Tips bersepeda motor yang aman dan nyaman bersama anak - WisataHits
Yogyakarta

Tips bersepeda motor yang aman dan nyaman bersama anak

TEMPO.CO, jakarta – Sepeda motor telah menjadi alat transportasi yang praktis dan serbaguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama di ibukota yang sibuk. Maka dari itu, diperlukan tips bagaimana cara nyaman dan aman mengendarai sepeda motor bersama anak-anak

Sepeda motor matik serba guna Yamaha Gear 125 dimaksudkan untuk ramah anak karena memiliki pijakan kaki untuk anak kecil untuk memberikan kenyamanan dan keamanan.

Menurut Yamaha, motor 125cc ini menawarkan banyak ruang untuk menyimpan barang bawaan, mulai dari rak depan yang memiliki kapasitas lebih besar dan penutup sehingga lebih tenang saat menempatkan gigi kecil. Yamaha Gear 125 juga memiliki pengait ganda di bagian depan sepeda untuk memungkinkan pengendara membawa barang belanjaan, tas sekolah, atau helm cadangan.

Berikut tips berkendara motor bersama anak menurut instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) M. Arief:

1. Perlengkapan mengemudi
Tips pertama untuk berkendara adalah baik pengendara sepeda motor maupun anak-anak harus menggunakan perlengkapan penunjang keselamatan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana dan sepatu.

2. Pilih sepeda motor yang praktis dan aman untuk anak
Gunakan sepeda motor yang sesuai dengan tinggi pengendara, terutama yang tidak terlalu besar untuk digendong anak.

Saat diturunkan, anak sekolah kerap membawa banyak barang bawaan, seperti tas dan botol minum. Tip lain untuk sepeda motor adalah dengan menggunakan ruang penyimpanan yang tersedia. Akan lebih baik jika sepeda motor memiliki pijakan kaki untuk anak.

3. Posisi kursi anak
Sebaiknya Anda menunggangi anak di belakang, pastikan tangan anak dapat memegang pengemudi dengan kuat. Hal ini penting agar tidak mengganggu keseimbangan pengendara. Sabuk pengaman penumpang dapat ditambahkan.

4. Akselerasi, pengereman, dan kontrol kecepatan
Pengendara sepeda motor harus mengontrol akselerasi, mis. B. Akselerasi dan pengereman lebih halus. Pengendara juga harus menghindari kecepatan tinggi untuk menjaga kestabilan sepeda dan kenyamanan anak.

5. Atur waktu dan rute
Perlu juga mengatur waktu dan jarak saat berkendara, karena anak-anak memiliki ketahanan fisik yang berbeda dengan orang dewasa. Pilih rute jalan yang tidak digunakan kendaraan besar dan hindari jalan rusak.

Ini adalah tips bersepeda motor untuk membantu anak-anak merasa nyaman dan aman.

Membaca: Tips Berkendara, Cara menemukan sepeda motor yang tepat

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram GoOto.

Source: otomotif.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button