Air terjun Batu Putu, air terjun dengan pemandangan alam yang menawan di Lampung - WisataHits
wisatahits

Air terjun Batu Putu, air terjun dengan pemandangan alam yang menawan di Lampung

Air terjun Batu Putu, air terjun dengan pemandangan alam yang menawan di Lampung
Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Bandar Lampung memang lebih populer dengan destinasi baharinya ketimbang pemandian air tawarnya. Namun, bukan berarti kota eksotis ini sama sekali tidak memiliki wisata alam berbasis air. Adalah Air Terjun Batu Putu, dimana keberadaan semburan air tawar dan dikelilingi suasana yang asri.

Di destinasi alam ini, Anda bisa menemukan banyak hal yang tidak mungkin ditemukan jika Anda bertahan dari rekreasi kota. Pemandangannya sangat indah dihiasi dengan berbagai macam pepohonan yang rimbun. Kolam yang terbentuk secara alami, ilalang di sekitar tebing, hingga suara air yang jatuh dari ketinggian tertentu.

Namun uniknya, Bandar Lampung ternyata memiliki air terjun. Artinya, pilihan wisata Anda saat berkunjung ke sini cukup luas dan luas. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rencana untuk liburan akhir pekan atau tanggal merah, Anda harus mempertimbangkan tempat ini sebagai tujuan Anda.

Objek Wisata Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu PutuKredit Gambar: Instagram Naufal Afif

1. Tebing

Tebing berjejer di air tawar yang terbentuk secara alami di Batu Putu. Anda bisa menjadikannya pilihan spot foto daripada melelahkan diri mencari kesana-kemari. Bebatuan ini terdapat hampir di semua sisi air terjun kecuali bagian depan yang merupakan jalur aliran sungai.

Air Terjun Batu Putu memiliki tebing-tebing yang terlihat eksotis meski bagian bawahnya ditumbuhi lumut. Di sela-sela tebing terdapat tanaman gantung yang membuat suasana semakin asri. Entah mengapa perpaduan antara air terjun dan dinding batu karang selalu memukau mata.

Sayangnya, tebing ini tidak bisa didaki karena kondisinya sangat licin, ditambah lagi tidak ada tangga atau alat untuk mendakinya. Jadi, segera batalkan niat jika ingin berdiri di atas air terjun karena itu harapan yang hampir mustahil. Apalagi mempertimbangkan aspek keamanan, Anda harus menontonnya saja.

2. Tangga

Letaknya yang agak landai membuat perlu menaiki undakan demi undakan untuk bisa berenang di kolam air terjun tersebut. Hal yang menarik dari tangga ini adalah ukurannya yang relatif tinggi, sehingga terlihat bagus dari bawah. Anda yang menyukai aktivitas hiking pasti akan merasa tertantang saat berada di sini.

Namun, selalu berhati-hatilah karena kondisinya agak terbengkalai. Usahakan untuk menggunakan alas kaki yang tepat agar Anda bisa mendaki dengan posisi aman. Anda bisa berjalan perlahan sambil melihat pemandangan sekitar. Walaupun terlihat biasa saja, akan sangat berbeda jika Anda melakukannya secara langsung.

3. Kolam alami

Atraksi di Air Terjun Batu PutuKredit Gambar: Google Maps Mantu Idaman

Air Terjun Batu Putu juga menawarkan kolam alami. Kedalamannya bervariasi, namun cukup aman digunakan untuk beraktivitas. Banyak pengunjung yang memilih untuk berenang, berendam atau sekedar bermain air. Kegiatan ini terlihat cukup menyenangkan.

Sayangnya, air kolam tidak begitu jernih, mungkin karena kondisi sekitar yang tampak menyatu dengan rerumputan dan bebatuan. Meski begitu, bukan berarti keruh seperti air yang tidak diolah. Hanya saja, dilihat dari daratan, Anda tidak bisa menemukan dasarnya.

4. Aliran sungai

Air meluncur dari atas tebing, jatuh ke dalam cekungan sehingga menjadi sumber kenikmatan tersendiri bagi pengunjung. Di sisi lain kolam, muncul aliran sungai yang membuatnya semakin estetis. Ada batu sungai dengan ukuran berbeda di antara alirannya. Kadang juga ditularkan oleh ikan kecil atau hewan air tawar lainnya.

Dari situ, kondisi air terlihat lebih bersih dan jernih. Arusnya tidak terlalu deras, jadi masih aman untuk dimainkan anak-anak kecil. Jadi bagi Anda yang datang bersama rombongan keluarga, tidak perlu terlalu khawatir karena memberikan keseruan yang sama.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju Air Terjun Batu PutuKredit gambar: Google Maps gemini indra

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke Air Terjun Batu Putu jika Anda menjadikan Bandar Lampung sebagai landmark Anda. Dari pusat kota setidaknya membutuhkan waktu 30 menit jika Anda mengambil rute yang benar dan tidak berbelok. Oleh karena itu, disarankan untuk datang bersama teman yang sudah pernah ke sana daripada mengandalkan peta online.

Ambil jalur melalui Jalan P Emir M Noer menuju Jalan Raden Imba Kusuma. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena pengelola memberikan arahan yang sangat baik. Pada dasarnya, selalu perhatikan tanda yang menunjukkan identitas destinasi perairan ini. Tak lama kemudian, Anda akan menemukan pesantren Madarijul Ulum.

