TNI AL mengubah Rumah Pahlawan Yos Sudarso Salatiga menjadi wisata edukasi - WisataHits
Jawa Tengah

TNI AL mengubah Rumah Pahlawan Yos Sudarso Salatiga menjadi wisata edukasi

SALATIGA, Lingkarjateng.id – TNI AL berencana membeli rumah warisan pahlawan nasional Yos Sudarso di Gladakan, Salatiga. Demikian disampaikan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Hariyono Masturi, saat audiensi dengan Pj Walikota Salatiga Sinoeng N. Rachmadi pada Senin, 1 Agustus 2022 di kantor Walikota Salatiga.

Tujuan membeli rumah Yos Sudarso, kata dia, adalah sebagai tempat pendidikan sejarah bagi generasi mendatang. Setelah dibeli, rumah tersebut akan diserahkan kepada Pemkot Salatiga.

Selain program beli rumah Yos Sudarso, Danlanal Semarang juga mengatakan pihaknya siap merayakan HUT RI ke-77 di kota Salatiga.

Soal permohonan tank angkatan laut, pihaknya mengatakan sudah disetujui dan baru sebatas relokasi. Sementara itu, permintaan dukungan pesawat TNI AL masih dalam proses.

“Pengiriman dijadwalkan pada waktu yang sama. Selain itu, rumah Yos Sudarso akan dibeli oleh TNI Angkatan Laut (AL) kemudian diserahkan pengelolaannya kepada Pemkot Salatiga sebagai wisata edukasi dan sejarah,” kata Kolonel Marinir Hariyono Masturi.

Pj Walikota Salatiga Sinoeng N. Rachmadi mendukung rencana TNI AL pada kesempatan tersebut.

“Saya berterima kasih atas program dan dukungan TNI-AL untuk Kota Salatiga,” kata Pj Walikota.

Kota Salatiga, Jawa Tengah dikenal sebagai tempat kelahiran dan tempat asal pahlawan nasional Yos Sudarso yang gugur dalam pertempuran laut. (Jaringan Lingkar | Unggul Priambodo – Alquran Lingkar)

Source: lingkarjateng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button