Umbul Sidomukti, wisata alam yang sejuk dan mempesona di Bandungan Semarang - WisataHits
wisatahits

Umbul Sidomukti, wisata alam yang sejuk dan mempesona di Bandungan Semarang

Umbul Sidomukti menawarkan pesona Alami menyegarkan eksotis di Semarang. Wisata alam yang terletak di lereng Gunung Ungaran yang terkenal dengan pemandangan alamnya, untuk berenang, olah raga dan babat.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Blanten Lor, Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata alam di Kabupaten Semarang yang sangat populer dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Pemandangan yang terlihat dari tempat ini bahkan lebih indah dari pemandangan alam Bandung dan Bogor yang juga merupakan ikon wisata gunung yang terkenal.

Tempat yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini memiliki suhu udara yang dingin dan sangat sejuk. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari keramaian kota dan berbaur dengan alam pegunungan.

Kawasan wisata ini dibuka pada tanggal 2 Agustus 2007 oleh Camat Kabupaten Semarang dan menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi pada hari biasa dan hari libur. Ini terkait dengan kolam 3-tingkat yang ikonik, pertanian dan perkebunan, dan wahana lain yang ditawarkan.

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Atraksi Umbul SidomuktiKredit gambar: Twitter Pesona Kabupaten Semarang

Tempat wisata ini sangat populer tidak hanya di kalangan masyarakat sekitar tetapi juga masyarakat Pulau Jawa, bahkan manca negara pun sering terlihat antusias untuk mengunjungi tempat ini.

1. Pemandangan gunung hijau yang menakjubkan

Begitu sampai di kawasan wisata ini, pengunjung akan langsung disuguhkan pemandangan indah dari puncak Pegunungan Ungaran. Anda akan melihat hamparan pepohonan hijau di bawah kawasan wisata dan merasakan segarnya udara dan alam yang asri.

2. Kolam renang tiga tingkat yang ikonik

Bagi pecinta olahraga renang, ada kolam renang alami tiga tingkat yang sangat simbolik di tempat ini. Kolam ini dibagi menjadi tiga tingkat kedalaman sehingga dari anak kecil hingga orang dewasa dapat menjajal tempat tersebut tanpa perlu berpindah lokasi.

Apalagi aktivitas berenang akan menyenangkan karena kolam renang di tempat ini langsung berhadapan dengan kawasan pegunungan yang rimbun dan menawan.

3. Peternakan Kecil yang Menyenangkan

Wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berkebun atau menunggang kuda bisa datang ke kawasan wisata Little Ranch yang ada di kawasan ini. Di sini, pengunjung dapat mencoba langsung berkebun bersama petani dan menikmati hasil alam. Ada juga kuda yang terlatih dan ramah yang dapat ditunggangi untuk berkeliling peternakan.

4. Gua buatan dengan pemandangan yang indah

Direktur menambahkan objek wisata baru bernama Goa Tirta, goa buatan dengan jarak sekitar 135 meter. Pemandangan di ujung goa sangat eye catching dan biasanya sering dijadikan sebagai tempat foto prewedding oleh pasangan.

5. Tempat Panahan yang Menyenangkan

Bagi Anda yang menyukai panahan, Anda bisa mencoba area panahan yang tersedia di Umbul Sidomukti. Dengan peralatan lengkap dan didampingi oleh pemandu profesional, Anda tidak perlu khawatir karena keamanannya terjamin.

6. Berkemah di dekat alam

Selain akomodasi dengan desain lucu yang bisa ditemukan di lokasi, wisatawan yang ingin mencoba camping keluarga bisa memilih camping ground di kawasan wisata ini. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah yang hanya bisa didapatkan dari area camping di dekat pegunungan alami.

7. Masakan lezat

Berada di wilayah pegunungan yang kaya akan sumber daya alam, tempat ini tentunya memiliki banyak sajian kuliner yang luar biasa lezat. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan berbahan dasar sayuran dan buah-buahan segar, serta olahan daging yang lezat. Tempat ini juga memiliki sepiring hidangan dengan penataan piring yang estetis dan sangat indah.

