Unik, Ini Dia Potret Masjid Kremlin ala Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Unik, Ini Dia Potret Masjid Kremlin ala Yogyakarta

LANGIT7.ID, Jakarta – Gaya arsitektur masjid di Indonesia sangat beragam, tidak hanya memadukan nuansa lokal, tetapi juga internasional. Salah satunya adalah Masjid Nurumi yang terletak di Jalan Raya Yogya-Solo Kalasan Sleman, Yogyakarta.

Masjid ini memiliki luas 700 meter persegi dengan sembilan menara kubah dan warna yang berbeda. Sepintas masjid ini menyerupai bangunan bersejarah di Moskow Rusia, tak heran jika tempat ibadah umat Islam ini juga dikenal dengan nama Masjid Kremlin.

Banyak juga orang yang datang untuk berdoa dan beristirahat sejenak sambil melepas lelah, letih dan lesu. Bahkan Masjid An Nurumi menjadi tempat wisata religi dengan daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Tafakkur Alam Melalui Masjid Kubah Asmaul Husna 99 Makassar

Tak sedikit warga sekitar yang menyebut masjid ini sebagai masjid permen karena warna eksteriornya yang unik. Sembilan menara berkubah dengan warna berbeda dan tampilan mencolok memiliki makna bagi Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam di Jawa.

Masjid Nurumi didirikan pada 2005 dan pengerjaannya memakan waktu dua tahun. Pengangkatan kerja dimulai pada pukul 7 pagi pada hari ketujuh bulan ketujuh. Masjid unik ini diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono X dan diprakarsai oleh seorang pengusaha ayam goreng bernama Hj Nur Indarti.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga sering menjadi persinggahan para pemudik yang kebetulan melintasi perbatasan Jawa Tengah-Yogyakarta. Keunikan gaya arsitekturnya pun membuat traveler mengabadikan momen dengan berfoto bersama bangunan masjid.

Meski ukuran masjid tidak terlalu besar, namun telah banyak berbuat untuk memberikan keteduhan bagi pengendara yang ingin beristirahat sejenak dan mengadakan kebaktian sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Pengalaman Guru Besar UIN Semasa Nyantri: Suka, Duka, dan Sejarah

(zhd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button