Kabupaten Bandung Odong-odong Rayakan HUT ke-2 dan Harapan Bantuan Pemerintah - VISI.NEWS - WisataHits
Jawa Barat

Kabupaten Bandung Odong-odong Rayakan HUT ke-2 dan Harapan Bantuan Pemerintah – VISI.NEWS

VISI.BERITA | CIPARAY – Pemkot yang mengelola usaha Odong Odong di Dulboysemken Kabupaten Bandung merayakan hari jadinya yang kedua pada Selasa (25/10/2022). Acara dilaksanakan di Dulboysemken Mansion, Kp.Kukun 3, Desa Cikoneng, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

“Komunitas pengelola usaha odong odong ini berdiri sejak tahun 2020. Alhamdulillah sekarang sudah dua tahun, jadi kami bersyukur atas berkah ini,” kata H. Dadan Permana, ketua jemaah, di sela-sela kesibukannya. VISI.BERITA.

Acara berjalan dengan lancar dan cukup meriah. Bahkan pesertanya tidak hanya pengusaha Odong Odong dari Kabupaten Bandung tetapi juga dari Garut, Cianjur, Sumedang, Sukabumi dan Articleaeang. Pada acara ini, penyanyi Ade Astrid dan tim Gerengseng, Ceu Idar, “Hantu” yang biasa nongkrong di Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, dll memeriahkan acara.

H. Dadan mengungkapkan rasa syukurnya karena rata-rata pengusaha Odong Odong telah tumbuh meskipun krisis ekonomi. “Saya juga, awalnya bisnis Odong Odong hanya satu kendaraan yang digunakan, sekarang menjadi 11 unit,” katanya.

Atas rasa syukur itu, H. Dadan dan para pengusaha Odong Odong di Kabupaten Bandung, katanya, sengaja ingin menghibur masyarakat, dan para pengusaha ini merasa senang ketika masyarakat sangat antusias untuk hadir di venue dan merayakan bersama.

Ide awal dari toko Odong Odong ini, kata H. Dadan setelah melihat kendaraan di tempat-tempat wisata.

“Ya awalnya saya terinspirasi dari kendaraan di tempat wisata. Saya juga ingin melakukan bisnis ini di Ciparay karena saya melihat banyak pengangguran yang tahu bahwa jika saya melakukan bisnis seperti ini dengan saya, kita dapat memperkuat masyarakat sekitar, “katanya.

Niat H. Dadan dalam menjalankan bisnis ini tidak hanya untuk mencari uang, tetapi juga untuk membantu orang-orang yang menganggur. “Dengan itu, kami awalnya tidak menargetkan setoran berapa pun nominalnya,” katanya.

Seiring waktu, bisnisnya berkembang dan lebih banyak orang dapat terbantu untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan, ia berharap bisnis ini bisa lebih berkembang di Kabupaten Bandung namun terkendala dengan peluang modal.

“Ya, mudah-mudahan kita bisa bekerja sama dengan pemerintah. Jadi jangan sampai komunitas ini 100% mandiri,” harapnya.

Saat ini, kata H. Dadan, sudah ada lebih dari 100 unit odong odong di Kabupaten Bandung. Jadi dia dan jemaatnya berharap mereka akan melihat ke dalamnya dan membantu lebih banyak orang. “Artinya kita ingin melihat hasil kerja perusahaan lokal ini melalui bupati,” harapnya.

Keinginannya bertemu langsung dengan bupati, kata H. Dadan, karena sudah menyiapkan Odong Odong Sultan, antara lain kulkas, televisi, dan tempat duduk lainnya. “Sebenarnya bupati mau ke sini, tapi sayang dia juga terbentur kegiatan di tempat lain,” katanya.

Diharapkan kehadiran Bupati Bandung HM Dadang Supriatna terkait dengan krisis yang terjadi saat ini sehingga beliau dan masyarakat berharap agar Pemkab dapat memberikan bantuan berupa minyak dan agar pelayanannya dimudahkan.

“Jadi bukan uang negara, tapi dari gudang suku cadang. Kedua, terus terang kami ingin melegalkan ini, belum ada undang-undangnya, sementara kami hanya berkendara di jalan desa dan kabupaten, bukan di jalan desa. Nah, mungkin nanti, setelah layak, kita bisa melalui jalur provinsi dan nasional jika diizinkan,” jelasnya.

Dia mengatakan jenis mobil yang dibuat menjadi Odong-Odong itu dari berbagai merek.” “Ya, ada juga Toyota, Suzuki dan Daihatsu. Nanti kalau ada event nasional, kami ingin menghubungi Toyota agar bisa bekerjasama. Untuk itu kami membutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten untuk benar-benar memperhatikan operasi ini. Sayang sekali tidak ada jaminan. tapi ini bisa mengembangkan potensi ekonomi lokal,” ujarnya.

Dijelaskannya, Kotapraja Odong Odong di Prefektur Bandung juga merupakan bagian dari Perhimpunan Kereta Api Pariwisata Nasional. “Kami juga ada jambore dua kali dalam setahun,” imbuhnya.@gustav

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button