8. Perjalanan keluar yang menarik

Pengunjung yang datang secara rombongan bersama keluarga atau teman tidak perlu takut bosan karena selain menawarkan pemandangan yang indah, tempat ini juga menawarkan pilihan wahana yang seru dan cukup menegangkan. Wahana ini bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk anak-anak, Anda bisa datang ke kawasan Taman Berani yang penuh dengan pilihan wahana khusus untuk anak-anak. Apalagi ada permainan adrenalin yang sangat ekstrim untuk orang dewasa. Pengunjung juga bisa mencoba jembatan segitiga, jembatan laut, flying fox dan wahana lainnya yang melewati langsung kawasan hutan di bawah kawasan Pegunungan Ungaran.

9. Spot foto keren

Ada banyak spot foto baik buatan manusia maupun pemandangan alam yang menakjubkan di tempat ini. Anda tidak perlu khawatir kehabisan perlengkapan kamera saat berkunjung karena tempat ini sangat menawan.

Alamat dan rute menuju lokasi Umbul Sidomukti

Spanduk alamat sidomuktiKredit gambar: Google Maps Talki Abidin

Tempat wisata alam ini terletak di lereng Ungaran, terletak di Jalan Umbul Sidomukti, di kawasan Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Padahal tempatnya berada di daerah pegunungan. Pengunjung dari luar Jawa dapat terbang menuju Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang dan memulai perjalanan langsung dari bandara dengan kendaraan bermotor. Tidak perlu khawatir karena ada banyak arah.

Jika Anda mengambil jalan raya Jl Raya Semarang-Solo, dari kota Semarang menuju tempat wisata ini lebih lama sekitar 25 km dan memakan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor. Dan jika menempuh jalur melalui jalan tol Ungaran-Bawen, perkiraan waktunya akan lebih lama, lebih dari 1 jam karena jarak tempuhnya sekitar 50 km.

Kemudian di Ungaran, jika melihat SPBU Lemah Abang di sisi kiri jalan, belok saja ke gerbang bertanda Kawasan Wisata Gedong Songo yang berada di sisi kanan jalan setelah melewati SPBU. Dari pintu gerbang, Anda hanya perlu mengikuti jalan menuju pasar Jimbaran.

Dari pasar, Anda memasuki gang yang bertuliskan Wisata Umbul Sidomukti dan ikuti saja jalan menuju tempat parkir. Kemudian, jika Anda datang dari rute lain, Anda juga bisa mengikuti rute yang ada di Google Maps karena jalur yang ada sudah cukup presisi agar tidak tersesat.

Harga tiket masuk Panji Sidomukti Bandungan

Harga tiket Sidomukti UmbulKredit Gambar: Kawasan Wisata Instagram Umbul Sidomukti

Kawasan wisata alam ini dibuka untuk pengunjung setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Biaya masuk untuk berkunjung ke tempat ini cukup terjangkau dengan biaya Rp 5.000,- pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan yang mempesona.

Selain biaya masuk, Anda masih harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk parkir kendaraan roda empat. Kemudian, tiket masuk yang tertera di atas belum termasuk biaya tambahan jalan-jalan yang ditawarkan di kawasan wisata lereng Gunung Ungaran.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti

Aktivitas di Umbul SidomuktiKredit gambar: Instagram Jelajahi Kota Wisata & Kuliner

1. Nikmati pemandangan alam

Anda bisa bersantai di kursi atau di rerumputan hijau kawasan wisata sambil mengagumi keindahan alam dari atas pegunungan. Ditambah dengan udara segar dan tanaman hijau yang memberikan rasa kesegaran.

2. Berenang

Hanya di sini Anda bisa merasakan bagaimana rasanya berenang di kolam tiga tingkat sambil menikmati pemandangan alam dari puncak gunung yang sangat menawan. Anda hanya perlu membayar Rp15.000 per orang untuk berenang di kolam ini.

