Ayo! Penyembuhan yang Menguntungkan di Kebun Raya Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Ayo! Penyembuhan yang Menguntungkan di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor. (Dibawah)

Bogor, Lightning.com- Siapa yang tidak mengenal Kebun Raya Bogor? Pasti sebagian sudah mengetahui tempat wisata ini. Kebun Raya Bogor atau sering dikenal dengan KRB merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara. Dia telah menginjak dua abad menjadi tepat 204 tahun.

Kawasan ini juga menjadi saksi sejarah kegiatan konservasi yang dimulai di Nusantara pada masa penjajahan. Secara historis, kebun raya ini awalnya digunakan sebagai objek wisata pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Thomas Stamford di awal tahun 1880-an.

Jenis tumbuhan yang tumbuh di kawasan ini merupakan jenis-jenis ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Koleksi tumbuhan di Kebun Raya Bogor sangat kaya dan beragam mulai dari tanaman merambat, buah-buahan, anggrek, tanaman obat hingga tanaman buah-buahan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, kebun raya ini juga merupakan surga bagi tumbuhan besar atau raksasa lainnya seperti teratai raksasa, bambu raksasa, anggrek raksasa dan pakis raksasa. Selain itu, terdapat genus lain seperti Parkia (Parkia timorina), genus Sonneratiaceae seperti Pedada (Sonneratia caseolaris), famili Myrtaceae seperti Ampupu (Eucaliptus alba) dan famili Lecitidaceae seperti Keben (Barringtonia asiatica).

Kebun Raya Bogor juga merupakan jantung kota Bogor dan sering dijadikan tujuan wisata bagi semua kalangan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kebun raya ini, seperti jogging, bersepeda, piknik, hunting foto atau konser musik.

Baca juga:
BREAKING NEWS: Tol Puncak Bogor dan Jakarta Padat, Polisi Terapkan One Way

Selain itu, kebun raya ini tidak hanya sekedar mengamati koleksi tumbuhan tetapi juga mengunjungi beberapa destinasi di dalam kawasan kebun raya seperti: Makam Istri Prabu Siliwangi, Kebun Meksiko, Bunga Bangkai dan Danau Gunting.

Kebun Raya Bogor terletak tepat di pusat Kota Bogor, tepat di Jalan Ir. H. Juanda #13. Akses juga mudah jika anda datang dari luar kota atau dari wilayah Jakarta. Anda bisa naik angkutan umum seperti KRL ke stasiun kereta Bogor dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum atau berjalan kaki.

Sedangkan bagi yang datang dengan kendaraan pribadi dapat keluar dari Gerbang Tol Jagorawi lalu mengambil jalur kiri menuju Jalan Otto Iskandar Dinata, karena jalan di sekitar Istana Bogor dan kawasan Kebun Raya Bogor dianggap satu arah.

Tiket masuk Kebun Raya Bogor sangat terjangkau dengan biaya hanya Rp 16.500 per orang pada hari biasa atau weekday dan Rp 26.500 per orang pada hari libur atau hari biasa.

Dengan harga tiket parkir kendaraan mulai dari Rp 50.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor dan juga di kebun raya bisa sewa sepeda mulai Rp 25.000 per jam untuk sepeda, Rp 40.000 untuk sepeda listrik, Stukers mulai Rp. 45.000 per jam, Golf cart Rp 250.000-300.000 per jam dan shuttle bus Rp 20.000-25.000 per orang. Pengunjung dapat menjelajahi Kebun Raya Bogor tanpa merasa lelah saat berjalan. (Ulf)

Baca juga:
Sah! Fuad Kasyfurrahman Ketua KNPI Kabupaten Bogor Periode 2022-2025

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button