tiket PANTAI PANDAWA dan 13 atraksi - WisataHits
wisatahits

tiket PANTAI PANDAWA dan 13 atraksi

tiket PANTAI PANDAWA dan 13 atraksi

Harga tiket masuk ke Pantai Pandawa: Rp 4.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 07.00 – 18.00 WITA. Nomor telepon: 0811-3800-0402. Alamat: Jl.Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali, Indonesia, 80361.

Pantai Pandawa merupakan salah satu destinasi unggulan Bali di Kabupaten Badung. Pantai ini dikenal dengan tebing yang menakjubkan, pasir putih dan air hijau.

Obyek wisata pantai ini tergolong baru, resmi sebagai kawasan wisata sejak 27 Desember 2012. Padahal dulunya pantai ini dikenal sebagai pantai rahasia karena letaknya di belakang bukit. Kondisi jalan menuju pantai ini begitu unik dan indah karena diapit oleh tebing kapur.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Wisatawan yang ingin bermain di kawasan wisata pantai ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket relatif terjangkau. Tiket berlaku untuk anak-anak dan dewasa.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa
Tiket masuk nasional dewasa Rp 8.000
Tiket masuk untuk domestik anak Rp4.000
Tiket masuk dewasa internasional Rp 15.000
Tiket masuk untuk anak internasional Rp 10.000
Tiket kendaraan
Tiket Motor Rp 2.000
tiket mobil Rp5.000
Tiket bis Rp 10.000

Baca: Pantai KUBU Jimbaran Pesona Pantai Tersembunyi

Syarat dan ketentuan memasuki Pantai Pandawa selama PPKM:

  • Wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan.
  • Pindai Kode QR dari aplikasi PeduliLindungi.

Bagi wisatawan mancanegara, silahkan baca artikel ini untuk informasi lengkap tentang air terjun ini (biaya masuk asing dan aktivitas utama).

Jam Buka Pantai Pandawa

Pantai ini buka setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi atau sore hari karena tidak terlalu panas.

Jam operasional
Senin minggu mengemas. 07.00 – 18.00 WITA

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa sudah populer sejak tahun 2011, setelah Desa Kutuh menjadi juara II Lomba Desa Tingkat Nasional. Kemasyhurannya membuat pantai ini tidak pernah sepi. Tak kurang dari lima ribu wisatawan lokal dan 500 hingga 600 wisatawan asing per hari. Sedangkan pada musim liburan, jumlah wisatawan di pantai sepanjang tiga kilometer itu bisa mencapai 20.000 orang.

Daya tarik pantai ini terletak pada tebingnya karst dengan Goa Pandawa dan pantai pasir putihnya. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan akan melewati deretan patung Pandawa. Untuk selancar, wisatawan bisa langsung melanjutkan hingga ujung jalan.

Baca: Tiket Masuk Bali Safari Marine Park dan Animal Show

Menuju tempat wisata utama, wisatawan bisa berbelok setengah lingkaran ke kanan. Ada pantai, kano, paralayang, budidaya rumput laut, dan wisata pura spiritual.

Pesona pantai di balik tebing karst

Keindahan Jalan Pantai PandawaKondisi jalan menuju lokasi Pantai Pandawa begitu unik dan asri karena berada di celah tebing kapur. Foto: GoogleMaps/Johan Hadi

Keistimewaan Pantai Pandawa adalah akses jalan yang melintasi bukit kapur. Tebing kapur mengapit kiri kanan jalan aspal menuju lokasi utama pantai yang berada di bawah tebing. Maquis memberi kehidupan pada tebing yang megah.

Setelah melewati tebing kapur, tiba-tiba pemandangan luas terbuka untuk mengungkapkan surganya yang tersembunyi. Wisatawan akan langsung menikmati hamparan lautan dengan perairan yang hijau dan jernih. Dipadukan dengan pasir putih di sepanjang garis pantai, yang membuat keindahannya sangat mempesona.

