Hujan disertai angin kencang melanda 13 kabupaten di Sragen, 20 rumah rusak - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Hujan disertai angin kencang melanda 13 kabupaten di Sragen, 20 rumah rusak – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Dua petugas SAR dan BPBD Sragen menebang pohon tumbang di seberang jalan di Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen pada Sabtu malam (10/8/2022). (Khusus/BPBD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Hujan disertai angin topan melanda 13 kecamatan di Sragen pada Sabtu sore (10/8/2022). Akibatnya, satu rumah roboh, 19 rumah rusak, dan 61 pohon tumbang. Kerugian tidak dapat diperkirakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen Agus Cahyono mengatakan penanganan dampak akibat angin kencang dilakukan oleh tim gabungan. Cari dan selamatkan (SAR) seluruh Kabupaten Sragen sampai dengan pukul 23.59 WIB.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Agus menjelaskan, dampak angin kencang tersebut mengakibatkan 61 pohon tumbang, 13 rumah rusak ringan, dapur rusak, enam rumah tertimpa pohon, satu rumah tertimpa dahan dan satu unit rumah roboh.

“Kejadian hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang terjadi secara berurutan dari pukul 13.00 WIB hingga sore hari. Akibatnya, banyak pohon tumbang. Peristiwa di Sragen Kota terjadi pada pukul 16.30 WIB. Di Kota Sragen saja, 22 pohon tumbang, dua pohon tumbang di dua rumah dan satu kandang ternak tertimpa kayu gelondongan,” kata Agus.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini, 9 Oktober 2022, Dibayangi Hujan

Puluhan pohon tumbang di kawasan Kota Sragen berada di Jalan Sukowati depan Roti Pojok, Jalan Diponegoro dekat Jembatan Teguhan, Jalan Sukowati depan Panti Raharjo, depan pedagang Nusantara Sakti dan depan Rumah Makan Bu Djar, dan dekat RM Rosojoyo 2, Tegrat, ada tiga pohon tumbang.

Pohon tumbang juga ditemukan di sebelah timur Pemda Sragen, dekat Makam Manding, di Ngonce Karangtengah, sebatang pohon tumbang di kandang ternak, sebelah selatan Pasar Bunder, Departemen Optik Aini, di depan SDN 4 Sragen terdapat dua unit Pohon Tumbang , Kedungupit, Tangkil, Timur Makam SI, Jl. . Urip Sumoharjo, di belakang Rumdin Bupati, serta dua rumah yang tertimpa pohon di Mojomulyo RT 001/RW 008 dan Mojomulyo RT 003/RW 009, Sragen Wetan.

“Kejadian yang sama juga terjadi di Kecamatan Ngrampal, Karangmalang, Sambirejo, Gondang, Kedawung, Plupuh, Gemolong, Kalijambe, Masaran, Sidoharjo, Miri dan Gesi. Kerugian tidak bisa dihitung,” kata Agus.

Baca Juga: Pemkab Sragen Alokasikan Rp 3 Miliar Untuk Pengentasan Kemiskinan Di 2 Desa Ini

Berikut dampak angin kencang di 13 kecamatan di Kabupaten Sragen

No Kecamatan Pohon Tumbang Rusak Rumah Deskripsi

1 Kota Sragen 22 lantai 2 unit rumah tertimpa pohon

2 goresan 2 batang 0 unit –

3 Karangmalang 7 lantai 1 unit rumah tertimpa pohon

4 Sambirejo 2 lantai 2 unit Rumah tertimpa pohon

5 gondang 5 batang 0 unit –

6 Kedawung 5 batang 7 buah rusak ringan 6 buah, dapur rusak 1 buah

7 bajak 11 batang 0 buah –

8 Gemolong 0 Sumpit 1 unit Runtuh di Dukuh Garas Lor, Brangkal

9 Kalijambe 1 batang 0 unit –

10 Masaran 2 lantai 1 unit Rumah tertimpa pohon

11 Sidoharjo 4 batang 0 pcs. –

12 Miri 1 Tongkat 6 unit ubin rumah terbang

13 gesi 1 bar 0 unit –

Sebanyak 61 batang 20 unit

Sumber: BPBD Sragen. (melalui)

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button