Tiket Taman Sari dan area unik - WisataHits
wisatahits

Tiket Taman Sari dan area unik

Harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta: Rp 5.000 – Rp 15.000 Jam Buka: 09:00 – 15:00 Telp. WIB: 08179424442 Alamat: Jl.Taman Sari No.42, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132

Wisata Keraton Yogyakarta belum lengkap rasanya jika belum mampir ke sana Taman Sari Yogyakarta. Istana Air yang juga merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Apalagi bangunan bersejarah ini berdiri di atas lahan bekas taman keraton Kraton Yogyakarta.

Bangunan yang efektif pada tahun 1765-1812 sudah tidak utuh lagi. Namun, sisa-sisa istana air ini menarik wisatawan lokal dan asing. Selain itu, letaknya yang strategis akan memudahkan akses wisatawan untuk datang ke tempat wisata ini.

Baca: HOT SPOT DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Untuk menikmati salah satu warisan budaya yang megah ini, pengunjung hanya perlu membayar tarif yang murah. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5.000 untuk turis lokal dan Rp 15.000 untuk turis asing. Selama waktu tersebut, pengunjung yang berfoto selfie dan membawa kamera akan dikenakan tiket kamera sebesar Rp 3.000.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 5.000
Izin foto izin Rp 3.000
Foto sebelum pernikahan ++ Rp250.000
Sesi foto Pelajar/Mahasiswa++ Rp150.000
Sesi foto ++ Rp250.000
Gambar Produk++ Rp 500.000
Tiket masuk turis internasional Rp 15.000
Izin foto izin Rp 3.000
Foto sebelum pernikahan ++ Rp 500.000
Sesi foto ++ Rp 500.000
Gambar Produk++ Rp 500.000

Baca: Tiket Masuk Candi Prambanan dan 8 Kegiatan Utama

Catatan: Setiap pengambilan video menggunakan kamera profesional, harap konfirmasi terlebih dahulu dengan kantor Taman Sari.

Informasi yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung:

  • Pengunjung yang datang harus dalam keadaan sehat.
  • Membawa atau menunjukkan sertifikat vaksinasi.
  • Pakai masker dan bawa hand sanitizer.
  • Anak-anak di bawah 12 tahun dapat mengunjungi jika orang tua mereka telah divaksinasi.

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Situs bersejarah ini buka setiap hari. Dengan jam buka taman dari pukul 09:00 sampai 15:00.

Jam buka
Senin minggu 09.00 – 15.00 WIB

Aktivitas di Taman Sari Yogyakarta

Berada di kawasan cagar budaya ini, pengunjung dapat menjelajahi reruntuhan dan sisa-sisa bangunan megah. Dulu, Taman Sari terdiri dari 57 bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Termasuk bangunan, kolam renang, danau dan pulau buatan, lorong bawah air, saluran air, jembatan gantung dan bangunan lainnya.

Istana air ini terdiri dari 4 bagian, namun hanya satu yang masih utuh yaitu pemandian binagun umbul. Selama ini sebagian kawasan keraton telah menjadi kawasan pemukiman warga yang pernah menjadi abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Baca: Tiket Masuk JOGJA BAY WATERPARK dan Berbagai Wahana Keren

1. Gerbang Besar Taman Sari

Tempat ini adalah tempat pemberhentian kereta sultan dan keluarganya. Gerbang di pintu masuk gedung ini dihiasi dengan berbagai ornamen berupa bunga dan sayap burung.

2. Pesang Grahan

Sementara itu, kawasan ini pernah digunakan sebagai tempat pertapaan dan pengembangan strategi perang oleh sultan. Sedangkan di dalamnya berfungsi sebagai tempat penyimpanan baju besi, senjata dan ritual penyucian keris. Kemudian, persis di depan wisma tersebut, terdapat sebuah lapangan yang dulunya merupakan tempat berlatih pedang.

Baca: Tiket masuk kastil LOST WORLD dan 5 spot foto keren

3. Umbul Binangun

taman sari bangunan panjiKolam Umbul Binangun. foto: instagram/wisata_tamansari_yogyakarta

Setelah melewati gerbang kedua, pengunjung akan melihat dua kolam air berwarna biru. Kolam ini meliputi 3 Umbul Binangun, yaitu Umbul Kawitan, Umbul Pamuncar dan Umbul Panguras.

Umbul kawitan adalah tempat mandi putri raja sedangkan Umbul pamuncar untuk selir raja. Kedua kolam Umbul berada di tempat yang sama, sedangkan Umbul Pangura terpisah.

4. Hapus dengan baik

Sumur Gemuling Taman Sari Yogyakartasemak belukar di lokasi istana air. foto: wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

Di areal sumur Gumuling, sumurnya tidak seperti pada umumnya. Karena Sumur Gumuling berfungsi sebagai masjid bawah tanah. Masjid ini terdiri dari dua tingkat dengan bentuk melingkar 360° dengan bangunan pusat berongga.

Selama ini bentuk bangunan dibangun dengan penataan akustik yang unik. Sehingga menghasilkan gema di seluruh ruangan ketika imam memimpin shalat. Kemudian, di bagian tengah masjid yang berlubang, terdapat ruangan berbentuk persegi yang dihubungkan dengan 5 anak tangga.

Jalan menuju lubang semak sering menjadi spot foto yang menarik. Memang, bentuk lorong panjang menuju Sumur Gumuling ini cukup unik. Selain berfoto selfie, banyak juga yang menyelenggarakan pemotretan. sebelum pernikahan di sini.

koridor sumur melilitkoridor menuju Taman Sari tumbuh dengan baik. foto: wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

5. Gedung Kenongo

Gedung Kenongo merupakan gedung tertinggi di istana air ini. Ruang ini sangat berguna sebagai ruang makan raja. Tapi sekarang gedung ini sering jadi fun zone matahari terbenam emas dan semua bagian taman.

Dinding dengan ketinggian 2 sampai 4 meter yang mengelilingi seluruh bangunan akan terlihat dari atas bangunan kenongo. Bangunan ini tidak hanya digunakan sebagai tempat makan tetapi juga sebagai tempat untuk memata-matai musuh.

Baca: Tiket Masuk Merapi World Landmarks Park dan 8 Aktivitas Seru

6. Stadion Gedhong Gapura

gerbang gedhong, pemandangan taman sarigerbang gedhong, pemandangan taman sari. foto: wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

Di sini, pengunjung akan menemukan sebuah pintu yang dikelilingi oleh relief ular. Pintu ini sering menjadi spot foto yang bagus Instagramable. Bangunan mirip pintu itu adalah Gedhong Gapura Panggung.

Bangunan berlantai dua ini berfungsi sebagai pintu gerbang utama untuk memasuki kompleks keraton. Gedung ini dulunya merupakan tempat sultan dapat menyaksikan pertunjukan tari dan musik gamelan. Tempat ini merupakan tempat pribadi dimana sultan dan istri-istrinya dapat mendekorasi diri.

Transportasi ke Taman Sari

Letaknya yang strategis membuat taman ini selalu ramai di akhir pekan. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan transportasi umum, seperti taksi, becak untuk konser. Ada juga transportasi khusus untuk wisata Kraton, Taman Sari dan Ngabean. Julukannya adalah Thole, sebuah transportasi yang beroperasi dari pukul 08:00 hingga 22:00 WIB.

Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Situs konstruksi bersejarah ini sangat mudah diakses oleh semua orang. Berikut alamat lengkap dan lokasinya berada di dalam Jalan Taman Sari Pathen Resort, Kraton Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta Indonesia 55133.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button