Bagaimana X-Trail Club Indonesia mengurangi jejak karbon untuk ditiru oleh komunitas otomotif lainnya - WisataHits
Jawa Barat

Bagaimana X-Trail Club Indonesia mengurangi jejak karbon untuk ditiru oleh komunitas otomotif lainnya

Penanaman pohon oleh X-Trail Club Indonesia di sekitar Situ Cisoles, kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Sabtu 29 Oktober 2022.

Komunitas otomotif X-Trail Club Indonesia (XCI) menanam pohon untuk membantu melindungi lingkungan dan mengurangi jejak karbon.

Melalui XCI Go Green dengan tema “Merajut Harapan di Tatar Pasundan”, 1.000 pohon ditanam dengan berbagai jenis pohon yaitu Mahoni, Kopi, Kisireum, Kimenyan, Kayu Manis, Pucuk Merah dan jenis hutan campuran lainnya di sekitar Situ Cisoledas, kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung , Sabtu , 29 Oktober 2022.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Pangalengan, Dewan Desa Banjarsari, Dinas Kehutanan Jawa Barat dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten. Bandung, P.T. Perkebunan Nusantara VIII, RAKGANTANG Pemuda Karang Taruna dan Ketua Umum XCI serta 5 perwakilan dari Bab XCI: Pasundan Raya, Tangerang Raya, Jabodetabek, Bogor Raya dan D’Best (Bekasi dan sekitarnya).

Penanaman pohon juga dapat mendukung agenda FOLU Net Sink 2030 pemerintah Indonesia, yang bertujuan untuk mencapai penyerapan gas rumah kaca (GRK) yang sudah menyamai atau melebihi emisi Sektor Kehutanan dan Tata Guna Lahan Lainnya (FOLU).

Ketua XCI SK Mulyo menyatakan bahwa kegiatan XCI Go Green dilakukan secara konsisten dan merata di seluruh Indonesia mulai dari wilayah paling barat (Banda Aceh) hingga wilayah paling timur (Lombok-NTB).

Kegiatan ini akan selalu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait setempat yang peduli terhadap pelestarian dan penghijauan lingkungan.

“Hingga saat ini, XCI memiliki lebih dari 1.500 anggota yang tersebar di 17 chapter di seluruh Indonesia. Ini merupakan potensi yang luar biasa untuk dipupuk bagi gerakan penanaman pohon.

Bayangkan XCI sebagai organisasi sosial yang membuat jejak karbon dengan mengarahkan kembali kegiatan intinya untuk gerakan menanam pohon di setiap kegiatan, baik di tingkat lokal maupun nasional,” tambah SK Mulyo.

Sementara itu, Chief Executive XCI Go Green Abah Yudi mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam melakukan kegiatan penanaman pohon agar hasil masyarakat dan daerah dapat maksimal.

Saat ini TourGab XCI Go Green didukung oleh sponsor PT. Ora Brewery Indonesia, PT. Sadamaya Graha Teknologi, PT. Jamkrida JABAR, PT. Koswara Trans Wisata, PT. JOF Metal, Warung Kopi Pangalengan, Mind People Group, Radio Rase 102,3 FM, Air Mineral SIERRA, Kuya 88 dan Seblak ENDORS.

“Kami juga mempertimbangkan untuk menjalankan program XCI 1 anggota di lahan seluas 1 hektar untuk adopsi dan perawatan pohon. Memang belum diputuskan oleh pengurus pusat, tapi ada wacana untuk menjajaki program ini,” jelas Abah Yudi.

Camat Pangalengan Hidayat Ramdhan menyambut baik program gerakan menanam pohon.

“Gerakan penanaman pohon ini merupakan bukti kepedulian yang sangat baik terhadap lingkungan. Selain itu, sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca.

Kehadiran perwakilan dari 5 cabang yang hadir dalam acara bersama XCI Go Green Tour ini menunjukkan komitmen anggota XCI di daerah untuk mendukung pemerintah melalui gerakan penanaman pohon,” ujar Hidayat. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button