Tokoh inspiratif dr. dr Terawan Agus Putranto, penantang GPPMP Award 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Tokoh inspiratif dr. dr Terawan Agus Putranto, penantang GPPMP Award 2022

ASKARA – Organisasi kemasyarakatan berbasis perjuangan, Gerakan Suksesi Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946 (GPPMP), kembali menggelar penghargaan bagi sejumlah tokoh di tanah air. Kali ini hadiahnya bernama GPPMP Award III Tokoh Inspiratif Merah Putih 2022.

Sebanyak 25 nama dari berbagai kalangan tampil sebagai calon penerima penghargaan. Tiga di antaranya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Nama Ketua MPR Bambang Soesatyo muncul dari parlemen. Dari pemerintah pusat, bersama Prabowo, muncul nama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Menteri BUMN Erick Tohir. Ada pula nama Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migram Indonesia (BP2MI), Benny Ramdhani, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Petrus Golose.

Dari pemerintah daerah, selain Olly Dondokambey dan Gibran Rakabuming Raka, ada nama Isran Noor (Gubernur Kalimantan Timur), Lukas Enembe (Gubernur Papua), Joune Ganda (Bupati Minahasa Utara, Sulawesi Utara) dan Ahmad Riza Patria. (Wakil Gubernur DKI Jakarta) .

Kandidat lainnya termasuk mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter F. Gontha, Presiden dan Direktur Freeport Indonesia, Tonny Wenas, pengusaha Bali dan pengrajin perak Lenny Hartono, dan peneliti senior Tri Mumpuni.

Nama Penny Iriana Marsetio yang dikenal gigih memperjuangkan Kolintang Goes to Unesco juga masuk dalam daftar calon, bersama Raja Tolitoli, M. Saleh Bantilan, pendiri Bukalapak, Achmad Zaky, penyanyi muda Stephanie Poetri, atlet bulu tangkis Greisye Polii & Apriani Rahayu dan grup musik fenomenal Weird Genius mendunia lewat lagu “Lathi”.

Ketua Umum DPP GPPMP Jeffrey Rawis mengatakan dalam siaran pers tanggal 3 September 2022 di Jakarta bahwa calon penerima GPPMP Award III ditinjau berdasarkan masukan dari kader GPPMP di seluruh Indonesia kemudian diseleksi oleh panitia internal DPP GPPMP.

“Para calon itu diikuti sekitar lima tahun setelah GPPMP Award II 2017 digelar,” ujar jurnalis senior yang juga aktif di berbagai organisasi tersebut.

Ia menjelaskan, penetapan nama-nama calon tersebut berdasarkan kriteria evaluasi yang ditetapkan panitia seleksi. Kriteria tersebut antara lain adalah seorang calon adalah seseorang atau sekelompok orang yang telah mencapai prestasi di bidangnya, yang prestasinya menginspirasi anak-anak sesama warga negaranya untuk menegaskan diri dan membela diri di dalam dan luar negeri, dan “Merah Putih” untuk dibanggakan. .

“Kami akan mengumumkan nama-nama nominasi dan kemudian mengkonfirmasi kesediaan mereka untuk menerima penghargaan. Sekitar seminggu sebelum hari penghargaan, kami akan mengumumkan daftar final penerima GPPMP Prize 2022 III,” tambah Tedy A. Matheos, Sekretaris Jenderal GPPMP.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Kerja GPPMP Award III Herling Tumbel mengumumkan jadwal penganugerahan pada Sabtu, 10 September 2022 di salah satu hotel bintang lima di Jakarta.

“Sebetulnya jadwal penganugerahan Hadiah GPPMP III pada Agustus 2022, untuk lebih menyelaraskan dengan semangat GPPMP sebagai organisasi perjuangan yang mencintai kemerdekaan, namun karena jadwal tersebut ternyata bentrok dengan kegiatan GPPMP lainnya, tanpa mengurangi Pentingnya penghargaan, kita tunda sedikit programnya hingga September,” kata Herling yang menjabat sebagai wakil ketua di DPP GPPMP.

Vera Sanger, Kabag Kerjasama Operasional dan Penyelenggara Acara DPP GPPMP, menambahkan: “Acara kami dikemas dalam ‘gala dinner’ dengan hiburan musik, dan yang terpenting, kami menggarisbawahi pentingnya penghargaan itu sendiri.”

Ada sejumlah tokoh penting di balik kegiatan ini sebagai konsultan. Ini termasuk dr. Theo L. Sambuaga, Dr. Rustam Effendi, Hashim Djojohadikusumo, Letjen (Purn) EE Mangindaan, Letjen (Purn) Suaedy Marasabessy, Inspektur Jenderal (Purn) Dr. Ronny F. Sompie SH, MH, Mayor Jenderal, Chris Kanter dan Dr. Hilmar Farid.