3. Perkemahan

Bagi pecinta alam yang ingin tinggal di kawasan Pegunungan Ungaran dapat berkemah di tempat perkemahan dengan membayar biaya mulai dari Rp 170.000,- hingga Rp 500.000,-. Dengan biaya tersebut anda akan mendapatkan paket full camp yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

4. Berkebun

Anda bisa berkebun dengan petani Little Ranch. Untuk memetik tanaman yang ada, Anda akan dikenakan biaya tergantung dari tanaman dan jumlah yang ingin Anda bawa dari tempat wisata tersebut.

5. Menunggang kuda

Dengan biaya Rp 50.000 per setengah jam, Anda bisa menyewa kuda untuk berkeliling dan menjangkau tempat-tempat yang lebih menarik di Umbul Sidomukti.

6. Bepergian dengan sepeda gunung

Bagi pengunjung yang ingin bepergian dengan kendaraan di daerah pegunungan, pengelola menawarkan sepeda gunung yang bisa disewa untuk pelayaran off-road bersama teman atau keluarga.

7. Jelajahi Gua Tirta

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah dari dalam goa yang sangat romantis. Menjelajahi goa menjadi aktivitas seru di tempat wisata ini.

8. Panahan

Pihak pengelola menyediakan tempat panahan yang dilengkapi dengan peralatan lengkap dan pemandu yang profesional sehingga kegiatan memanah di tempat ini semakin menyenangkan.

9. Tamasya keluarga

Anda dan keluarga bisa mencoba banyak pilihan keberangkatan di sini, mulai dari Taman Berani, area keberangkatan khusus anak-anak yang harus merogoh kocek Rp 10.000 untuk satu tiket. Taman bermain adrenalin untuk orang dewasa dengan kelelawar buah, jembatan laut, jembatan segitiga dan banyak lagi.

10. Belanja

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh berupa kaos, gantungan kunci atau sayuran, pengelola menyediakan tempat khusus untuk Anda. Ada kawasan perbelanjaan yang sangat lengkap di kabupaten ini yang bisa Anda kunjungi, tentunya dengan pilihan harga yang tetap terjangkau.

11. Coba Jajan Kuliner Ungaran

Penggemar wisata kuliner tidak perlu khawatir karena di kawasan wisata Umbul Sidomukti terdapat kafe dan restoran. Kafe dan restoran yang ada menawarkan beragam menu olahan sayur, buah, dan daging dengan harga terjangkau. Soal rasa, Anda juga tidak perlu khawatir karena masakan di tempat ini dijamin enak dan memiliki tatanan yang estetis.

12. Berfoto di tempat-tempat menarik

Berkunjung ke kawasan wisata alam yang indah ini sangat disayangkan jika belum mencoba berfoto di berbagai tempat. Tempat ini selain memiliki spot foto pemandangan alam yang luar biasa, juga memiliki dekorasi yang indah dan sangat asri instagramable.

Fasilitas yang tersedia di Umbul Sidomukti Semarang

Fasilitas Umbul SidomuktiKredit gambar: Facebook Umbul Sidomukti

Bagi wisatawan yang ingin berlibur bahkan menghabiskan beberapa hari di kawasan wisata ini tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan tidak perlu mencari akomodasi karena di dalam tempat wisata sudah tersedia beberapa pilihan akomodasi seperti homestay, villa dan camping ground.

Akses jalan cukup mudah, sehingga ada banyak pilihan transportasi umum. Ada toko souvenir, tempat kuliner serta toko tanaman dan perkebunan dengan harga terjangkau. Dan juga ada toilet umum, tempat parkir khusus dan tempat ibadah yang dijaga kebersihannya. Anda juga tidak perlu takut karena tempat ini tutup.

Umbul Sidomukti sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berwisata sambil menikmati panorama alam dari puncak gunung yang mempesona. Selain tempatnya yang indah, Anda bahkan disuguhkan fasilitas yang sangat lengkap dengan biaya yang cukup murah. Lokasinya yang indah sayang untuk dilewatkan saat berwisata ke Kabupaten Semarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button