10 Wisata Alam di Surabaya, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan Semuanya - WisataHits
Jawa Timur

10 Wisata Alam di Surabaya, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan Semuanya

KOMPAS.com – Berhenti di berbagai tempat wisata di Surabaya untuk mengisi waktu liburan anda.

Kota Pahlawan tidak hanya mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi, tetapi juga menawarkan banyak destinasi wisata menarik yang bisa Anda jelajahi sesuai dengan preferensi masing-masing.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gubeng Surabaya

Jika anda mencari wisata alam, ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi seperti taman, hutan mangrove dan pantai. Berikut beberapa destinasi wisata alam di Surabaya yang bisa Anda kunjungi di tengah liburan Anda.

Pilihan tempat wisata alam di surabaya

1. Pantai Kenjeran

Sebuah perahu nelayan bersandar di tepi Pantai Kenjeran, salah satu destinasi alam Surabaya.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Sebuah perahu nelayan bersandar di tepi Pantai Kenjeran, salah satu destinasi alam Surabaya.

Pantai Kenjeran atau Pantai Ria Kenjeran yang terletak di Desa Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya, merupakan tempat yang sangat baik untuk menginap sambil menyaksikan aktivitas para nelayan tradisional yang sibuk menjemur hasil tangkapannya.

Setelah menikmati suasana pantai, Anda bisa pindah ke lantai dua Bulak Fish Center tepat di seberang taman. Lokasi ini dipenuhi restoran yang menyajikan olahan seafood segar, antara lain udang krispi, sate kerang, cumi asam manis, gulai kakap, dan kotokan ikan asap.

Baca Juga: 15 Wisata Anak Surabaya Cocok Untuk Liburan Sekolah

Sebelum pulang, Anda bisa membeli oleh-oleh aneka olahan kerupuk seafood, seperti: B. Kerupuk teripang yang renyah seperti kerupuk rambak.

“Teripang dibersihkan dengan ekskavator dan diisi pasir, lalu dikeringkan, digoreng dengan pasir lalu digoreng lagi dengan minyak,” kata pedagang suvenir Alfarizi Surabaya, Laily, kepada Kompas.com, Rabu (5/4/2022).

2. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih, salah satu destinasi alam Surabaya.Situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Hutan Bambu Keputih Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Berkunjung ke sini, Anda bisa mengajak keluarga tercinta untuk menikmati suasana hijau dan sejuk di bawah tiang bambu yang menjuntai.

Baca Juga: 6 Wisata Malam di Surabaya Cocok untuk Anak-Anak dan Dewasa

Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berfoto dengan latar belakang deretan pohon bambu yang tertata rapi. Awalnya situs ini hanya tempat penyimpanan (TPA) tetapi telah dimodifikasi untuk memasukkan hutan bambu sebagai objek wisata.

Hutan Bambu Keputih terletak berdampingan dengan Taman Harmoni dan Taman Ruang Publik, seluas 40 hektar.

3. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya. Dermaga. Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo terletak di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Kawasan ini merupakan kawasan rekreasi sekaligus kawasan pendidikan, cocok dikunjungi bersama keluarga atau kerabat.

Baca juga: Asal Usul Kota Surabaya, Ada Versi Kisah Pertempuran Sura dan Baya

Hutan mangrove Wonorejo dilengkapi dengan jembatan kayu yang dapat dilintasi pengunjung untuk mengelilingi kawasan hutan.

Pengunjung tidak hanya dapat berjalan-jalan di jembatan, tetapi juga mencoba jalan jogingBerfoto, berwisata air menyusuri kawasan mangrove dengan menggunakan perahu.

Sambil menikmati suasana dan keindahan hutan bakau, pengunjung dapat bersantap di restoran dan berbelanja oleh-oleh di toko oleh-oleh.

4. Taman Apsari

Pemandangan Taman Apsari, salah satu destinasi wisata alam Surabaya. Dermaga. / Pemandangan Taman Apsari, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Taman Apsari adalah salah satu dari tiga taman budaya Belanda. Pada zaman Belanda, Taman Apsari disebut Taman Simpang atau Taman Kroesen. Dinamakan Taman Simpang karena lokasi taman tersebut disebut Simpang.

Lokasinya berada di Jalan Taman Apsari No. 63, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Tunjungan Plaza Surabaya, Salah Satu Pusat Perbelanjaan Terbesar di Indonesia

Awalnya, Taman Apsari terletak di belakang gedung Grhadi yang menghadap ke utara. Namun, pada tahun 1802 gedung Grahadi menghadap ke selatan.

Di belakang taman ini juga terdapat peringatan untuk Gubernur Suryo, gubernur pertama Jawa Timur, yang memerintah dari tahun 1946 hingga 1948.

5. Kebun Binatang Surabaya

Jerapah di Kebun Binatang Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.SHUTTERSTOCK/PRIYONO PRIYONO Jerapah di Kebun Binatang Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Bermain di kebun binatang juga bisa menjadi pilihan wisata alam, salah satunya Kebun Binatang Surabaya.

