Tips agar Liburan Nataru lebih berkualitas dan Antibokek - WisataHits
Yogyakarta

Tips agar Liburan Nataru lebih berkualitas dan Antibokek

Kualitas liburan ditentukan oleh perencanaan keuangan dan pilihan tempat wisata

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Dosen Pariwisata Universitas Airlangga (Unair) M Nilzam Aly berbagi tips bagi masyarakat yang ingin menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) bersama keluarga dan orang tersayang. Nilzam menjelaskan, liburan yang berkualitas tidak bisa dilihat dari seberapa jauh tempat yang dikunjungi atau seberapa banyak uang yang dikeluarkan. Tapi apa arti momentum liburan yang didapat.

Mengingat pendeknya waktu liburan, Nilzam mengimbau masyarakat untuk menghabiskan liburan di tempat-tempat yang dekat dengan rumah atau aktivitas. mengunjungi. “Bisa membuat agenda khusus dibandingkan hari lainnya, seperti makan bersama, berkemah Bagaimanapun. Ini untuk mempererat keakraban dalam keluarga,” kata Nilzam, Senin (26/12/2022).

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga itu berpesan kepada keluarga yang hendak melakukan wisata untuk menjauhi kawasan yang sudah lama dianggap rujukan untuk menghindari keramaian. Menurutnya, destinasi wisata yang terlalu ramai akan menimbulkan ketidaknyamanan, terutama bagi anak-anak.

“Sehingga keluarga yang ingin berwisata bisa alternatif mengunjungi Ring 2 atau Ring 3. Misalnya di dekat Yogyakarta ada Magelang atau Gunung Kidul yang umumnya mudah diakses dan tingkat keramaiannya tidak sepadat di perkotaan. ” dia berkata.

Nilzam mengingatkan, meski aturan PPKM lebih longgar dibanding tahun lalu, masyarakat tetap perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku pada aturan perjalanan. Sejak pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang dan peraturan PPKM belum dicabut oleh pemerintah.

Nilzam juga mengingatkan masyarakat yang sedang berlibur untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan finansial. Menurutnya, jangan sampai pengeluaran yang besar pada liburan Natarus berujung pada kondisi keuangan yang tidak stabil di kemudian hari.

Dosen bisnis pariwisata itu mengatakan manufaktur rute atau rencana perjalanan pra-liburan dapat membuat liburan lebih terarah. “rute Daftar rencana perjalanan dan perkiraan biaya diperlukan. Desain ini memungkinkan penganggaran belanja yang lebih baik selama liburan,” kata Nilzam.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button