UNDIP Pulihkan 4.857 Tim Mahasiswa KKN UNDIP 2 Tahun 2022 - WisataHits
Jawa Barat

UNDIP Pulihkan 4.857 Tim Mahasiswa KKN UNDIP 2 Tahun 2022

Sebanyak 4.857 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro 2022 ditarik dari lokasi KKN. Acara pelantikan mahasiswa KKN dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting, Kamis (18/8).

Atas nama Rektor Undip, Prof. Faisal, SE, M.Si., Ph.D. selaku wakil rektor saya sampaikan bahwa tugas KKN merupakan tugas mulia yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui KKN, para mahasiswa telah memberikan kontribusi yang luar biasa, baik dari segi tenaga maupun pikiran, untuk mendukung pembangunan bangsa dengan melaksanakan berbagai jenis program pengembangan masyarakat, antara lain pembentukan desa wisata dan pendampingan UKM. Pelaksanaan kegiatan KKN ini tentunya akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk melatih mahasiswa terjun langsung ke masyarakat dan menjadi agen perubahan yang berdampak positif bagi masyarakat,” ungkapnya.

“Kegiatan KKN dapat mengembangkan kepekaan dan persepsi sosial mahasiswa di masyarakat, dan tentunya juga membantu percepatan pembangunan dan mencetak kader-kader penerus kegiatan pengembangan masyarakat. Melalui kegiatan KKN, mahasiswa telah berbagi ilmu dan teknologi sesuai dengan potensi yang ada di masyarakat. Dalam konteks ini, masyarakat dilibatkan secara aktif, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi program kerja. Diharapkan dengan dibangunnya kembali kegiatan KKN ini dapat menghasilkan pemimpin sejati yaitu lulusan Undip yang memiliki empati dan kepedulian yang tinggi terhadap masalah masyarakat,” lanjut Prof Faisal.

Prof Faisal berharap setelah berakhirnya KKN mahasiswa tetap menjadi orang yang berguna bagi masyarakat dan sekitarnya, terus menjunjung tinggi keutuhan Almamater Undip melalui perilaku yang berbudi luhur dan pola pikir yang baik, serta terus mengangkat Undip spanduk.

Dalam laporannya Prof.DR.Jamari,ST,MT selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), menyampaikan bahwa Tim 2 KKN mulai tanggal 5 Juli hingga 18 Agustus 2022 akan melakukan pendistribusian mahasiswa di Provinsi Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau. , Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan, Timur, Kalimantan Utara Bali, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Utara Sulawesi, NTB dan Papua Barat. Program KKN (Kelas Kerja Nyata) berlokasi di 147 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Koordinasi pelaksanaan KKN di daerah-daerah perwakilan di beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Tegal, Kabupaten Magelang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Sragen, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Klaten.

“Bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa antara lain pemberdayaan masyarakat melalui pendirian desa wisata, mahasiswa bersama masyarakat dan aparat desa melakukan FGD untuk menginisiasi pembentukan desa wisata, dan UKM jajanan di daerah Pendampingan dalam pengurusan izin PIRT, penunjang kesehatan kader di Bulan Imunisasi Anak Nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan keberhasilan vaksinasi, pembuatan video profil yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi desa dan program pengabdian masyarakat Undip, serta pembentukan kota dan komunitas berkelanjutan yang mendukung program SDGs,” jelasnya.(Lin- humas)

Source: www.undip.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button