Top 3 Techno: Komet dekat bumi K2 menjadi sorotan - WisataHits
Jawa Tengah

Top 3 Techno: Komet dekat bumi K2 menjadi sorotan

Liputan6.com, Jakarta – Fenomena luar angkasa langka, Komet K2 yang mendekati Bumi dan hanya terjadi setiap beberapa tahun atau dekade, menjadi sorotan pembaca saluran Tekno Liputan6.com kemarin, Senin (25/7.2022).

Kabar populer lainnya datang dari Apple Watch Pro yang dikabarkan akan hadir dengan desain yang serba baru.

Untuk lebih jelasnya, lihat tiga berita terpopuler di saluran Tekno Liputan6.com di bawah ini.

1. Fenomena luar angkasa yang langka Komet K2 melewati Bumi

Selain fenomena langit yang biasanya diamati setiap bulan, ada fenomena luar angkasa langka yang hanya muncul di langit setiap beberapa tahun atau dekade. Salah satu fenomena yang menarik dan langka adalah komet melintasi bumi.

FYI, komet adalah anggota tata surya yang, seperti bumi, juga mengorbit matahari. Sebuah komet baru saja melintasi bumi dalam perjalanannya dari luar ke tata surya bagian dalam.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Abdul Rachman, koordinator Pusat Manajemen Observatorium Nasional Kupang, mengatakan komet C/2017 K2 (PanSTARRS) atau dikenal sebagai K2 telah melintasi Bumi.

Mengutip informasi dari BRIN, Senin (25/7/2022), komet ini diyakini berasal dari tempat di bagian terluar Tata Surya yang disebut Awan Oort.

Inisial komet C menunjukkan tipe non-periodik. Sementara itu, angka tahun 2017 menunjukkan tahun ditemukannya komet. Sedangkan kombinasi huruf dan angka K2 menunjukkan urutan ditemukannya pada tahun 2017.

“Komet ini akan melintas pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada 13 Juli 2022, pada jarak yang sama dengan dua kali jarak Bumi-Matahari,” kata Abdul Rachmat.

Lebih lanjut Abdul menjelaskan, Komet K2 saat ini sedang menuju pendekatan terdekatnya dengan Matahari yang diperkirakan akan terjadi pada Desember 2022.

Baca selengkapnya di sini

* Fakta atau lelucon? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button