Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa UTM melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di Wisata Pantai Biru Bangkalan - WisataHits
Jawa Timur

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa UTM melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di Wisata Pantai Biru Bangkalan

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa UTM melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di Wisata Pantai Biru Bangkalan

LIMADETIK.COM, BANGKALAN – Saat ini, mahasiswa tidak hanya harus berprestasi secara akademik, tetapi juga berkontribusi melalui kegiatan masyarakat. Salah satu bentuk pelibatan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) adalah melakukan aksi pelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon yang berlangsung pada Kamis, 29 Desember 2022 di Wisata Pantai Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Menurut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan, kondisi RTH di Kabupaten Bangkalan saat ini relatif rendah hanya 13,7 persen dan masih membutuhkan sekitar 16,3 persen lagi untuk melengkapi Ruang Terbuka Hijau (RTH).-Aim untuk mencapai sesuai dengan apa yang Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Kelompok 5 KKN Tematik UTM menggelar dan menekankan pentingnya menjaga lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon.

Pembimbing Lapangan (DPL), Choirul Umam S.TP, MT mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya menjalankan program kerja tetapi juga sebagai wujud kepedulian siswa akan pentingnya penghijauan bagi lingkungan.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa UTM melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di Wisata Pantai Biru BangkalanFOTO: Semangat mahasiswa UTM menanam pohon

“Dengan menanam pohon, lingkungan akan terlihat lebih asri. Yang tak kalah pentingnya, melalui gerakan penghijauan ini, kita telah turut menciptakan ruang hijau dan mengurangi dampak pemanasan global,” ujarnya kepada media, Rabu (1/4/2023).

Choirul mengatakan, kegiatan penghijauan dengan menanam pohon ditetapkan sebagai salah satu program kerja mahasiswa KKN tematik Kelompok 5 karena lahan hijau di Desa Telaga Biru hanya sedikit, khususnya di Kawasan Wisata Pantai Biru.

“Pemilihan kawasan Wisata Pantai Biru didasarkan pada potensi dimana tempat wisata merupakan tempat yang paling banyak mendapat perhatian masyarakat. Dengan ini, kami berharap tidak hanya masyarakat lokal yang teredukasi, tetapi juga pengunjung termotivasi untuk peduli dan mencintai lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Telaga Biru mengucapkan terima kasih dan mendukung kegiatan ini karena juga sejalan dengan program pembangunan desa. Kepala desa berharap dengan menanam pohon dapat meningkatkan semangat warga Desa Telaga Biru untuk membantu menanam tanaman yang bermanfaat.

“Agar Desa Telaga Biru terasa lebih tenang dan sejuk kedepannya. Tentunya kami akan terus mendukung upaya konservasi dengan kampanye penanaman pohon ini,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button