Top 10 Destinasi Wisata Jepara Paling Populer, Banyak Dikunjungi dan Instagramable - WisataHits
wisatahits

Top 10 Destinasi Wisata Jepara Paling Populer, Banyak Dikunjungi dan Instagramable

Top 10 Destinasi Wisata Jepara Paling Populer, Banyak Dikunjungi dan Instagramable

Destinasi wisata terpopuler di Jepara – The Beauty of Java adalah gelar yang disandang Jepara bukan tanpa alasan. Keindahan yang dimiliki salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Letaknya yang sangat strategis di antara perbatasan laut dan gunung menjadikan Jepara banyak objek wisata yang lengkap mulai dari wisata gunung, pantai, wisata bahari hingga wisata budaya yang selalu menjadi magnet bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Ada banyak tempat wisata populer di Jepara yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kawasan yang beberapa kali mendapatkan penghargaan Adipura ini.

Alam yang indah dan masyarakatnya yang ramah menjamin Anda betah berlibur panjang di Jepara.

10 Destinasi Wisata Jepara Paling Populer

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi tempat wisata di jepara terpopuler yang wajib anda kunjungi :

1. Pantai Gua Manik

Tempat Wisata Pantai Gua Manik JeparaTempat Wisata Pantai Gua Manik Jepara

Objek wisata Jepara yang paling populer pertama adalah Pantai Gua Manik atau Pantai Pecatu yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorejo Jepara. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik di Jepara yang lokasinya cukup tersembunyi.

Belakangan ini Pantai Gua Manik menjadi populer karena banyak pengunjung yang secara sukarela mempromosikan keindahan pantai ini melalui foto-foto yang mereka unggah ke Instagram. Salah satu kekhasan pantai ini selain keadaan alamnya yang selalu sangat indah dan terjaga adalah sunset dan sunrise yang sangat menakjubkan.

Dari pantai ini, Anda tinggal berjalan sedikit lagi untuk mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah Jepara yang paling terkenal yaitu Benteng Portugis.

Periksa juga: 17 kenangan khas Jepara

2. Benteng Portugis

Tempat Wisata Sejarah Benteng Portugis di JeparaTempat Wisata Sejarah Benteng Portugis di Jepara

Selain kaya akan keindahan alam, Jepara juga memiliki berbagai peninggalan sejarah yang bisa Anda kunjungi. Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis, di Donorejo ini cukup terkenal. Lokasinya berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya seperti Pulau Mandalika dan Pantai Benteng Portugis.

Benteng Portugis adalah bangunan bersejarah berusia berabad-abad. Benteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Di sini Anda akan menemukan banyak sekali keunikan baik dari segi arsitektur bangunan maupun unsur sejarah yang masih tersisa. Salah satunya adalah meriam kuno yang akan digunakan sebagai senjata untuk mempertahankan benteng ini dari serangan prajurit.

Untuk dapat masuk ke objek wisata Benteng Portugis ini anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500 per orang. Tempat ini terbuka untuk umum mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

3. Kepulauan Karimunjawa

Tempat Wisata di Karimunjawa JeparaTempat Wisata di Karimunjawa Jepara

Objek wisata terpopuler kedua di Jepara adalah Kepulauan Karimunjawa. Sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang terkenal, kepulauan karimunjawa memiliki lebih dari 90 jenis terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, mulai dari menyelam, snorkeling, hingga menjelajahi pulau-pulau indah tak berpenghuni di nusantara ini.

Di Kepulauan Karimun Jawa terdapat taman nasional yang menyimpan banyak kekayaan bawah laut yang bisa Anda jelajahi. Di dalamnya terdapat lebih dari 243 jenis ikan tropis berwarna-warni yang bisa Anda lihat dari atas perahu.

Jika menyelam lebih dalam, Anda akan melihat pemandangan terumbu karang dengan berbagai biota laut di sekitarnya. Dijamin perjalanan Anda ke Kepulauan Karimun Jawa akan menjadi pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan.

4. Pulau Mandalika

Perjalanan ke Pulau Mandalika, Jepara

Jepara memang terkenal dengan objek wisata bahari yang sangat beragam, salah satunya yang tidak boleh anda lewatkan ada di depan Pulau Mandalika. Pulau ini terletak di depan desa Ujung Watu, untuk mencapainya Anda harus menyeberang dengan perahu selama 30 menit.

Pemandangan yang paling memukau dari pulau ini adalah hamparan terumbu karang yang tersebar di sepanjang garis pantai, selain itu perairan di sekitar Pulau Mandalika juga dikenal cukup tenang dan jernih sehingga ideal untuk diving dan snorkeling.

