Permintaan Unik Gimbal Dieng ke Ganjar Pranowo, Kulkas, dan Motor Listrik: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Permintaan Unik Gimbal Dieng ke Ganjar Pranowo, Kulkas, dan Motor Listrik: Okezone Travel

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akan menggelar karnaval budaya dan prosesi pemotongan rambut gimbal di kompleks Candi Arjuna di kawasan wisata Dieng pada Sabtu, 3 September 2022. Ritual ini merupakan rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) 2022. .

Ganjar terlihat menunggang kuda dan memimpin prosesi budaya dari kantor kepala desa Dieng Kulon menuju gerbang masuk Candi Arjuna. Warga terlihat berkumpul sembari mengabadikan momen Ganjar dengan kamera ponsel.

Sesampainya di kompleks candi Arjuna, Ganjar bergegas menuju tempat potong rambut gimbal yang dikenal unik dan khas Dieng.

Hadiah potong rambut Dieng Dreadlocks

(Foto: IG/@ganjar_pranowo)

Ada berbagai keinginan yang harus dipenuhi oleh anak berambut gimbal. Keinginannya begitu unik sehingga membuat Ganjar tertawa.

“Kami mengadakan prosesi potong rambut untuk 15 anak berambut gimbal di kompleks Candi Arjuna Dieng. Mereka adalah anak-anak istimewa dan kami telah mengakomodasi keinginan mereka. Tahun ini ada yang minta mandi salju, ada yang minta kulkas, motor listrik dan bebek, dll,” Ganjar menulis di akun Twitter-nya: @ganjarpranowo.

Ritual potong rambut anak gimbal sudah menjadi warisan turun temurun dan dipandang sebagai upaya menghindari segala bencana.

Selain keindahan alam dan latar belakang sejarah di Dieng, prosesi rambut anak gimbal juga menjadi atraksi budaya.

“Tradisi potong rambut gimbal ini merupakan bagian dari rangkaian festival budaya Dieng yang telah kami selenggarakan selama bertahun-tahun. Setelah melalui beberapa proses ritual, prosesi potong rambut gimbal pun dilakukan.” tutup ganjar.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button