Tidak jauh dari situ ada gapura yang menandakan lokasi air terjun sudah dekat, kencangkan motor anda. Setelah melewati gerbang air terjun Batu Putu, lanjutkan perjalanan mengikuti jalan setapak hingga sampai di titik tujuan. Sekitar 10 menit dari gerbang ke titik tujuan.

Posisinya ada di Jalan Wan Abdul Rahman, jadi langsung saja kendaraan Anda menuju ke arah Kecamatan Teluk Betung Barat, Desa Batu Putu, Lampung. Nikmati waktu berkendara sambil melihat keadaan Bandar Lampung dari kota hingga pedesaan.

Harga tiket masuk ke air terjun

Harga Tiket Masuk Air Terjun Batu PutuKredit Gambar: Google Maps Mantu Idaman

Biaya air terjun Batu Putu dikenakan tarif standar untuk sekali kunjungan. Dari segi harga, tidak ada yang istimewa dan Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk tiket masuk dan kemudian menambahkan lagi Rp 10.000 jika membawa sepeda motor sendiri atau Rp 20.000 untuk mobil.

Sedangkan untuk jam bukanya dibuka dari pukul 08:00 WIB hingga larut malam yaitu pukul 17:30 WIB. Anda dapat mengunjungi setiap hari dari Senin hingga Minggu karena tidak ada istilah liburan untuk tujuan yang indah ini.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Batu Putu

Aktivitas Seru di Air Terjun Batu PutuKredit gambar: PESTA BOLANG Instagram

1. Mendaki

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Batu Putu letaknya sedikit di atas bukit. Oleh karena itu, jika Anda ingin datang ke sini, Anda harus terlebih dahulu memulai dengan panjat tebing. Hanya saja sebagian orang memilih jalur yang dituju untuk trekking, sehingga kawasan ini cukup sulit.

Disarankan untuk menggunakan sandal gunung saat merencanakan pendakian. Hindari sepatu licin di bagian bawah karena berbahaya. Maka alangkah baiknya jika barang bawaan Anda tidak terlalu besar dan disimpan dalam ransel atau wadah yang tetap memungkinkan pengguna untuk bergerak bebas.

Selain itu, Anda juga harus mengambil waktu istirahat yang cukup saat ingin melakukan perjalanan wisata khusus. Badan lelah dan mata ngantuk kerap jadi sumber masalah bagi para traveller.

2. Piknik

Pengelola Air Terjun Batu Putu menyediakan tempat camping atau piknik tersendiri. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk lebih menikmati keseruan perjalanan. Untuk masalah perbekalan, sangat disarankan untuk menyiapkannya di rumah agar lebih efektif dan rasa yang terjamin.

Namun jika Anda merasa malas atau enggan, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat warung makan milik warga setempat. Meski begitu, menunya umumnya terbatas dan cenderung instan, seperti mie goreng. Jika Anda tidak keberatan dengan tawaran ini, persiapan perlengkapan rumah bisa ditiadakan dari agenda liburan.

3. Mandi

Keberadaan kolam alami ini sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa dieksplorasi sama sekali. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa baju ganti sebelum berangkat dari sini agar Anda bisa menikmati waktu bermain di waktu senggang. Sedangkan untuk kamar mandi untuk membilas juga sudah disiapkan oleh pihak pengelola dan tinggal menikmatinya saja.

Di sisi lain, ada baiknya juga membawa perlengkapan renang atau kacamata renang saja agar bisa melihat keindahan di dasar kolam. Kondisi air yang tidak jernih bisa jadi kurang menarik jika dilihat dari darat, namun keadaannya bisa berbeda saat menyelam dengan goggle kan?

Namun jauh sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda tahu cara berenang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjelajahi kolam. Pasalnya, kedalaman air di sini cukup tinggi, jadi berhati-hatilah.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Batu PutuKredit gambar: Google Maps Ogja Ajitio

Sayangnya, tidak banyak yang bisa diharapkan dari atraksi dengan tarif standar. Anda tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar ketika datang ke Air Terjun Batu Putu, tapi itu saja. Namun, tempat ini cukup layak untuk dijadikan sarana rekreasi tanpa mengeluarkan banyak uang rupiah.

Di bagian depan terdapat tempat parkir yang cukup luas, tersedia untuk mobil atau motor. Saat memasuki area pemandian, Anda akan disambut oleh deretan toilet kemudian mushola yang berfungsi sebagai tempat sholat. Di sisi lain, jika ingin mencari makanan, jajanan atau sekedar minuman, ada juga warung sederhana.

Tidak ada fasilitas tambahan yang membuatnya sedikit berbeda kecuali dari segi estetika. Jadi, ketika berkunjung ke sini, sebaiknya pertahankan ekspektasi Anda dan manfaatkan waktu yang telah berlalu sebaik mungkin. Toh obyek air ini selalu menarik terlepas dari standar fasilitasnya.

Air Terjun Batu Putu memiliki keunikan di antara wisata bahari yang ada di Bandar Lampung. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota menjadikannya pilihan yang tepat untuk liburan keluarga atau pasangan saat waktu luang. Mencari referensi rekreasi? Berdirilah di sini segera!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button