Traveloka berkomitmen untuk mempromosikan digitalisasi pariwisata di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Traveloka berkomitmen untuk mempromosikan digitalisasi pariwisata di Yogyakarta

Traveloka berkomitmen untuk mempromosikan digitalisasi pariwisata di Yogyakarta

JAKARTA (ANTARA) – Traveloka berkomitmen untuk mendorong digitalisasi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui kontribusinya pada pemulihan sektor pariwisata, membina talenta, dan mempercepat transformasi digital.

Diharapkan dengan mendukung pariwisata daerah dapat lebih maksimal mempromosikan pariwisata di Yogyakarta, sehingga dapat memberikan kontribusi tambahan bagi perekonomian nasional.

“Menurut survei East Ventures Digital Competitiveness Index (EV DCI) 2022, DIY menempati peringkat ketiga daya saing digital dengan skor 60,6. Oleh karena itu Traveloka melihat bahwa transformasi digital juga berkontribusi terhadap pembangunan sektor pariwisata di DIY,” ujar CEO tersebut. oleh Transport Traveloka Iko Putera dalam keterangannya, Kamis.

Baca Juga: Traveloka Merilis Slogan Baru

Sejalan dengan agenda pemerintah untuk mendukung kebangkitan pariwisata nasional, Traveloka aktif mempromosikan 5 destinasi wisata prioritas utama.

Termasuk salah satunya mempromosikan Borobudur yang juga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke kota pelajar.

Harapannya, promosi ini dapat memperluas jangkauan para pelaku pariwisata dan industri kreatif yang terdaftar di platform Traveloka untuk menarik konsumen.

“Melalui Traveloka, kami mendorong pemangku kepentingan dan konsumen di bidang pariwisata untuk mendapatkan manfaat dari digitalisasi, agar kedua belah pihak terhubung dan mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata dan perekonomian di sekitarnya,” ujar Ito.

Berdasarkan data Bank Indonesia, Yogyakarta memiliki pendapatan terbesar dari sektor pariwisata dengan persentase Produk Domestik Bruto (BRDP) daerah sebesar 55 persen.

Jika perluasan digitalisasi untuk sektor pariwisata dilakukan, maka kontribusi pendapatan dapat dimaksimalkan.

Dukungan ini juga didukung oleh data yang dihimpun Traveloka mengenai pencarian konsumen akan destinasi wisata di Yogyakarta yang akan meningkat hampir 40 persen pada 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Permintaan konsumen terhadap tempat wisata di Yogyakarta juga meningkat, seperti Borobudur yang diperkirakan meningkat lebih dari 60 persen pada tahun 2022.

Dalam hal transportasi, penelusuran DIY terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan permintaan untuk penerbangan dan transportasi darat, serta bus Perjalanan masing-masing terjadi lebih dari dua kali pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Peningkatan ini juga didorong oleh keragaman produk dan penawaran layanan travel Traveloka yang selalu fokus untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen.

“Traveloka melihat peluang ini dan tetap berkomitmen untuk mendorong digitalisasi sektor travel dan pariwisata di sektor home improvement, termasuk melalui dukungan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang juga baru saja mengumumkan ASEAN Tourism Festival 2023 (ATF) di DIY,” pungkas Ito.

Baca Juga: Aplikasi Ini Memudahkan Transaksi Online

Baca Juga:Kemenparekraf Gandeng Traveloka Perkuat Sektor Parekraf Indonesia

Baca Juga: Destinasi Wisata Domestik Masih Jadi Primadona

Reporter: Livia Kristianti
Penerbit : Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button