Tips sederhana membuat Nasi Buk Malang enak di rumah - WisataHits
Jawa Timur

Tips sederhana membuat Nasi Buk Malang enak di rumah

Resep ini hanya menjelaskan lauk utama nasi buk seperti lodeh rebung, dendeng, empal goreng, dan kerupuk paru.

Pertama, cara membuat lodeh rebung.

– 100 gram daging cincang dipotong kecil-kecil.

– 300ml air.

– Rebus 400 gram rebung yang diiris tipis, pisang raja yang dibelah dua, 10 buah cabai rawit, 300 ml air, 250 ml santan kental yang terbuat dari 300 gram kelapa parut dan lima sendok makan (sdm) di dalamnya. minyak goreng.

Siapkan juga bumbu yang akan dihaluskan. Yakni, bawang putih empat siung, bawang merah tujuh, ketumbar satu sendok, kencur dua inci, kunyit dua inci, dua cabai merah besar, empat kemiri, dan satu sendok teh (sdt) terasi.

Jangan lupa bumbu pelengkapnya, terdiri dari dua lembar daun salam, dua inci lengkuas yang dihaluskan, satu sendok makan gula pasir, dan satu sendok teh garam.

Setelah bumbu tersedia, rebung dapat diolah. Masak daging sampai empuk untuk pertama kalinya. Tumis bumbu halus hingga harum.

Tambahkan rebung, petai, cabai rawit, dan bumbu pelengkap lalu aduk hingga rata. Tuang tumisan ke dalam gulai daging sapi, aduk.

Tuang santan, aduk dan masak hingga mendidih. Siap dihidangkan.

Untuk bahan dendeng ragi, siapkan 150 gram dendeng sapi, potong-potong lebar, 200 gram kelapa setengah matang, parut memanjang, dua lembar daun salam, 400 ml air dingin, dan tiga sendok makan minyak goreng.

Kemudian bumbu yang dihaluskan adalah bawang merah lima, bawang putih tiga siung, sdt ketumbar, satu sdt lengkuas parut, dua inci kunyit, tiga sendok makan air asam jawa, satu cabai merah, dua sendok teh gula aren, dan satu sendok teh garam.

Proses pertama dendeng ragi, masak daging dengan api sedang. Masukkan bumbu halus, masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Angkat, pukul beberapa kali tapi jangan dihancurkan. Kemudian goreng daging dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Untuk menyajikan empal goreng, Anda membutuhkan 400 gram daging gandik, dipotong menjadi lima bagian melintang, 700 ml air dan 400 ml minyak goreng.

Siapkan bumbu yang dihaluskan dengan lima siung bawang putih, satu sendok makan daun ketumbar, satu sendok teh gula merah, tiga sendok makan air asam jawa, dan dua sendok teh garam.

Ketiga, siapkan bahan-bahan kerupuk paru, paru sapi sebanyak 250 gram, nasi putih panas 200 gram lalu dihaluskan, air 700 ml dan minyak goreng 500 ml.

Kemudian tambahkan bumbu halus, empat siung bawang putih, setengah sendok makan ketumbar dan satu sendok teh garam.

Sebelum menggoreng, rebus potongan paru bersama bumbu, masak hingga air habis, paru menjadi empuk dan bumbu meresap, tiriskan. Iris tipis paru-paru, lalu olesi kedua sisinya dengan nasi panas, goreng dengan api sedang hingga kering. Angkat dan siap disajikan.

Silakan coba resep ini. Lauk ini semakin nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal khas Madura. Dipadukan dengan sensasi lauk yang berbahan jeroan sapi tentunya. Ditemani segelas teh segar panas dan sejuknya suasana kota Malang.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button