Semakin banyak kendaraan perlu menambah lajur di Pansela Line di Purworejo - WisataHits
Yogyakarta

Semakin banyak kendaraan perlu menambah lajur di Pansela Line di Purworejo

Harianjogja.comPURWOREJO—Pemerintah Kabupaten Purworejo berharap Jalan Lintas Selatan (JJLS) tetap ada jalur ganda dan jalur ganda dengan median di kawasan Purworejo karena pembebasan lahan sudah lama tertunda.

Sekretaris DPPR Kabupaten Purworejo Dwi Astuti mengatakan, jalur Pansela membentang dari Jembatan Congot di sisi timur berbatasan dengan Kulonprogo hingga Jembatan Wawar di sisi barat berbatasan dengan Kebumen dan panjangnya kurang lebih 23,89 km.

“Kondisi jalur Pansela di kawasan Purworejo saat ini dalam keadaan stabil,” kata Dwi saat menerima tim eksplorasi Pansela “Membangun Ekonomi Pantai Selatan Jawa” di Purworejo, Rabu (20/7/2022). .

Ia menyebutkan, jalur dari Jembatan Congot sepanjang 5,54 km ini merupakan jalan dua lajur dan dua lajur serta dipisahkan oleh median jalan. Lebar tiap lajur adalah 7 meter dan lebar tengah adalah 2 meter. Selain itu, sepanjang 4,32 km merupakan jalan satu lajur dua lajur dengan permukaan aspal 7,5 meter.

Baca juga: Jelajah Jalur Pansela, Tim Harian Jogja Kaji Destinasi Wisata dan Potensi Ekonomi Baru

Jembatan Wawar pada km 14.03 merupakan jalur tunggal jalur ganda dengan lebar aspal 6,5 meter. “Kami berharap pembangunan jalan dua lajur dan dua lajur dengan median jalan terus berlanjut karena pembebasan lahan sudah lama selesai,” katanya.

Menurut Dwi, restoran, SPBU, dan rest area bermunculan di sepanjang jalur tersebut. Pemerintah Kabupaten menyadari keberadaan Jalur Pansela turut berperan dalam kelancaran distribusi barang dan orang, apalagi dengan beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang sangat dekat dengan sisi timur jalur tersebut, mengurangi beban lalu lintas yang akan terjadi. di Jalan Nasional Karangnongko menuju Prembun.

“Dengan semakin banyaknya kendaraan yang melintasi jalur Pansela, saat ini kami melihat perlunya penambahan lampu lalu lintas dan penerangan jalan,” tambahnya.

Wawancara ini merupakan bagian dari Program Eksplorasi Jalur Pansela: Membangun Perekonomian Pesisir Selatan Jawa yang dilakukan oleh Harian Jogja bekerjasama dengan Pertamina Patra Niaga dan Bank BPD DIY.

Dalam program ini, Tim Harian Jogja menjelajahi dan merekam setiap bagian pantai selatan Jawa mulai dari Kebumen, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul hingga Wonogiri. Jelajah Pansela dimulai pada Selasa (19/7/2022) dan berakhir pada Jumat (22/7/2022) di Wonogiri.

Source: news.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button