Tak hanya Masjid Al-Jabbar, inilah 8 masjid ikonik rancangan Ridwan Kamil - WisataHits
Jawa Barat

Tak hanya Masjid Al-Jabbar, inilah 8 masjid ikonik rancangan Ridwan Kamil

Tak hanya Masjid Al-Jabbar, inilah 8 masjid ikonik rancangan Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Usai diresmikan, Masjid Raya Al Jabbar menjadi viral. Ternyata masjid ikonik dan cantik ini bukan satu-satunya masjid yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Karena menurut Ridwan Kamil, masjid tersebut ia desain atas nama mendiang ayahnya.

“Almarhum ayah saya adalah seorang petugas masjid. Saya sering dibawa ke mesjid untuk membeli semen dan kayu. Dia kemudian menasihati saya untuk tidak pernah berhenti membangun masjid,” kata Ridwan Kamil, yang akrab disapa Emil, Rabu (4/1/2019). /2023).

foto

Sejumlah warga beraktivitas di pelataran Masjid Raya Al-Jabbar Gedebage, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Masjid Raya Al Jabbar yang baru saja diresmikan ini ramai dikunjungi pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Bandung. Republika/Abdan Syakura – (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Berikut sejumlah karya arsitektur masjid yang dirancang Emil di dalam dan luar negeri:

1. Masjid Asmaul Husna 99 Kubah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Masjid Asmaul Husna Kubah 99 yang berdiri di atas tanah reklamasi Pantai Losari, Makasar, merupakan masjid ikonik yang dirancang oleh Emil.

Kubah masjid ini megah dan tersusun hingga 99. Desain masjid berukuran 72 x 45 meter persegi ini memiliki lantai basement untuk penunjang kegiatan masjid seperti kantor yayasan, galeri Asmaul Husna dan tentunya tempat untuk kamar kecil dan toilet. toilet.

Lantai pertama digunakan sebagai mushola pria, halaman suci, toko buku dan pakaian muslim. Lantai dua (mezzanine) untuk area sholat wanita dan teras yang menghadap ke air.

Masjid ini diresmikan pada tahun 2022, luas keseluruhan masjid seluas 20.155 meter persegi, menggunakan marmer kualitas ekspor dengan kapasitas 13.075 jamaah dengan indikasi 3.880 jamaah di musala, 1.005 jamaah di mezzanine, dan halaman suci yang menampung 8.190 jemaah dapat merekam.

2. Masjid Jami’e Darussalam, Tanah Abang, Jakarta

Masjid ini dikenal sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang karena bentuknya yang tidak biasa berbentuk segitiga.

Bentuk segitiga menggambarkan keadaan dan cuaca Indonesia yang khas dengan iklim tropisnya.

Ruang utama masjid ini berada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding berhias kaligrafi.

Masjid Jami’ Darussalam yang diresmikan pada tahun 2015 dianggap sebagai eksperimen arsitektur dengan geometri segitiga sama sisi.

3. Masjid Syaikh ‘Ajlin, Gaza, Palestina

Desain masjid di Gaza ini mirip dengan PlayStation 5. Terdiri dari tiga badan bangunan yang berdiri berdampingan secara vertikal. Namun, bentuk bangunannya terinspirasi dari bambu runcing yang melambangkan keberanian dan semangat juang.

Keberadaan Masjid Syekh Ajilin menjadi hal yang sangat berharga bagi masyarakat Gaza. Setelah masjid sebelumnya dihancurkan oleh serangan tentara Israel pada tahun 2014.

Rancangan masjid yang dirancang khusus oleh Ridwan Kamil ini jatuh pada pilihan arsitektur masjid yang memadukan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam setelah diminta Aman Palestina Indonesia sejak menjabat Wali Kota Bandung.

4. Masjid Al-Azhar Summarecon Kota Bekasi

Bentuk masjid yang diresmikan pada tahun 2013 ini berbeda dengan masjid pada umumnya karena terinspirasi dari bangunan Ka’bah di Mekkah Baitullah.

Ridwan Kamil mendesain masjid ini menggunakan material dan desain yang ramah lingkungan.

Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3000 m2 dengan total luas bangunan 1320 m2, yang terdiri dari bangunan 2 lantai dengan 1 semi basement yang mampu menampung hingga 1200 jamaah dan juga dilengkapi dengan basement , yang memiliki concourse seluas 600 acre dan beberapa ruang acara.

Karena letaknya bersebelahan dengan Pesantren Al-Azhar, Masjid Raya ini juga dapat dijadikan sebagai laboratorium akhlak dan tempat pendidikan agama bagi setiap siswa.

5. Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat

Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah yang berbentuk kotak. Salah satu keistimewaan masjid ini yang bisa dilihat adalah dinding masjid.

Kisi-kisi pada dinding masjid ini terbuat dari batu bata berlubang yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.

Teknik ini membuat tubuh bangunan terlihat seperti seni kaligrafi tiga dimensi dengan format yang sangat besar. Selain itu, kisi-kisi berfungsi sebagai penerangan yang bergantian dan sangat artistik.

Pada siang hari, cahaya alami matahari menembus interior. Saat ini cahaya tampak seperti elemen digital yang membentuk dua syahadat.

Pada malam hari, cahaya akan bersinar dari dalam masjid, membentuk kaligrafi Syahadat yang bercahaya.

Arsitektur ini membawa penghargaan. Pada tahun 2010, National Frame Building Association memilih Masjid Al-Irsyad sebagai salah satu dari lima besar “Bangunan 2010” dalam kategori Arsitektur Religius.

Selain itu, konsep bangunan hijau masjid ini telah mendapatkan penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 dari Building Construction Information (BCI) Asia.

6. Masjid Al-Mutazam, Ciganitri, Kabupaten Bandung

Ridwan Kamil mendesain tidak hanya di kawasan terpadu dan berkapasitas besar, tapi juga Al Mutazam yang terletak di kawasan perumahan di Ciganitri, Kota Bandung, dengan desain bangunan berbentuk kubus.

Keunikan masjid yang diresmikan pada tahun 2017 ini terletak pada tembok yang terdapat tulisan Hamdalah yang membuat Masjid Al-Multazam semakin ikonik.

7. Masjid Al-Kamil, Jatigede, Sumedang

Masjid rancangan Ridwal Kamil yang sempat menyita perhatian netizen lainnya adalah Masjid Al-Kamil yang terletak di tepi Waduk Jatigede Sumedang.

Berbeda dengan masjid pada umumnya, Masjid Al-Kamil didesain menyerupai bunga teratai yang sedang mekar. Padahal, masjid biasanya memiliki bentuk kubah yang membulat.

Masjid ini menjadi ikon warga Sumedang dan menjadi daya tarik wisata bagi warga yang berwisata ke Waduk Jatigede.

8. Masjid Agung Seribu Bulan, Banyumas, Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas saat ini sedang membangun Masjid Raya Seribu Bulan di kawasan perkotaan baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Masjid yang akan menjadi masjid terbesar di Kabupaten Banyumas ini dirancang khusus oleh Ridwan Kamil, dengan ide yang terpancar dari Lailatul Qadar, malam diturunkannya Al Quran.

Masjid tersebut akan terdiri dari tiga bangunan. Setiap bangunan didesain menyerupai bulan sabit dalam jumlah yang banyak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button