Tips memulai perusahaan Jastip dan manfaatnya - WisataHits
Yogyakarta

Tips memulai perusahaan Jastip dan manfaatnya

jakarta

Jastip adalah bisnis potensial saat ini dan cukup menjanjikan. Bisnis ini cukup mudah dilakukan, namun butuh ketekunan jika ingin mengubahnya menjadi aliran pendapatan yang besar. Di bawah ini adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud jastip, beserta manfaat dan tipsnya untuk Anda mulai.

Apa itu Jastip?

Jastip adalah singkatan dari Service Delivery. Menurut laporan dari ocbcnisp.com, jastip adalah layanan pembelian barang untuk orang lain untuk mendapatkan keuntungan dari harga barang tersebut. Bagi orang yang menitipkan barang juga diuntungkan tidak harus ke tempat dan tidak harus membeli secara online dengan membayar ongkos kirim.

Biasanya Jastip ini merupakan pre-order dimana penyedia Jastip mempromosikan layanannya melalui media sosial, kemudian konsumen yang berminat membayar terlebih dahulu kemudian membelinya dari penyedia Jastip.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Keunggulan bisnis Jastip

Dari sedikit penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa bisnis Jastipp cukup mudah dijalankan, sehingga siapa saja bisa melakukannya. Berdasarkan buku My Passion, My Business karya Sani Hasanah, berikut beberapa manfaat menjalankan bisnis Jastip.

1. Tanpa modal

Bisa dikatakan menjalankan bisnis jastip ini tidak membutuhkan modal apapun. Karena para pebisnis jastip biasanya hanya membeli barang setelah pembeli membayar terlebih dahulu. Berbeda dengan toko online atau marketplace, penjual harus terlebih dahulu membeli barang hingga barang tersebut sampai di tangan pembeli. Setelah itu, penjual baru menerima uang.

2. Risiko minimal

Bisnis Jastip minim resiko. Alasan pertama, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembeli membayar terlebih dahulu sebelum vendor Jastip ini membeli barang.

Kedua, penyedia jastip hanya membeli barang dalam jumlah yang diminta. Tidak seperti toko online atau toko fisik, penjual biasanya menyimpan barang sedemikian rupa sehingga bisa rusak atau kadaluarsa.

Ketiga, vendor Jastip ini bisa langsung memverifikasi kualitas barang yang ditawarkan kepada pembeli, sehingga kemungkinan ditipu kecil.

Namun bukan tanpa risiko, jastip juga menyimpan risiko seperti kerusakan transportasi. Penyebabnya antara lain kecelakaan, pengemasan yang tidak aman, atau masalah dengan bagasi pesawat.

3. Kemenangan besar

Berbisnis tentunya untuk mencari keuntungan. Dengan Jastipp ini keuntungan bagi penyedia jasa bisa sangat besar. Vendor Jastip biasanya mendapatkan keuntungan dari pengaturan upah untuk layanan yang dibeli per item.

Biaya layanan ini tidak ditentukan tetapi diperkirakan antara Rp 5.000 dan Rp 25.000. Semakin banyak barang yang Anda beli, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Contoh: Dalam sebuah perjalanan, Anda menerima pesanan 20 item dengan nilai layanan 25.000 rupee per item, maka Anda mendapat untung 500.000 rupee. Belum lagi apakah Anda bisa mendapatkan diskon dari penjual.

4. Nikmati menjadi perusahaan

Jasa jastip ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sangat suka bepergian atau memiliki waktu luang. Pertama ketika mereka pergi ke suatu tempat hanya untuk bersenang-senang menawarkan barang kepada teman-teman mereka di media sosial. Tetapi ketika mereka merasakan manfaatnya, mereka mengubahnya menjadi bisnis.

Tips memulai bisnis Jastip

Sangat mudah untuk memulai bisnis Jastipp. Dirangkum dari buku My Passion, My Business dan ocbcnisp.com ada 9 tips untuk anda yang ingin memulai bisnis jastip.

1. Ketahui produk potensial

Tidak semua orang tertarik menggunakan jastip. Bahkan penggemar Jastip tidak membeli semua jenis produk. Jadi ketahuilah target pasar Anda dan produk mana yang menarik minat mereka.

