Cigebot Ciamis Youth sukses menanam bibit anggur - WisataHits
Jawa Barat

Cigebot Ciamis Youth sukses menanam bibit anggur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemuda asal Dusun Cigebot, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini berhasil membudidayakan bibit anggur.

Pemuda ini adalah Rhopik Rhabani (27). Dia berlatih pemeliharaan anggur sekitar 2 tahun yang lalu. Ia sebelumnya berjualan bakso bersama ayahnya namun bangkrut akibat pandemi Covid-19. Rhopik adalah lulusan SMK Pertanian Kabupaten Cipaku.

Rhopik mengatakan bahwa dia pertama kali meminta pohon anggur yang akan dibuang tetangganya. Rasa anggurnya asam karena itu lokal. Berbekal ilmu dari sekolah sebelumnya, ia mencoba mencangkok atau mengawinkan pucuk dengan buah anggur impor.

“Awalnya modal 50.000 rupee untuk membeli anggur pembuka impor. Hasilnya adalah 20 biji. Lalu saya jual Rp 50.000 per biji, ternyata ada pedagang grosir,” kata Rhopik, Kamis (21/7/2022).

Melihat peluang bisnis, ia mulai membudidayakan benih anggur. Pembeli mulai mendapatkan banyak informasi dari mulut ke mulut. Ia kemudian juga memasarkan biji anggur melalui media sosial.

“Alhamdulillah sudah banyak yang order. Rata-rata 100 benih atau bahkan lebih terjual dalam sebulan. Kalau di tempat lain benihnya 100.000 rupee, bagi saya hanya 50.000 rupee,” katanya.

Jenis bibit anggur yang dijual Rhopik mulai dari Transfigurasi, Nizina, Akademik, dan Jupiter.

“Pembelinya banyak dari Ciamis, Banjar, Tasikmalaya, Tangerang. Banyuasin juga ada di luar pulau hingga Kalimantan dan Sumatera Selatan,” ujarnya.

Rhopik juga mengaku pernah menerima pesanan dari luar negeri seperti Malaysia namun tidak pernah dipenuhi karena terkendala pengiriman dan perizinan.

“Saya juga memberikan garansi satu bulan kepada pembeli. Kalau gagal, saya ganti dengan yang baru,” jelasnya.

Rhopik juga menjelaskan bahwa menanam biji anggur tidaklah mudah. Sederhananya, penyiraman hanya membutuhkan waktu tiga hari. Namun, menempatkan satu set anggur agar membutuhkan keuletan dan kreativitas untuk setiap individu. Sehingga buah anggur dengan buah yang lebat dapat tumbuh dengan sempurna. (Ayu/CN/Djava hari ini)

Source: djavatoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button