5. Pantai Gelombang Mati Jepara

Pemandangan & Tengara di Pantai Ombak Mati di Jepara

Masih mengenai wisata laut, ada satu lagi tempat wisata populer di Jepara yang wajib Anda kunjungi, yaitu Pantai Ombak Mati yang terletak di desa Bondo, kecamatan Bangsri, Jepara.

Pantai ini cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu bersantai sambil menikmati keindahan alam Laut Jepara yang sangat indah. Suasana di pantai ini cukup tenang, dengan pantai yang luas dan ombak yang kecil.

6. Pulau Panjang

Long Island melalui DestinasianLong Island melalui Destinasian

Obyek wisata terpopuler kedua di Jepara adalah Pulau Panjang yang letaknya dekat dengan Pantai Kartini, mesin sudah tersedia di dermaga Pantai Kartini.

Pulau Panjang merupakan pulau kecil yang hanya memiliki luas total 19 hektar dengan kondisi alam yang sangat indah. Perairan dangkal di sekitar pulau ini juga menjadi rumah bagi ratusan biota laut untuk Anda nikmati.

Perairannya yang jernih sangat mendukung bagi Anda yang ingin snorkeling dan menyelam atau sekadar berenang di pinggir pulau. Untuk memasuki kawasan wisata Pulau Panjang ini Anda hanya membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000/orang.

7. Air Terjun Grinjingan Dowo

Air Terjun Grinjingan Dowo melalui YoutubeAir Terjun Grinjingan Dowo melalui Youtube

Selain berbagai objek wisata bahari, air terjun juga menjadi kekayaan alam yang dimiliki Jepara. Salah satu tempat wisata Jepara yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Grinjingan Dowo. Tempat wisata alam yang indah ini terletak di Desa Satutawu, Kecamatan Kembang, Jepara.

Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun untuk menemukannya tidak sulit, anda hanya perlu berkendara menuju desa Dutatawu kemudian menempuh jalan yang cukup terjal untuk sampai ke lokasi. Suasana alam di Air Terjun Grinjingan Dowo sangat tenang dan sunyi, namun udaranya sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

8. Taman Laut Kura-Kura

Kura Kura Ocean Park via Jepara.go.idKura Kura Ocean Park via Jepara.go.id

Bagi anda yang sedang berlibur ke Jepara bersama keluarga dan anak-anak anda wajib mengunjungi Turtle Ocean Park yang berada di kawasan wisata Pantai Kartini Jepara. Di sini Anda bisa menikmati berbagai wahana yang menegangkan, selain itu Kura-Kura Ocean Park juga menawarkan berbagai wahana yang memiliki nilai edukasi untuk buah hati Anda.

Berbagai wahana yang bisa Anda mainkan di Turtle Ocean Park antara lain Giant Chess, Monumen Kartini, Mini Spoor, Entertainment Stage, Wet Pool, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke arena wisata Turtle Ocean Park, Anda terlebih dahulu harus masuk ke kawasan Pantai Kartini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Setelah itu masuk lagi ke Turtle Ocean Park dengan membayar tiket Rp 18.000 per orang.

9. Pantai Bandengan

Pantai BandaPantai Banda

Tempat wisata di Jepara yang paling populer lainnya berupa wisata pantai yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Bandengan yang terletak di Desa Bandengan Jepara. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tirta Samudera yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Kabupaten Jepara.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir putih bersih dan perairan dangkal yang jernih. Anda juga bisa melihat-lihat perairan sekitar dengan menyewa perahu yang telah disediakan pihak pengelola. Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Bandengan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000

10. Museum R.A. Kartini

Museum R.A. Kartini via RembangFocus.blogspot.comMuseum R.A. Kartini via RembangFocus.blogspot.com

Objek wisata Jepara yang paling populer adalah Museum RA Kartini yang terletak di Jl Alun-alun No 1 Panggang Jepara. Di museum ini Anda bisa melihat berbagai koleksi benda bersejarah peninggalan Raden Ajeng Kartini.

Anda juga bisa melihat berbagai koleksi sejarah peninggalan budaya Jawa dari masa ke masa. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati wisata edukasi bertema sejarah di Jepara.

Museum R.A Kartini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Harga masuk dari hari Senin sampai Jumat adalah Rp 2.000/orang. Sedangkan di akhir pekan dikenakan biaya Rp 3.000/orang.

* * * * * *

Nah itulah sekilas tentang beberapa tempat wisata di Jepara yang paling populer yang wajib anda kunjungi. Selain tempat wisatanya yang bagus, Jepara juga memiliki berbagai makanan khas yang wajib dicoba seperti pindang serani, horok-horok dan coro terasi.

Dengan melakukan itu semua, Anda sudah resmi menjelajahi sebagian besar kekayaan Kabupaten Jepara. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Kunjungi juga: 18 air terjun di Jepara

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button