Sebelum ke pantai, wisatawan bisa menikmati indahnya panorama pantai dari ketinggian. Ada juga tulisan besar di tebing: ‘Foto dulu!‘. Terdapat space yang cukup luas untuk memarkir sepeda motor sebelum wisatawan yang ingin berfoto.

Baca: Tiket Masuk, Wahana dan Atraksi Waterbom Bali

patung pandawa

Patung Bima di Pantai PandawaPatung Bima terletak di atas tebing di sekitar pantai. Foto: Google Maps/Кирилл Генералов

Salah satu atraksi di Pantai Pandawa adalah Patung Pandawa. Di dalam tebing yang terbuka membentuk gua terdapat patung-patung yang diukir oleh pematung asli Bali. Patung-patung tersebut akan langsung menyapa wisatawan setelah melewati dua tebing besar ikonik khas Pantai Pandawa.

Nama pantai ini diambil dari cerita pewayangan Mahabarata kelima putra Putra Pandu. Patung-patung raksasa Pandawa dan Bunda Kunti terpahat di bukit kapur. Patung para ksatria itu berjejer di tebing setiap lima meter.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Garuda Wisnu Kencana

Dari lokasi yang paling tinggi terdapat arca Dewi Kunti yang merupakan ibu dari lima Pandawa. Setelah itu secara berurutan berdiri arca Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan terakhir Sahadewa. Setiap patung juga menghadap pantai.

Pesona pantai pasir putih

pantai pasir putih dengan laut biru kehijauan di Pantai PandawaWarna laut yang kehijauan di Pantai Pandawa Badung berpadu nyaris sempurna dengan pasir pantai yang halus. Foto: Instagram/zeed_blogs

Pesona pasir putih Pantai Pandawa terbentang dari barat ke timur. Airnya jernih dan bersih, dan ombak pecah di kejauhan. Warna lautnya yang kehijauan berpadu nyaris sempurna dengan pasir pantai yang halus.

Penduduk setempat menyebut pantai ini Pantai Kutuh atau Pantai Melasti. Pantai ini disebut juga ‘Secret Beach’ karena diibaratkan surga yang tersembunyi di balik tebing. Harmonisasi berbagai keindahan berpadu di pantai yang tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan ini.

matahari terbit dan matahari terbenam

Pantai Pandawa memiliki pesona sepanjang hari dengan kondisi lingkungan yang masih alami dan terjaga. Wisatawan bisa datang dan menikmati keindahan pantai pada pagi, siang dan sore hari.

Letaknya yang sangat strategis di sisi timur menjadikan pantai ini sangat kondusif untuk dilihat Matahari terbit. Di sini dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di Bali.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati udara segar, kemungkinan datang pada sore hari. Apalagi saat matahari mulai terbenam, nuansa pantai akan memamerkan pemandangannya matahari terbenam-indah sekali.

Beragam Aktivitas di Pantai Pandawa

Selain keindahan pemandangan pantai, berbagai aktivitas juga bisa ditawarkan di sekitar pantai. Berenang, kano, berselancar atau sekedar berjemur adalah beberapa kegiatan yang sering dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

Bersantai dan berjemur

Pantai Pandawa memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Wisatawan akan merasa nyaman bersantai, berenang, dan bermain air di sini. Untuk menemani aktivitas tersebut, pantai ini juga memiliki ruang bilas.

Wisatawan juga bisa berjemur di pinggir pantai sambil merasakan lembutnya pasir. Atau bagi yang tidak ingin basah, bisa duduk santai di tenda-tenda pantai. Sambil menikmati keindahan pemandangan pantai, wisatawan juga bisa berwisata kuliner atau pijat refleksi.

Berenang

Wisatawan berenang di Pantai PandawaBerenang adalah kegiatan utama di Pantai Pandawa.
Foto: Instagram/rizkyorlando._

Berenang adalah kegiatan utama di Pantai Pandawa. Kejernihan air lautnya membuat wisatawan bisa bersantai sambil berenang di pantai ini. Suasana pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai memberikan nilai tambah tersendiri.

