Nikmati Wisata Waduk Tempuran Blora Lebih Asyik Dengan Sepeda Air - WisataHits
Jawa Tengah

Nikmati Wisata Waduk Tempuran Blora Lebih Asyik Dengan Sepeda Air

Sepeda air di Waduk Tempuran. (Staf Muriannews/Blora)

MURIANEWS, Blora – Semakin asyik menikmati keindahan alam Waduk Tempuran di Desa Tempuran, Kecamatan Kota Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kehadiran fasilitas sepeda air memungkinkan pengunjung untuk mengamati pemandangan waduk Tempuran lebih dekat.

Fasilitas tersebut dihadirkan oleh akademisi dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang sedang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran.

Baca: Dengan Penyakit Berat, Bocah Sembilan Tahun di Blora Terlihat Seperti Kulit dan Tulang

“Ada dua perahu pedal. Hal ini sebagai tindak lanjut dari permintaan Bupati kepada ITS untuk ikut memberikan dukungan pariwisata ke Desa Tempuran. Jadi mari kita membuat sepeda air. Tadinya kita mau perahu, tapi belakangan mahal perawatannya, jadi kita cari jalan tengahnya, (yaitu) sepeda air,” kata Dekan Fakultas Teknik Kelautan, Trika Pitana yang juga alumni SMAN 1 Blora, Rabu (3/8 2022).

Dijelaskannya, sepeda air ini dirancang dan diuji secara teknis oleh ITS, bahan dan proses perakitannya dilakukan di Blora.

Untuk tahap awal ini, kapasitas sepeda air ini hanya bisa digunakan oleh penumpang dengan berat maksimal 55 kg.

Kemudian pengguna harus memakai jaket pelampung dan sepeda hanya bisa digunakan sendiri.

“Hanya satu orang satu sepeda. Bisa juga untuk olahraga karena dioperasikan secara manual dengan memutar pedal kaki, seperti mengendarai sepeda di darat,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman mengucapkan terima kasih kepada ITS yang telah memberikan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tempuran.

“Ini merupakan kelanjutan dari kerjasama antara Pemkab Blora dengan ITS Surabaya yang telah kami tandatangani nota kesepahaman dengan Rektor beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat untuk membantu pengembangan pariwisata di desa Tempuran, mari kita lakukan Dolan Tempuran,” kata bupati.

Arief Rohman berharap kerjasama dengan ITS Surabaya ini tidak berakhir di Desa Tempuran.

“Ada 270 desa lain di Kabupaten Blora yang membutuhkan dukungan potensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Semoga ITS bisa menyentuh desa-desa lain ke depannya,” pungkas bupati.

Kontributor Blora
Penerbit: Zulkifli Fahmi

Source: www.murianews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button