Tol ini bikin Jakarta-Bandung cuma 1 jam, cek rutenya - WisataHits
Jawa Barat

Tol ini bikin Jakarta-Bandung cuma 1 jam, cek rutenya

Jakarta, CNBC Indonesia – Proyek jalan tol Jakarta Selatan-Cikampek (Jepang) II menjadi sorotan dan saat ini sedang menunggu penyelesaian. Pasalnya, jalur utama Jakarta lewat Bandung ke Jawa Timur kerap macet.

Jalan tol yang dirancang sepanjang 62 km itu seharusnya bisa menghilangkan kemacetan yang terjadi di jalur Jakarta-Cikampek saat ini. Selain itu, tol ini dikatakan mampu mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi kurang dari 1 jam. Selain itu juga akan melengkapi akses yang sudah ada yaitu Tol Elevated Mohammed Bin Zayed dan sisi bawah yang sebelumnya ada.

“Ini pertemuan antara Jakarta dan Cipularang. Kecepatan maksimum yang direncanakan di sini adalah 80 km per jam, dan jaraknya 62 km. Jadi butuh waktu sekitar 45 menit untuk perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Lebih cepat,” kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan Bambang Sulistyo kepada CNBC Indonesia, Selasa (23/8/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Selain itu, jalan tol ini juga terhubung dengan jaringan jalan tol JORR 2 yaitu tol Cimanggis-Cibitung dan tol Purbaleunyi. Sehingga kendaraan yang datang ke Pondok Indah dari kawasan BSD tidak perlu lagi berbelok di pertigaan Cikunir tetapi bisa langsung menuju Jatiasih Bekasi hingga melewati kawasan Sadang Purwakarta.

Tol Japek II Selatan akan memiliki 7 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara dan GT Sadang.

Keberadaan Tol Japek II Selatan diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, menekan biaya logistik, meningkatkan daya saing produk dalam negeri, mendongkrak perekonomian, serta mengembangkan kawasan industri, pemukiman dan pariwisata di sepanjang jalan tol.

Pengembangan proyek ini memang sedang dipercepat, terutama untuk Paket 3 yang diharapkan bisa beroperasi penuh pada awal 2023. Sedangkan untuk paketnya dijadwalkan selesai pada tahun 2024 dan 2028.

Berikut rinciannya:

paket 1 dari Jati Asih-Setu Sta 0+00 hingga Sta 9+300 sepanjang 9,3 km yang meliputi wilayah perkotaan Bekasi dan Kabupaten Bogor, pembangunannya belum dimulai. Namun, progres pembebasan lahan sudah mencapai 3,61% dan dijadwalkan bisa beroperasi pada Januari 2028.

paket 2 dari Setu-Taman Mekar Sta 9+300 hingga 34 – 150 sepanjang 24,85 km yang meliputi wilayah Kabupaten Bekasi, pembangunannya belum dimulai. Namun progres pembebasan lahan sudah mencapai 54,63% dan dijadwalkan mulai beroperasi pada Januari 2024.

paket 3 dari Taman Mekar ke Sadang Sta 9+300 hingga 34+150 sepanjang 24,85km yang meliputi Kabupaten Karawang dan Purwakarta hampir selesai.

artikel berikutnya

Memeriksa! Ini rencana pemerintah jelang musim mudik

(dce)

Source: www.cnbcindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button