Dengan dibukanya website resmi Kebun Binatang Surabaya, di sini Anda dapat bertemu dengan ratusan spesies hewan, tepatnya lebih dari 211 spesies, dengan lebih dari 2.236 hewan termasuk mamalia, aves, reptil dan ikan.

Baca Juga: 7 Pilihan Tempat Wisata di Surabaya Square Yang Sedang Viral

Pengunjung tidak hanya dapat melihat satwa, tetapi juga mendapatkan edukasi dan hiburan sekaligus melalui pemandu yang memberikan berbagai informasi kepada pengunjung.

6. Hutan kota Pakal

Hutan Kota Pakal, salah satu destinasi alam Surabaya.Situs Disbudporapar Surabaya Hutan Kota Pakal, salah satu destinasi alam Surabaya.

Hutan Kota Pakal atau Ruang Terbuka Hijau Hutan Kota Sidorejo disebut sebagai paru-paru kota yang dibangun oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Menurut Kompas.com, Jumat (11/6/2020), hutan yang luasnya sekitar enam hektare ini cocok untuk piknik sekaligus melepas penat dari kejenuhan perkotaan. Anda bisa membawa tikar dan makanan untuk menemani waktu santai Anda.

Baca Juga: 5 Hotel Dekat Tunjungan Plaza Surabaya, Harga Mulai Dari Rp 200.000

Meski berupa hutan, namun ada sejumlah fasilitas di sini, seperti mushola, toilet, kantin, pendopo, kolam ikan dan lain-lain.

7. Taman Pertunjukan Surabaya

Achievement Park Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya. Website Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Taman Prestasi Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Taman ini memiliki luas 6.000 meter persegi dan merupakan salah satu taman terpopuler di Surabaya. Taman Prestasi dibangun pada tahun 1992 dan diresmikan pada tahun 1995 oleh Marie Basofi Sudirman, istri Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Pemkot Surabaya menyediakan berbagai fasilitas umum di taman ini, antara lain taman bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai wahana seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan taman bermain pasir di tepi pantai.

Baca Juga: Tips Wisata Surabaya North Quay, Pilih Spot Terbaik untuk Melihat Matahari Terbenam

Selain itu, ada juga akses WiFi gratis, wisata perahu naga dan perahu dayung untuk menjelajahi Kalimas.

8. Taman Bunga Bratang

Bratang Flora Park, salah satu destinasi wisata alam Surabaya. Dokumentasi Bappeko Surabaya Bratang Flora Park, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Taman Flora Bratang Surabaya memiliki area yang luas yang dilengkapi dengan kolam buatan, jalur refleksi, air mancur, lapangan olahraga dan taman bermain yang ramah anak, menjadikan taman ini cocok untuk belajar sambil menikmati pemandangan yang indah.

Baca Juga: 5 Tempat di Surabaya untuk Merayakan Hari Pahlawan

Taman ini terletak di Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Berada di tengah kota atau hanya sekitar 5 kilometer dari stasiun kereta api Gubeng, tempat ini cocok dijadikan destinasi untuk bersantai sejenak dan membiarkan jiwa Anda menjuntai.

9. Tur Kapal Kalimas

Wisata Kapal Kalimas, salah satu destinasi wisata alam Surabaya. bappeko.surabaya.go.id Wisata Kapal Kalimas, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Jika Anda mencari tempat wisata alam di Surabaya yang bisa Anda manfaatkan untuk menyerap suasana di sore atau malam hari, wisata perahu di Kalimas bisa menjadi pilihan.

Tepatnya di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Ada dua jalur perahu, yang pertama Taman Prestasi-Museum Pendidikan. Rute ini menawarkan nuansa lampu lampion di sepanjang rute dari Taman Prestasi menuju Expression Park.

Pengunjung dapat menikmati spot foto di Museum Edukasi, Expression Park, dan Floating Market. Titik awal dan akhir rute ini adalah di Achievement Park.

Baca juga: Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya, Wujud Akulturasi Arab dan China

Kedua adalah rute Monumen Kapal Selam-SIOLA. Pada rute kedua, pengunjung dapat menikmati spot foto di Suroboyo Sculpture Fountain, Skate & BMX Park, Floating Market, Museum Edukasi, dan Dermaga Siola.

Jika ingin naik perahu dan menikmati suasana disana, datanglah WIB antara jam 3 sore sampai jam 9 malam.

10. TK Wonorejo

Pembibitan Wonorejo, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.SHUTTERSTOCK/NUGROHO IMAM Wonorejo Nursery, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Kebun Bibit Wonorejo terletak di kawasan Rungkut Surabaya tepatnya di Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Taman rekreasi ini sudah ada sejak tahun 2011. Sebelumnya hanya digunakan sebagai pusat taman. Setelah direvitalisasi, taman tersebut kini juga menjadi objek wisata.

Baca Juga: Slogan Kota Surabaya Dalam Bahasa Jawa dan Artinya

Pembibitan Wonorejo memiliki dua danau, satu besar dan satu kecil. Keduanya dikelilingi oleh taman yang tertata rapi dan dilengkapi dengan fasilitas seperti taman bermain anak dan taman bunga. Ada juga kebun binatang mini alias kebun binatang kecil dengan beberapa hewan herbivora seperti rusa dan berbagai jenis unggas.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button