Berselancar

Pantai Pandawa adalah surganya para peselancar. ombak memompa adrenalin, membuatnya ideal untuk berselancar. Aktivitas selancar ini lebih disukai terutama oleh wisatawan mancanegara.

bermain kano

turis bermain kano di pantai Ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga wisatawan bisa mencoba bermain kano di pantai ini. Foto: Instagram/iffa.yaoke

Ombak di Pantai Pandawa cukup tenang, sehingga wisatawan bisa mencoba bermain kano di kawasan ini. Penyewaan kano tersedia dengan harga bersahabat. Harga sewa kano umumnya untuk durasi per jam. Kano untuk dua orang juga tersedia.

Paralayang

Paralayang merupakan salah satu wahana yang memacu adrenalin. Olahraga ekstrim ini juga bisa dilakukan di pantai ini. Di sini, wisatawan bisa bermain paralayang di kawasan Bukit Timbis. Ada beberapa penyedia jasa paralayang bersertifikat.

Wisata religi

Pantai Pandawa semakin populer karena menjadi tempat berlangsungnya upacara Melasti. Banyak wisatawan yang tertarik melihat ritual ini di pantai ini. Bahkan upacara ini juga terkenal di dunia internasional.

Karena digunakan sebagai tempat upacara Melasti, pantai ini dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Wisatawan harus mematuhi peraturan yang berlaku dan menjaga kebersihan lingkungan.

daerah suci

Pantai Pandawa sangat kental dengan adatnya. Sedikitnya ada enam titik di kawasan keramat yang jika dilanggar akan dikenakan sanksi adat. Di beberapa tempat wisatawan akan menemukan rambu peringatan dan pantangan yang berlaku di kawasan ini.

  • Area suci pertama, batu Cupid yang dianggap oleh orang-orang sebagai pintu gerbang ke alam abstrak. Niskala adalah alam gaib dalam kepercayaan masyarakat Hindu Bali. Lokasinya di pintu masuk pantai, dekat dengan pura Gunung Payung.
  • Kedua, tempat diadakannya upacara Melasti, simbol penyucian jiwa dan raga dalam kepercayaan Hindu. Upacara Melasti berlangsung setiap bulan purnama tahun ganjil. Saat proses ini berlangsung, banyak wisatawan yang tertarik untuk menonton.
  • Zona Suci KetigaPura Dalem Segara, tempat persembahyangan umat Hindu.
  • Keempatsumur (sukan) yang merupakan sumber utama air minum bagi penduduk desa Kutuh.
  • KelimaSawan Mela di ujung timur.
  • KeenamSawan Sambing di Ujung Barat.

Budidaya alga

Keistimewaan lain dari Pantai Pandawa adalah pemanfaatan kawasan ini sebagai kawasan budidaya rumput laut. Budidaya rumput laut di kawasan pesisir ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

Sejauh ini, ada puluhan pembudidaya rumput laut di daerah ini. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat petani rumput laut sedang panen atau menanam.

Untuk mengakses

Pantai Pandawa terletak di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak 18 km dengan jarak tempuh sekitar satu jam.

Bisa juga melalui Tol Bali-Mandara jurusan Nusa Dua menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran. Jalan menuju pantai yang diapit dua tebing tinggi ini bagus, lebar dan beraspal.

Meredakan

Fasilitas kawasan wisata pantai ini cukup lengkap. Di pinggir pantai terdapat puluhan warung makan tempat wisatawan bisa menyantap kuliner khas Bali.

Di beberapa tempat di sekitar pantai juga terdapat tempat penjualan hasil kerajinan masyarakat setempat. Tempatnya biasanya di gubuk-gubuk dekat pantai di sisi kanan.

Lokasi Pantai Pandawa

Obyek wisata pantai ini terletak di selatan Bali, tepatnya di desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari desa wisata Kuta dan dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan darat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button