Tradisi Lomba Jus Ayam Jus Situbondo merupakan agenda tahunan - WisataHits
Jawa Tengah

Tradisi Lomba Jus Ayam Jus Situbondo merupakan agenda tahunan

Situbondo (ANTARA) – Agenda lomba ayam Jus atau Ayam Terbang adalah tradisi masyarakat yang tinggal di Kawasan Wisata Bahari Pasir Putih, Desa/Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

kompetisi ayam Jus Diselenggarakan untuk melestarikan budaya masyarakat pesisir dengan menerbangkan ayam betina dari tengah laut atau 150 meter dari bibir pantai. Lomba ayam terbang ini merupakan bagian dari rangkaian lomba memancing yang menampilkan Bung Karna.

“Kompetisi jus-jus ayam ini merupakan pelestarian budaya yang ingin kita wujudkan menjadi rangkaian kegiatan penangkapan ikan bersama,” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi kepada wartawan di Situbondo, Minggu.

Menurutnya, tradisi adu ayam Jus harus dilestarikan dan dihidupkan kembali sebagai agenda tahunan pemerintah daerah untuk melestarikan budaya masyarakat di sekitar kawasan Wisata Bahari Pasir Putih.

Dengan adanya tradisi lomba jus-jus ayam ini, kata Bupati, tentunya akan menjadi salah satu daya tarik wisata bersama program wisata lainnya.

Faik, warga daerah Bungatan yang menjadi joki ayam Jus mengaku senang karena kompetisi ayam terbang kembali digelar di Pasir Putih karena kegiatan kompetisi vakum termasuk kompetisi ayam jus-jus telah diadakan selama ini.

 
Panitia Penyelenggara Lomba Getah Getah Ayam mengevakuasi ayam betina yang tidak bisa terbang ke daratan Wisata Bahari Pasir Putih, Situbondo, Minggu (31/7/2022) (ANTARA/Novi H)

“Dulu, sekitar lima tahun yang lalu, di Pasir Putih ada berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ada ayam nira, lomba perahu, layar layar dan lain-lain. Kegiatan tersebut sudah tidak ada sejak lima tahun lalu. waktu itu,” katanya.

Ia berharap tradisi Jus Jus Ayam tetap dilestarikan karena merupakan budaya kuno. Dikatakannya, Jus Ayam Jus juga akan dijadikan sesajen oleh Pick Laut. Namun, ayam kampung terbang jauh-jauh ke daratan.

“Inilah asal usul ayam Jus yang masih kontroversial hingga saat ini. Jadi tradisi ini harus dilestarikan,” ujarnya.

Puluhan peserta lomba ayam Jus Mereka yang sudah terlatih dilombakan dengan ayam jus. Ayam ini dilepas dari perahu sekitar 150 meter dari bibir pantai. Ayam yang bisa mencapai daratan terjauh akan menjadi pemenangnya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button