Universitas Pancasila mengembangkan wisata "Agro Heritage" di Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Universitas Pancasila mengembangkan wisata “Agro Heritage” di Bogor

Jakarta (ANTARA) – Universitas Pancasila (UP) mengembangkan pariwisata Warisan agro di Desa Wisata Lembur Sawah, Desa Mulyaharja, Bogor Selatan, Jawa Barat, yang warganya masih kental menerapkan nilai-nilai budaya Pasundan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Tim Universitas Pancasila Devi Kausar mengatakan di Jakarta, Sabtu, bahwa pihaknya sedang mengembangkan pariwisata Warisan agro merupakan bagian dari Program Dana Pendamping Kedaireka Kemendikbud dan Ristek, yang menerapkan ilmu dan pengetahuan secara langsung di masyarakat.

Program ini juga merupakan bentuk kerjasama dan sinergi kampus dengan mitra bisnis di dunia industri, sehingga kampus juga bekerja sama dengan Indecon – Yayasan Ekowisata Indonesia – sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Baca Juga: UP Bagikan Wawasan Karir Gen-Z di SMA 2 Bogor

Dikatakannya, tim Universitas Pancasila mengembangkan pariwisata dan mendampingi dosen dan mahasiswa gabungan dari tiga fakultas, yakni pariwisata, ekonomi, dan ilmu komunikasi, untuk membenamkan diri di sawah lembur selama tiga bulan sejak Agustus 2022.

keberadaan jalur pendakian Warisan agro Pada Desa Wisata Sawah Lembur Bogor diharapkan dapat memperkaya pilihan wisata edukasi kearifan lokal Pasundan bagi masyarakat, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi pemangku kepentingan pariwisata dan menambah nilai kesejahteraan lembur warga Sawah.

Didukung dengan kontur alam yang asri dan asri serta latar Gunung Salak yang anggun, Kampung Lembur Sawah berhasil menarik perhatian wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: UP sosialisasikan perangkat akreditasi prodi Lambemba

Tim Universitas Pancasila memperkuat produk wisata berbasis masyarakat di Lembur Sawah dengan mengembangkan jalur wisata bertema Warisan agroserta peningkatan kualitas produk kuliner dan strategi komunikasi digital sebagai bagian dari ekosistem pendukung pariwisata.

rute wisata Warisan agro Dilengkapi dengan narasi tentang nilai dan kearifan lokal Pasundan untuk memberikan pengalaman berwisata yang lebih optimal dan mendidik.

Hasil pembangunan disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan tamasya keluarga yang akan berlangsung pada tanggal 30 November 2022 di Overtime Rice Fields.

Baca Juga: UP Tawarkan Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Bank Sampah di Jepara

Puluhan warga, komunitas pariwisata dan pelaku budaya Bogor yang hadir tampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dengan antusias mereka menyusuri jalur wisata tersebut Warisan agro Melintasi areal perkebunan, persawahan, rumah adat sunda dan situs warisan terletak di Kampung Lembur Sawah.

“Rute wisatanya variatif dan menyenangkan, cocok untuk wisatawan obat tipis dengan keluarga atau teman kantor,” kata Indah Narasati, salah satu peserta.

Riri, warga setempat dan perusahaan pariwisata, menambahkan bahwa mereka sebelumnya mengembangkan wisata sawah secara otodidak, sehingga warga setempat dengan senang hati menyambut mereka dan banyak membantu ketika Universitas Pancasila datang untuk menemani mereka.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button