Tingkatkan Indeks Literasi Anak Usia Dini • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Tingkatkan Indeks Literasi Anak Usia Dini • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul terus berinovasi untuk mendorong gerakan literasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pendekatan wisata edukasi.

Kisworo, Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Kabupaten Gunungkidul, mengatakan tujuan menggenjot gerakan literasi kali ini menyasar kalangan usia pelajar. Bekerja sama dengan lembaga pendidikan, mereka mempromosikan minat membaca melalui program wisata pendidikan.

Mengunjungi perpustakaan bertujuan untuk mendorong anak-anak membaca. Menurutnya, Perpustakaan Gunungkidul membuka pintu bagi pengunjung sebanyak-banyaknya: “Baik untuk mahasiswa maupun untuk masyarakat umum. Ada banyak koleksi yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran perpustakaan,” ujarnya.

Konon konsep wisata edukasi ini dipimpin oleh sejumlah pustakawan, seperti Budi Wahyuni ​​(Pustakawan Ahli Madya) dan Purwati (Pustakawan Ahli Muda). Dimulai dengan orientasi perpustakaan dan pelatihan pengguna yaitu dengan memperkenalkan cara menjadi anggota perpustakaan: “Mencatat kehadiran dan meminjam serta mengembalikan buku. Selain itu, anak-anak juga dikenalkan dengan ruangan-ruangan yang ada di perpustakaan beserta fungsi dan kemungkinan kegunaannya,” ujarnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan (Diskdik) Kabupaten Gunungkidul itu juga mengatakan perpustakaan memiliki banyak koleksi buku bacaan. Selain buku cetak, terdapat koleksi hasil penelitian, koleksi batik, kerajinan tangan, dll, yang dapat dijadikan bahan referensi dalam pembelajaran.

Usai kegiatan orientasi di perpustakaan, anak-anak diajak menonton film pendidikan di perpustakaan yang memuat beberapa pesan moral. Perpustakaan Gunungkidul juga dilengkapi dengan taman bermain, baik indoor maupun outdoor,” ujarnya.

Sementara itu, Pustakawan Budi Wahyuni ​​menyambut baik program peningkatan literasi karena fungsi perpustakaan sebagai tempat belajar sekaligus tempat rekreasi bagi masyarakat berjalan dengan baik. (senjata/suara)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button