Penghargaan GPPMP pertama berlangsung pada tahun 2015 dan dilanjutkan pada tahun 2017. Di penghujung tahun 2019, GPPMP Award III yang semula seharusnya diberikan, namun tidak terlaksana karena Covid-19 sudah mulai membayangi Indonesia. “Kemudian kami tunda pelaksanaannya tanpa batas waktu hingga akhirnya kami putuskan untuk menggelarnya pada tahun 2022,” jelas Jeffrey Rawis.

Beberapa penerima GPPMP Award I dan II antara lain Dr. Soni Sumarsono, MDM (Direktur Jenderal Otonomi Kementerian Dalam Negeri, Pj Gubernur Sulawesi Utara, Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Gubernur Sulawesi Selatan), Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH (sewaktu menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia), Drs Max Ruland Boseke, MM, M.Si (Sestama Basarnas), Mieke Turang, M.Si (Wakil Kepala dari BKKBN) dan Ventje Rumangkang (pendiri Partai Demokrat, pengusaha).

Berikut nominasi Tokoh Inspiratif GPPMP AWARD III Merah Putih 2022:

1. Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan Republik Indonesia, kecintaannya pada Merah-Putih tidak perlu diragukan lagi)

2. Bambang Soesatyo, SE (Ketua MPR, Ketum IMI, memperebutkan MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, NTB)

3. Sri Mulyani (Menkeu, mentri banyak prestasi, membanggakan merah putih di kancah internasional)

4. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, S.IP (Kepala Staf Kepresidenan, Mengamankan “Anggaran” Lembaga Kepresidenan)

5. Erick Tohir (Menteri BUMN yang menonjolkan BUMN Indonesia dan berdaya saing internasional)

6. Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, nama bangsa di dunia Internasional)

7. Benny Ramdhani (Kepala BP2MI menjadikan BP2MI sebagai garda terdepan untuk melindungi dan membela hak-hak TKI di luar negeri)

8. Komjenpol Dr. dr Petrus Golose, MM (Kepala BNN, Lindungi Indonesia dari Pemusnahan Penyalahgunaan Narkoba)

9. dr Ir H Isran Noor, M.Si (Gubernur Kaltim mendukung penuh pengembangan IKN baru, Nusantara, Provinsi Kaltim)

10. Olly Dondokambey, SE (Gubernur Sulut, Bangun Sulut Agung, Jaga Kerukunan Umat Beragama di Sulut)

11. Lukas Enembe, S.IP, MH (Gubernur Papua, Jauhkan Merah Putih Papua dari Intervensi KTB)

12. Joune JE Ganda, SE (Bupati Minahasa Utara, Minut “Pilot City” Go Green, Likupang, Destinasi Wisata Prioritas Utama di Indonesia)

13.Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SpRad (mantan Menteri Kesehatan, penemu terapi cuci otak DSA dan vaksin Nusantara)

14. Ahmad Riza Patria (Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Umum DPP Garda Merah Putih)

15. Gibran Rakabuming Raka (Walikota Solo, sebelumnya pengusaha katering, martabak kuliner “Markobar” dan pencari kerja online, berhasil memperkenalkan batik di Prancis)

16. Peter F. Gontha (mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, pengusaha dengan banyak prestasi dalam kiprahnya di dunia internasional)

17. Tonny Wenas (Presiden Direktur Freeport, warga negara Indonesia di tengah gejolak bisnis global)

18. Lenny Hartono (pengusaha dan pengrajin perak kualitas ekspor Bali, perancang busana)

19. Tri Mumpuni (perempuan berprestasi internasional, perempuan listrik membantu desa-desa terpencil di Indonesia melalui PLTMh)

20. Penny Iriana Marsetio (Presiden DPP Pinkan Indonesia, menggagas Kolintang Goes to Unesco)

21.Dr. (hc) HM Saleh Bantilan, SH, MH (mantan Bupati Tolitoli 2 periode Raja Tolitoli membangun objek wisata religi di pantai Taragusung, Tolitoli, Sulawesi Tengah)

22. Achmad Zaky (Pendiri Bukalapak yang sukses mengelola bisnis belanja online Bukalapak, dimulai dengan modal kecil, dengan perkembangan yang fantastis)

23. Stephanie Poetri (putri Titi DJ, bekerja sama dengan anggota boy band Korea Selatan GOT7, Jackson Wang, merilis lagu “I Love You 3000” melalui YouTube ke pasar internasional)

24. Greisye Polii & Apriani Rahayu (Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2021 di Bulu Tangkis)

25. Strange Genius: Reza Oktovian, Eka Gustiwana, Gerald Liu (musisi dunia dan pencipta lagu “Lathi”).

Editor: Theo DEY

Source: www.askara.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button