Keindahan Gua Rangko di Manggarai Barat, terdapat kolam alami - WisataHits
Jawa Barat

Keindahan Gua Rangko di Manggarai Barat, terdapat kolam alami

Bogordaily.net – Pulau Komodo dan Padar menjadi destinasi terpopuler saat berwisata di Labuan Bajo. Jika Anda ingin merasakan tempat wisata lain di Labuan Bajo kali ini, Anda bisa mengunjungi Gua Rangko, sebuah gua dengan kolam alami.

Di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), inilah gua eksotis yang terkenal dengan keindahannya. Tempat itu bernama Gua Rangko.

Gua Rangko merupakan gua dengan berbagai bentuk ornamen stalaktit yang indah. Ditambah dengan daya tarik kolam air asin di dalamnya. Airnya begitu jernih dan terlihat biru.

Penduduk setempat menyebut gua ini dengan julukan Gua Buaya. Meskipun tidak ada buaya yang ditemukan di sini.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan goa yang masih sangat alami. Terutama bentuk batuan stalaktit dan stalagmit yang unik. Bebatuan di dalam goa terlihat cantik berpadu dengan kolam air asin jernih kebiruan.

Air ini berasal dari laut dan masuk melalui rongga atau celah yang menghubungkan cekungan di dalam gua dan laut lepas. Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di goa ini adalah berenang dan berenang. Nikmati suasana tenang di dalam gua.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Gua Rangko, datanglah ke WITA pada pukul 12.00-14.00. Karena saat itulah waktu terbaik untuk menjelajahi gua. Pada siang hari, sinar matahari membantu menerangi gua yang gelap, memungkinkan keindahan air biru bersinar indah.

Lokasi Gua Rangko

Jaraknya sekitar 16 kilometer dari Labuan Bajo. 13 km melalui darat dan 3 km melalui laut. Waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Dari Labuan Bajo, berkendara ke Boleng dengan kendaraan. Dari Boleng kita bisa menyewa perahu menuju goa.

Anda bisa menyewa perahu dari Labuan Bajo. Namun tentunya harga sewa perahu lebih mahal dan perjalanan laut memakan waktu lebih lama.

Sesampainya di dermaga tujuan, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter untuk mencapai goa. Melewati pantai berpasir yang indah dan pepohonan.

Berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai di mulut goa.

jam buka
Diperkirakan gua ini tidak akan buka dan tutup pada jam berapa. Itu berarti Anda benar-benar bisa berada di sini 24 jam.

Meski tidak ada jam buka, pengunjung biasanya datang pada siang hari.

Biaya masuk

Untuk memasuki area gua, pengunjung dikenakan biaya masuk. Harga tiketnya tidak mahal, tapi tetap terjangkau.

Tiket masuk: Rp 20.000/orang.
Sewa perahu kecil: Rp 250.000

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button