2. Ambil foto yang menarik

Potret produk yang Anda jual semenarik mungkin dengan berbagai variasi. Namun, ingatlah bahwa foto tersebut tetap harus terlihat orisinal, agar pembeli Anda tidak terlalu berharap terlalu tinggi.

3. Tetapkan harga yang wajar

Sebelum menetapkan harga tetap, Anda perlu melihat jenis dan harga barang yang dijual serta target pasar Anda. Jika harga barang murah, maka jangan memasang tarif tinggi. Juga periksa dengan pembeli Anda untuk melihat apakah kelas menengah ke atas diperbolehkan untuk menaikkan tarif secara adil.

4. Pastikan produk memenuhi harapan

Jika Anda datang langsung ke lokasi, yakinkan diri Anda dengan kualitas, keaslian dan kondisinya. Lakukan pengepakan dengan baik terutama saat mengambil barang dari luar negeri, agar tidak terjadi kerusakan saat bepergian.

5. Buat akses ke penjual

Berkomunikasi dengan baik dengan penjual. Jika Anda sudah saling mengenal, akan lebih mudah bagi Anda untuk meminta diskon khusus. Meskipun penjualnya di luar negeri, Anda harus bisa berkomunikasi dalam bahasa mereka agar transaksi berjalan lebih lancar.

6. Hati-hati mencari acara potensial

Kenali berbagai acara yang bisa menarik minat pengguna jastip. Selain tempat wisata, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai event untuk menambah penghasilan. Misalnya, Serigala Jahat Besar atau Pameran Buku Internasional, yang kemungkinan besar akan diminati.

7. Tingkatkan iklan dan layanan

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu terus meningkatkan cara beriklan agar seefektif mungkin. Di sisi lain, Anda perlu meningkatkan layanan seperti B. Respon cepat, pengemasan barang baik.

8. Gunakan sumber daya

Gunakan berbagai sumber daya untuk mendukung bisnis Anda. Karena jastip adalah toko online, gunakan smartphone yang canggih, gunakan berbagai jenis media sosial dan manfaatkan berbagai promosi atau diskon dari aplikasi tertentu.

9. Belajar dari pesaing

Seperti bisnis apa pun, Anda perlu tahu siapa pesaing Anda. Segera perbaiki kekurangan Anda dan kembangkan bisnis Anda lebih baik dari pesaing.

Contoh bisnis Jastip

Berikut beberapa contoh Jastip dari luar negeri dan dari dalam negeri.

– Jastip dari luar negeri

Contoh jastip ini dikutip dari buku Berani Resign karya Aji Sukma dan Elisabeth Murni yaitu ketika kamu jalan-jalan ke Korea Selatan, kamu bisa mencari produk perawatan kulit, kosmetik, souvenir KPop atau kaos kaki lucu dan mengambil foto-foto menariknya.

Kemudian upload foto tersebut ke media sosial beserta harga barang, biaya jasa pengiriman, dan biaya pengiriman jika pembeli dari luar. Jika ada pembeli yang berminat silahkan transfer ke nomor rekening atau e-wallet anda. Tunggu batas waktu tertentu atau batas pekerjaan tertentu.

– Jastip dari dalam negeri

Seperti dikutip dari buku Moneypedia yang ditulis oleh John Afifi, contoh ini dibuat oleh seseorang dari Balikpapan bernama Lia yang sedang belajar di Yogyakarta. Ia menawarkan kue artis Jastip khusus untuk pembeli di wilayah Jawa Tengah.

Awalnya ia hanya menanggapi permintaan temannya yang menitipkan kue artis di tempat asalnya. Namun seiring berjalannya waktu, layanan ini berkembang menjadi sebuah bisnis. Itupun digunakan untuk pengiriman ke Jawa Timur.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu Jastip, manfaat dan tips memulainya. Mungkin berguna.

Simak langkah Anang Hermansyah Cs mempercantik video metaverse ASIX WORLD
[Gambas:Video 20detik]

(bai/baris)

Source: finance.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button