peserta sadar kesehatan mental dan mampu memperluas pengetahuan serta memperluas wawasan terkait kesehatan mental positif,” harapnya.

Kegiatan workshop Bagian Kerjasama Luar Negeri UMBY bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UMBY digelar secara hybrid, yakni diikuti 250 mahasiswa UMBY secara offline di Kampus 3 UMBY.

Kemudian 53 mahasiswa UMBY mengikuti secara daring melalui zoom meeting. Acara dimoderatori oleh Erydani Angga Wijayanto, Psikolog MPsi selaku dosen UMBY.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button