Tour Waduk Tempuran dengan peralatan pedal boat - WisataHits
Jawa Timur

Tour Waduk Tempuran dengan peralatan pedal boat

Daya tarik wisata Waduk Tempuran di Desa Tempuran Kota Blora kini semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas sepeda air. Fasilitas ITS Surabaya ini diberikan kepada Bupati H. Arief Rohman, SIP., M.Si. serahkan.

Serah terima dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, Dr. Ing Trika Pitana, ST, M.Si., kepada Bupati di Dermaga Segoro Madu Waduk Tempuran. Tampak mendampingi Kepala Porabudpar dan Kepala Desa Tempuran.

Usai penandatanganan hibah sepeda air, dilakukan pengguntingan pita dan demonstrasi penggunaan sepeda air di waduk Tempuran dilakukan dengan demonstrasi. Yakni dua mahasiswa ITS asal Surabaya yang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran pekan lalu.

“Ada dua perahu pedal. Hal ini sebagai tindak lanjut dari permintaan Bupati kepada ITS untuk ikut memberikan dukungan pariwisata ke Desa Tempuran. Jadi mari kita membuat sepeda air. Awalnya kami ingin perahu, tapi belakangan perawatannya mahal, jadi kami mencari jalan tengah untuk sepeda air,” kata Dekan FTK yang juga alumni SMAN 1 Blora ini.

“Desain dan uji teknis disatukan oleh ITS, tetapi untuk bahan kami memproduksi dan merakitnya di Blora. Omong-omong, ada teman yang punya bengkel mesin di Blora, jadi itu juga buatan lokal Blora,” lanjutnya.

Untuk tahap awal ini, kapasitas sepeda air ini hanya bisa digunakan oleh penumpang dengan berat maksimal 55 kg.

“Mengenakan pelampung itu wajib dan tidak bisa dipakai sendiri. Hanya satu orang satu sepeda. Bisa juga untuk olahraga karena dioperasikan secara manual dengan memutar pedal kaki, seperti mengendarai sepeda di darat,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman menyampaikan terima kasih kepada ITS yang telah memberikan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tempuran.

“Terima kasih Pak Dean, dan tim. Ini merupakan kelanjutan kerjasama antara Pemkab Blora dengan ITS Surabaya yang telah kami sepakati bersama Rektor beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat untuk membantu pengembangan pariwisata di desa Tempuran, mari kita lakukan Dolan Tempuran,” kata bupati.

“Tidak hanya sepeda air, ITS rupanya juga melakukan pelatihan ecoprint, kemudian pelatihan membuat konten video promosi pariwisata dan pelatihan membuat desain kemasan produk UMKM. Terima kasih Pak Dekan sudah membantu membangun kampung halamannya,” lanjut Bupati.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini berharap kerjasama dengan ITS Surabaya ini tidak berhenti di Desa Tempuran.

“Ada 270 desa lain di Kabupaten Blora yang membutuhkan dukungan potensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Semoga ITS bisa menyentuh desa-desa lain ke depannya,” pungkas bupati.

Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama para pengguna sepeda air di dermaga Segoro Madu Waduk Tempuran. Turut hadir Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Kepala Dekranasda Hj. Ainia Sholichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI., Kepala Bappeda dan Kepala Desa Tempuran. (DINKOMINFO BLORA/prokompim).

Source: www.blorakab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button