Kerkhof, lebih indah lagi wisata sejarah dengan kuliner malam di Garut - WisataHits
Jawa Barat

Kerkhof, lebih indah lagi wisata sejarah dengan kuliner malam di Garut

Kerkhof atau ditulis Kerkof berarti kuburan, berasal dari dua suku kata yaitu kerk yang berarti gereja dan hoff yang berarti pelataran. Sebab sebenarnya fungsi asli Kerkhof adalah kuburan atau kuburan.

Kerkhof berubah fungsi dari waktu ke waktu, mulai dari tempat pemakaman, arena pacuan kuda, dan sarana olah raga. FYI, Kerkhof tidak hanya di Garut saja, ada daerah lain seperti:

  • Cimahi, Jawa Barat.
  • Magelang, Jawa Tengah.
  • Kebumen, Jawa Tengah.

sibuk meskipun bukan akhir pekansibuk meskipun bukan akhir pekan

Saat ini, selain sebagai lapangan olah raga, Kerkhof Garut memiliki fungsi lain yang rencananya akan menjadi kawasan wisata kuliner nokturnal dengan hiburan.

Berikut ulasan Wisata Kuliner Malam Kerkhof Garut sebagai bahan referensi wisata kuliner dipinggir Pasar Ceplak Garut yang sudah lama berdiri.

Sejarah Kerkhof Garut

Sebelum membahas lebih jauh mengenai wisata kuliner malam di Kerkhof, ada baiknya Anda mengetahui sejarah singkat Kerkhof Garut.

Kerkhof Garut sudah ada sejak lama, mulai tahun 1923 dengan luas sekitar 2 hektar, yang berfungsi sebagai tempat pemakaman orang Belanda atau Eropa.

Kemudian, pada tahun 1981, Pemkab Garut ingin merelokasi ratusan jenazah ke TPU Santiong di Karangpavitan, Garut. Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk memindahkan makam tersebut.

Kisah sejarah Kerkhof Garut tidak berhenti disini, pada masa pemerintahan Bupati Hidayat, Kerkhof berubah menjadi lapangan pacuan kuda.

Pada tahun 2003 Kerkhof Garut berganti nama menjadi Sarana Olah Raga (SOR) Merdeka dan masih menjadi lapangan olah raga warga Garut hingga saat ini.

adegan hiburanadegan hiburan

Lokasi Kerkhof Garut

Lokasi Kerkhof Garut berada di dekat bundaran Kerkhof tepatnya di Jl. Merdeka, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jalan menuju Kerkhof Garut sangat mudah dilalui, baik roda dua maupun roda empat hingga ke tempat parkir.

Pengunjung juga bisa menggunakan jasa Angkutan Kota (Angkot). Hampir semua angkot di Garut melewati Kerkhof, kecuali angkot yang menuju Banyuresmi dan Leuwigoong.

Lokasi Lapangan Kerkhof Garut berada di dekat Bundaran Leuwidaun / Jayaraga dan sangat dekat dengan Alun-alun Kabupaten Garut.

Jam buka Kerkhof Garut

  • Jam buka Kerkhof Senin sampai Minggu
  • Jam buka Tur Kuliner Kerkhof adalah dari jam 3 sore hingga tengah malam

Gerbang masuk wisata kuliner KerkhofGerbang masuk wisata kuliner Kerkhof

Harga tiket masuk Kerkhof Garut

Saat memasuki kawasan Wisata Kuliner Kerkhof ini Anda hanya perlu membayar satu kali biaya parkir yaitu:

  • Rp 2.000 untuk sepeda motor
  • Rp 5.000 untuk mobil

lihat juga: de kebijaksanaan garut

Fasilitas Kerkhof Garut

Fasilitas di sekitar kawasan wisata kuliner Kerkhof antara lain:

  • parkir kendaraan,
  • ruang sholat
  • Toilet,
  • tempat bermain,
  • tempat foto,

fasilitas olahragafasilitas olahraga

Objek Wisata Garut Kerkhof

1. Tempat latihan di Garut

Sesuai fungsinya, Lapangan SOR Merdeka atau Kerkhof merupakan tempat olahraga populer di Garut yang setiap harinya sering dikunjungi oleh para pecinta olahraga dan sering digunakan oleh beberapa sekolah sebagai tempat penjurian ujian mata pelajaran olahraga.

Selain itu fasilitas olahraga yang ada bisa dibilang lengkap, mis. B. Area untuk panahan, lapangan basket, lapangan voli dan sepak bola.

Jika Anda datang pada hari Minggu keadaan akan sedikit berubah, di beberapa tempat akan penuh dengan pedagang yang menjajakan dagangannya. Seperti makanan, pakaian, aksesoris hingga hewan peliharaan. Bahkan ada beberapa permainan anak berbayar, seperti mewarnai dan bermain mobil-mobilan.

perjalanan kulinerperjalanan kuliner

Baca juga: Pantai di Garut Menakjubkan

2. Wisata Kuliner Malam di Garut

Kuliner saat ini menjadi pilihan wisata, di samping wisata alam dan wisata sejarah. Tempat makan dan nongkrong selalu ramai pengunjung, terutama di malam hari.

Kerkhof Garut saat ini berubah menjadi tempat wisata kuliner di malam hari yang selalu dipadati pengunjung tidak hanya pada malam minggu saja, namun terlebih pengunjung dihibur dengan live music setiap malamnya.

Makanan dan minumannya banyak dan bervariasi, mulai dari cemilan manis sampai gurih, dari masakan Eropa sampai Jepang, dari cari minuman manis sampai kopi.

Pokoknya komplit banget, pas kesana kita coba pesen cumi bakar saus taichan sama nasi goreng gila. Rasanya enak banget tapi harganya ramah kantong.

menu pertama yang kita pilihmenu pertama yang kita pilih

lihat juga: Kawah di Garut

Untuk cumi sendiri harganya bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 tergantung mau ukuran kecil atau besar. Harga nasi gorengnya Rp 15.000 per porsi.

Tempat duduknya cukup banyak, jika hujan tidak perlu khawatir kehujanan karena crew wisata malam kuliner Kerkhof sudah menyediakan payung besar untuk dipasang saat cuaca mulai gerimis.

Ada juga wahana mainan anak berupa rumah balon yang terletak di depan pintu masuk. Agar anak tidak bosan sebelum makanan yang dipesan datang. Game drive dibebankan secara terpisah.

Selain sebagai tempat berkumpul dan berburu kuliner di malam hari, kawasan kuliner malam Kerkhof juga menawarkan spot foto romantis berhiaskan lampu taman yang rindang.

Tempat untuk mengambil fototempat untuk mengambil foto

Menyimpulkan

Wisata Kuliner Malam Kerkhof bisa menjadi referensi wisata kuliner di Garut, apalagi buka hingga tengah malam….

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button